Selasa, 25 November 2008

Pelajaran dari Kisah 3 Kerajaan

Ini adalah sebuah sastra klasik China yang ditulis oleh Luo Guan Zhong (1330-1400), dan pemimpin China yang tersohor Mao Zhe Dong membacanya lebih dari 70 tahun. Sastra klasik yang dikenal dengan Romance of Three Kingdom ini, ditulis dalam 120 bab yang menceritakan sejarah era tiga negara pada tahun 220-280.

Dalam hati bertanya, ada apa dengan sastra klasik ini sehingga dapat terkenal dan mendunia?

Sastra ini menceritakan, pada akhir kerajaan Han Timur "Dong Han" ( 25 SM- 220M) terjadi pemberontakan rakyat yang dipimpin oleh Zhang Jiao dan dikenal dengan pemberontakan Huang Jin (Slayer Kuning). Dengan kejadian ini kekuasaan kerajaan telah hilang 3/4 wilayahnya yang menyebabkan terbentuknya kekuatan penguasa militer yang bertugas untuk memberantas pemberontakan tersebut. Kejadian tersebut mengakibatkan sentralisasi kekuatan dan dilanjutkan dengan masa peralihan atau era tiga negara.


Kisah yang kompleks dan paradoks, bila dicerna baik-baik akan terbuka jalan pemikiran mengenai metode tri tunggal paradoks yang memiliki fungsi untuk menganalisa masalah sosial baik secara makro maupun mikro.

Tri tunggal paradoks dalam Romance of Three Kingdom ini:

  1. Rezim negara Wei Utara: penguasa militer yang berdarah bangsawan, Cao Cao (155-220), melakukan kudeta terhadap istana. Penasehat yang terkenal adalah Si Ma Yi dan anaknya adalah Cao Pi (Putra Mahkota).
  2. Rezim negara Wu Timur: penguasa militer daerah, Sun Quan (182-252), melakukan pemberontakan. Orang yang juga berperan dalam rezim ini adalah ayahnya Sun Jian, kakaknya Sun Ce dan penasehat Zhou Yu.
  3. Rezim negara Shu Barat: rezim yang diprakasai oleh Liu Bei (161-223) yang memiliki saudara angkat Guan Yu, Zhang Fei. Pengangkatan saudara ini dilakukan di kebun bunga persik dan mereka adalah pasukan penguasa militer yang disersi dan melakukan pemberontakan rakyat, selain itu juga mengklaim bahwa mereka adalah turunan kerajaan. Penasehat yang termashyur sepanjang masa adalah Zhu Ge Liang (Kong Ming), sedangkan anak dari Liu Bei yang merupakan putra mahkota Liu Chan Yang dikatakan super dungu.
Dalam tri tunggal paradoks ini, pada akhirnya disatukan oleh si pemenang yaitu Si Ma Yan (236-290) yang merupakan cucu dari Si Ma Yi dan anak dari Si Ma Zhao dengan melakukan kudeta dan mendirikan Jin (250-316) Barat .

Walaupun kisah yang diceritakan sangat menarik ada yang tak kalah menarik yaitu sebuah jawaban yang tertera di tembang puisi pembukaan dan awal kalimat bab 1 yang saya coba terjemahkan secara bebas.

Gelombang sungai Chang Jiang yang bergelora mengalir jauh ke timur.
Percikan Ombak mendulang habis para pahlawan.
Benar atau salah, sukses atau gagal semua kembali ke alam hampa.
Gunung Hijau masih tegar disana.
Matahari senja terbenam berulang dengan irama yang sama.
Ada sepetak tanah di tepi sungai.
Pemancing dan penebang pohon telah beruban.
Melihat bulan pada musim gugur
Mendengar angin sepoi di musim semi
Hal yang rutin dijalankan.
Sepoci arak keruh, bersuka cita saat bertemu.
Peristiwa dari zaman dahulu hingga sekarang
Disajikan dalam wacana ringan dan tawa.

Menceritakan dan menganalisa seluruh kekuasaan di dunia, yang terberai lama akan menjadi satu dan kesatuan yang lama akan terberai.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://www.shaolinkuntou.nl/images/guanyu_6.jpg

Related Posts by Categories



5 comments:

imran rusli mengatakan...

begitulah dunia, dinamis dan selalu berputar, kembali lagi ke titik awal, namun manusia tak pernah mau belajar karena banyak yang merasa pintar dan maunya mengajar (i)manusia lain

adang mengatakan...

Saya juga tahu tapi dari komik mas yaitu komik legenda naga terbitan elexmedia komputindo yg berceriata ttg cerita 3 negara juga

Ziner mengatakan...

Iya begitulah sifat manusia yang signifikan. Selalu sok tahu dan ingin mengajar, tapi bila diajar merasa sok pintar.

Moviecamera21 mengatakan...

Buruan nonton diweb saya film2 terbaru
Subtitel indonesia, nonton gratis streaming bioskop online

Rental Mobil Surabaya mengatakan...

The best thing which I like most in your articles is that your articles are so easy to understand because it was written in so easy language and it really helps newbie bloggers like me.

Artikel Favorit dalam 1 minggu