Jumat, 02 Mei 2008

Tidur Nyenyak, Mau?

Setengah dari kehidupan sehari-hari manusia ada di rumah, 80% kehidupan di rumah ada di dalam kamar dan 80% kehidupan di kamar ada di tempat tidur. Tapi, kenapa tidur menjadi sesuatu yang bermasalah. Jadi, siapa sih yang tidak mau tidur nyenyak?

Jikalau melihat orang tidur rasa iri dan bertanya-tanyapun muncul dalam benak, bagaimana ia bisa tidur dengan cepat? Mungkin, ia adalah tukang tidur atau sedang kelelahan. Upsssss.... daripada menghakimi seseorang lebih baik kita mengetahui bagaimana proses tidur itu terjadi dan tips-tips agar dapat tidur nyenyak.

Setiap kali ingin tidur tentu ada tahap persiapannya dimana ditandai dengan rasa kantuk, menguap dan kemudian naik ke ranjang. Tapi setelah naik seringkali tidak bisa tidur. Hiks-hiks. Ok, ternyata untuk mecapai tidur itu ada beberapa tahap yaitu dimulainya dengan mengendurnya otot-otot, hilangnya fungsi indra pendengar, memudarnya indra pendengaran dan diakhiri dengan hilangnya rasa dari indra perasa. Mengendurnya otot-otot dimuali dari otot kaki yang kemudian menjalar ke atas yaitu oto batang tubuh, lengan, leher, dagu dan wajah.

Nah, setelah tahu proses untuk mencapai tidur, sudah tahu-kan apa yang hendak dilakukan. Hal pertama tentu relaksasi otot dimana pada umumnya orang melakukan dengan mandi air panas pada saat sebelum tidur, atau olahraga biar badan letih semua. Sebetulnya mandi air panas itu menyebabkan pembuluh darah sedikit mengembang dimana ini juga terjadi pada saat kita tidur atau siraman air dingin di kaki untuk menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Hmmm.... apa karena ini yah????? Lanjut untuk cepat tidur langkah persiapan lainnya yaitu kamar yang gelap, hening, dan tempat tidur yang rata, nyaman dan tidak berantakan. Oyah sebelum lupa suhu dalam ruangan juga perlu diperhatikan. Jadi ingat ketika bayi dinyanyikan lagu nina bobo, alias kehangatan yang diberikan oleh orang tua. Hihihihihi.

Akhir kata semoga anda mendapatkan tidur yang nyenyak. Selamat boboooooo....... Enjoy, peace and love.

Referensi foto: http://www.istockphoto.com/file_thumbview_approve/239100/2/istockphoto_239100_good_night.jpg

Related Posts by Categories



6 comments:

Anonim mengatakan...

mau tidur aj persiapannya banyak amat..... asal uda cape,tidur lah !!

zener_lie mengatakan...

ini khan untuk yang susah tidur. dan itu persiapan sebetulnya bukan persiapan. hanya membantu. hihihihi

Miss_Ngoceh mengatakan...

wah wah.. untung gw gampang2 aja tidur =)Tinggal merem langsung woozshhh... hihihi.. Tp bener tuh kl mandi malem2 trus langsung tdr lebih enak lagi :D

Salam kenal jg ^^

yudhistira31 mengatakan...

Hehe...ada lagi yang bisa membuat cepat tidur...nemenin anak tidur, biasanya langsung ketiduran juga kok...

Vinny mengatakan...

Tidur itu memang sudah jadi kebutuhan utama dari setiap manusia. Terkadang muncul pertanyaan di benak saya "Mengapa orang harus tidur sampai 8 jam sehari???" Bayangkan saja kita harus menghabiskan 1/3 hidup kita untuk berada di atas ranjang dan bermimpi. Saya rasa dunia akan lebih maju lagi jika manusia hanya butuh tidur 2-3 jam sehari. Mungkin hidup kita akan lebih berwarna dan kita hanya menghabiskan 1/8 hidup kita di atas ranjang. Tapi, mau gimana lagi yah? Saya cuma berharap manusia bisa berevolusi dan mengubah kebiasaan tidur 8 jam sehari. ^^v

Andre mengatakan...

coly aja nanti juga ngantuk..hahahaha

Artikel Favorit dalam 1 minggu