Minggu, 30 November 2008

Dasar Buaya Darat ?

Ini adalah salah satu contoh yang dipergunakan untuk mengidentikan seseorang dengan sesuatu tingkah laku yang buruk. Iseng-iseng saya mencoba mencari kata-kata lain di sekitar binatang Lizards (jenis kadal) dan Crocodilans (jenis buaya); dan saya menemukan hal-hal baru dan unik meskipun, tapi juga ada makna sindiran dibelakang itu.

Secara umum Lizards dibagi atas 17 famili dengan ± 4000 jenis dan Crocodilans dibagi atas 3 famili dengan ± 23 jenis. Jenis-jenis yang sering ditemui di Indonesia bagian barat yaitu famili Gekkonidae (cecak), Scincidae (kadal), Agamidae (bunglon), Varanidae (biawak) dan Crocodylidac (buaya).

Jenis cecak tembok (Hemidactylus frenatus) untuk sindiran saya belum kepikiran, tapi ada sesuatu yang tidak kupercaya. Konon, cecak ini dipelihara dan diberikan makanan khusus (memiliki unsur sulfur) sehingga warnanya menjadi merah. Kemudian dengan proses yang tak diketahui, cecak tersebut dijadikan bubuk yang mana digunakan untuk menguji kesucian wanita.

Jenis cecak tokek (Gekko gecko) menurutku ini dipergunakan untuk orang yang suka berjudi dan hal-hal yang bersifat spekulasi (untuk memprediksi dengan ya tidak atau mengitung jumlah suara).

Jenis kadal hijau (Dasia smaragdima) dan jenis kadal kebun (Emoia cynogaster) yang umum ditemui. Kadal diidentikan dengan menipu. Nah, anda seringnya menjadi orang yang dikadalin atau tukang kadalin orang? Hehe, canda.

Jenis Bunglon yang umum adalah bunglon kebun (Calotes versicolor) dan bunglon terbang (Draco volans). Nama bunglon untuk manusia diartikan sebagai seseorang yang tidak tetap pendiriannya (memihak ke sana sini asal menguntungkan dirinya). Kalo saya menyebutnya orang munafik karena suka menjilat.

Jenis biawak (Varanus dumenilii) sama halnya dengan cecak, belum menemukan sindirannya. Saya hanya mendapatkan peribahasanya yaitu "mendukung biawak hidup" yang artinya melakukan sesuatu atau mempunyai sesuatu ( con istri, anak) yang menyusahkan. Peribahasa lainnya "merendah terbang biawak" yang artinya sindiran untuk perempuan yang merendahkan dirinya untuk menarik perhatian pria yang diinginkannya; dan "bercabang bagai lidah biawak" yang memiliki makna suka mengadu domba sesama dengan perkataan". Btw, dari peribahasa-peribahasa tersebut kok sepertinya mengarah untuk wanita yah?

Jenis komodo (Veranus komodoensis) adalah salah satu jenis binatang kebanggaan Indonesia. Sebagai bukti pulau Komodo yang menjadi tempat tinggal binatang ini dikatakan telah menjadi warisan dunia.


Jenis Buaya (Crocodylus porosus) (Tomistoma schlegeli) seperti judul diatas buaya darat yang berarti suka mempermainkan wanita. Masih ada lagi buaya pasar yang berarti tukang copet atau preman.

Ada hal yang menarik disini. Kadal, bunglon dan buaya bila diadu siapa yang menang yah?

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo:
http://cybertravel.cbn.net.id/UserFiles/Image/cybertravel/Time%20Traveller/Jan08/komodo.JPG

Related Posts by Categories



13 comments:

imran rusli mengatakan...

yang menang yang ngadu he he, kalo buaya darat nama latinnya apa ya?, crocodilo dundeela? ada nggak cerita rakyat cina tentang buaya?

Anonim mengatakan...

waduh binatang melatah,

mungkin buaya yg menang kali y, buaya darat kan sering tuh menang cinta. tp yg berlidah 2 gak cuma kaum hawa kok, contohnya buaya darat sering menang cinta karena lidah 2 nya.

Nakavana Maniezzthaa... mengatakan...

hm... buaya... terlintas dibenak saya saat ini adalah ingin memakan dagingnya.. rasanya seperti apa ya?! denger punya denger daging biawak berkhasiat untuk kesehatan kaum adam. nah, ada yang mau memberikan info tentang daging buaya? daging buaya berkhasiat untuk apa? biasanya beli dimana? harga dagingnya berkisar seberapa mahal? kalau mau beli beli dimana?

thanks yach... ^o^

Anonim mengatakan...

hm.........buaya kalie yeeeeeee

dewak mengatakan...

waw...
makasih ya...
artikelnya seru2..

indiana jones mengatakan...

pantesan aja masuk kategori blog terbaik,
contentnya bagus bagus
tampilannya bagus
http://hidup-bijak.blogspot.com/

obat herbal kanker kelenjar getah bening mengatakan...

artikel yg ckup mnarik jga gan...

obat tradisional asam urat mengatakan...

thanks udh share nih gan,,,

Lowongan Kerja mengatakan...

contents of the article is very interesting and very useful for readers

Entertainment News mengatakan...

contents of the article is very interesting ...

jelly gamat mengatakan...

lelaki buaya darat biasa nya cwe mengatakan itu .hhe
artikel bagus gan :D

Seo dadakan mengatakan...

thanks infonya
keren
Agen Bola, Agen Bola Online, situs taruhan bola, Agen judi bola, Bandar Bola, Bandar Taruhan Bola

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu