Rabu, 08 Oktober 2008

Rahasia Kesehatan Nenek

Pulang Kampunggg..... Mimpi kali, wong kampung saya di metropolitan Jakarta ini. Hahaha. Btw, saya ingin menceritakan sebuah kisah seorang nenek dengan cucunya (anggap Arjuna namanya dan maaf bila ada kesamaan nama) yang pulang ke kampung setelah lama hidup di kota.

Di desa "Ratu Asih", terdapat rumah yang ditinggali oleh seorang nenek yang telah berusia ± 80 tahun. Sebagai orang kota yang datang ke desa, terasa kedamaian dunia telah tiba dan "kapuk island" alias ranjang telah menunggu kedatangan pangerannya. Setelah sampai, Arjuna disambut oleh seorang nenek yang baik, ramah, dan sehat (pendengarannnya, penglihatannya, dan berjalan tampak seperti belum 40 tahun). Diantarnya ke kamar, tak tahan, Arjuna lansung terjun ke "kapuk island" dan tidur sepanjang hari.

Keesokan hari, jam 5 pagi, Arjuna dibangunkan dari tidur yang nyenyak. Arjuna bertanya pada nenek, ada gerangan apa membangunkan saya sepagi ini? Di jakarta, ketika libur, saya baru bangun jam 10. Nenek lansung berkata, pantas dirimu lemas dan loyo melulu. Hidup itu harus mengikuti alam, kapan waktunya tidur, bangun, kerja, dan olahraga. Sekarang bangun dan mulai beraktivitas. Cepat bersihkan diri dan beraktivitaslah ke sawah.

Haaaaa..... ke sawah? Ada apaan di sana? Ada juga nanti badan kotor dan gatal-gatal. Ogah, mending nonton televisi. Belum 1 menit berselang Arjuna berkata, nenek kembali menyahut. Dasar gemblung, pantes isi kepalamu cuman gosip dan sinetron rongsokan saja. Berpikirlah positif Arjuna! karena di luar sana penuh akan keajaiban, dan tumbuhkan hasrat untuk belajar! Dunia tidak membutuhkan manusia yang cuma tahu gosip dan sinetron saja. Kamu ini kok, seperti pasrah saja sama keadaan, tempatkanlah dirimu selalu aktif agar dapat menaklukkan alam, dunia pengetahuan dan dirimu sendiri, pastinya.

Malu, Arjuna malu, akhirnya pergi dan memang disana (sawah), ia banyak belajar dan banyak hal yang tak didapat di kota. Rasa ingin kembali karena indahnya kenangan dan banyak hal yang masih membuat diri penasaran.

Matahari telah diatas, perut lapar, Arjuna kembali ke rumah dan membeli air botol 1.5 liter. Baru sampai di depan rumah harumnya makanan telah tercium. Masuk ke dalam rumah, Arjuna melihat banyak makanan. Arjuna berkata, wahhhhh......... tiap hari kaya gini mahhh, saya bisa endut (gemuk). Hehehe. Nenek menjawab, ahhhh kamu ini, kamu itu harus makan makanan yang bergizi, dan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, serat makanan, dan lipida. Tunggu dulu lipida itu apa nek, tanya Arjuna. Aduh kamu ini sekolah hingga s1 tapi kalah sama yang hanya sekolah rakyat saja, kamu malas baca buku yah? Lipida adalah minyak yang bagus untuk kesehatan tubuhmu.

Bertanya-tanya Arjuna, tidak takut kolesterol nek? Hahaha, nenek tertawa. Kamu ini, kenapa takut sama kolesterol? Apa karena takut metabolisme energi tidak seimbang, sehingga harus menghitung kalori makanan ini? Hidup kok dibikin susah. Sudah, percaya sama nenek, buktinya nenek tidak kolesterol khan. Arjuna makin bingung, bagaimana bisa?

Nenek melanjutkan. Arjuna kamu tahu, apa yang menyebabkan orang kota banyak terkena penyakit jantung, kanker, kolesterol, dan stroke? Itu semua karena cara masak kalian yang salah. Masak nasi hendaknya di panci waja, dan masakan di kuali waja, dengan tujuan makanan yang diperoleh akan menimbulkan aroma yang lezat dan sehat. Hal ini dikarenakan suhu yang sangat tinggi dan waktu yang pendek digunakan dalam proses memasak, sehingga semua gizi yang terkandung dalam makanan itu tidak rusak, tidak hilang dan aromanya masih tercium.

Satu hal lagi, air yang kamu minum di rumah ini lebih sehat daripada air yang kamu beli. Air ini adalah air yang nenek ambil dari gunung, kemudian disaring menggunakan arang, ijuk dan batu-batuan. Mungkin kamu merasa jijik, tapi inilah fakta bahwa air yang nenek berikan memiliki rasa lebih manis dan segar. Tak percaya air ini lebih sehat, ambil air yang kamu beli, taruh ikan koki didalamnya, maka ikan tersebut akan cepat mati. Nah ikan saja mati, apa jika kamu minum air itu Arjuna akan jadi sehat?

Oyah, nenek minum air itu 1 gelas (200cc) per-jam dan tiap makan 2 gelas. Karena kalo nenek ikutin cara minum kalian, ketika kerja nenek bisa bolak-balik ke mck (mandi cuci kakus). Nenek tertawa.

Sudah mengerti apa rahasia kesehatan nenek? Jika belum saya berikan kesimpulannya. Hidup sehat ikutilah irama alam yang memiliki 3 kunci yaitu pola hidup (ruang dan waktu yang teratur pada saat tidur, kerja, olahraga, dll), pola pikir (pandangan positif, mau belajar, selalu aktif) dan pola makan (makan, masak dan minum yang segar dan sesuai).

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



5 comments:

infogue mengatakan...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/rahasia_kesehatan_nenek

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Vinny mengatakan...

iya sih, gw jadi malu.
soalnya kalo liburan, tubuh jadi melar, dan tidur ampe siang2.
Jadi, tunggu apalagi ayo ikutan kebiasaan nenek !
Tapi sebagai pelajar, sometimes kita gak bisa ikutin semua yg dilakukan nenek.
Sebagian besar waktu dalam sehari, gw habiskan buat duduk di depan komputer, kalo gak duduk sepanjang kuliah !
Tapi, at least gw bisa ikutin pola makan dan minum deh !
Buat ko zener, two thumbs up karena bisa kepikiran artikel kyk ginian !
Semangat !

Fanny Wibowo mengatakan...

The story is so fascinating; especially about grandma used the steel fry for cooking. What’s the deal with it?? Do you have any idea the advantages and disadvantages of the usage of iron, aluminum, zinc, and copper?

' Li ' mengatakan...

hue ya mirip hihihi....

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu