Jumat, 23 Mei 2008

Batik Indonesia

Batik adalah hasil kerajian yang memiliki nilai seni yang tinggi, dimana kerajinan ini telah ada sejak masa kerajaan Majapahit dan penyebaran agama Islam. Jadi meskipun tidak diketahui asal usulnya, tapi dapat dikatakan batik telah menjadi bagian dari Indonesia.

Batik yang berasal dari bahasa Jawa yaitu amba (menulis) dan titik, memiliki pembuatan yang unik. Bahan dasar yang berupa kain putih seperti kain mori, sutera, poliester dan bahan sintesis lainnya dibuat corak (motif) dengan menggunakan lilin. Alat yang digunakan untuk membuat motif yaitu dengan canting atau kuas dimana memiliki tujuan agar cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kemudian kain yang telah berlapis lilin dicelupkan dengan warna yang diinginkan, dimana warna biasanya campuran dari tumbuh-tumbuhan seperti pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, garam dari tanah lumpur.

Batik yang dahulu merupakan pakaian keraton, sekarang telah menjadi pakaian resmi dan mudah didapatkan. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya batik dimana dahulu hanya terdapat batik tulis yang pembuatannya menggunakan tangan dan memakan waktu 2-3 bulan yang menyebabkan harga menjadi mahal, sekarang harga menjadi murah karena pengerjaannya hanya memakan 2-3 hari yaitu batik cap.

Hal terakhir perlu diketahui adalah pernyebaran batik di Indonesia dimana diawali ketika terjadinya perang Dipenegoro yang mendesak keluarga keraton meninggalkan kerajaannya ke arah timur dan barat. Ke timur ada batik Solo dan Yogyakarta, Tulungagung dan terus hingga Gresik, Surabaya dan Madura. Ke Barat berkembang di Banyumas, Kebumen, Tegal, Cirebon dan Pekalongan. Dari sekian banyaknya daerah, kota Batik akhirnya diberikan kepada kota Pekalongan, karena batik Pekalongan berkembang paling pesat yang disebabkan berada di pesisir pantai dan batik telah menjadi produk unggulan di daerah ini.

Sekian dulu cerita batik dariku. Mari bersama gunakan produk dalam negeri. Enjoy, peace and love.

Referensi foto:
http://homepage3.nifty.com/putri-A/02hanashi/seikatsuki/images/034batik_image.jpg


Related Posts by Categories



7 comments:

MeL mengatakan...

batik skrg in lagi !! dgn model yg lbh beragam =))
Way to go !!!

happy3kids mengatakan...

jadi ngerti kalo istilah "batik" sendiri dari bahasa Jawa. Soalnya saya lagi bingung nih tugas sekolah anak saya (di Malaysia) suruh cari perbedaan batik Indonesia, batik Malaysia dan batik India. Sedangkan setahu saya batik itu dari Indonesia. Apa ada batik India???

zener_lie mengatakan...

waduhhh.....

kalo untuk perbedaan saya juga kurang mengerti. mungkin dari coraknya kali yah.

kalo batik dari india???? hmmm... saya juga kurang tahu mesti cari bahan lagi. heheheh.

salam sahabat

Anonim mengatakan...

ada yg berpendapat aneka ragam corak batik itu aslinya melambangkan aturan alam semesta.......... dan isinya, dan isinya isi.

rental ac jakarta mengatakan...

nice arcticel.. Perkembangan zaman, menyebabkan semaikn banyak variasi batik di tiap daerah

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Surabaya Rental Mobil mengatakan...

Nice article, thanks for the information. It's very complete information. I will bookmark for next reference.

Artikel Favorit dalam 1 minggu