Senin, 15 Desember 2008

Panjat Pohon Pinang

Kesibukan untuk melanjutkan studi, membuat saya sering bolak balik ke UI Depok dan ITB Bandung. Di suatu ketika saya pergi ke ITB saya melihat sebuah acara di salah satu sisi gedung Sabuga yaitu panjat pohon pinang. Hal ini membuat saya tertarik, maklum orang kota yang jarang keluar rumah. Hihihihi.

Pertama kali saya melihat ada sebuah kelompok yang berjumlah 5 orang mencoba memanjat pohon pinang tersebut yang mana setelah tiga kali berusaha tetap saja gagal. Dalam benak berkata,"ya iyalah susah wong pakai minyak pelumas belum lagi beban manusia yang harus ditanggung dan masih dibutuhkan kerja sama yang kompak pula". Akan tetapi setelah itu ada tiga kelompok (kelompok 2, 3 dan 4) yang mana pada percobaan pertama atau kedua, mereka berhasil mencapai puncak dari pohon pinang tersebut.

Saya mencoba menganalisa, apa yang membuat mereka berhasil:

Orang pertama biasanya orang yang berbadan besar. Mungkin dikarenakan orang tersebut akan menerima beban yang paling besar karena akan ada sejumlah orang berdiri diatasnya. Tapi menurut saya, hal tersebut dikarenakan orang yang berbadan besar tersebut memiliki kaki yang kuat sebagai fondasi (bagai sebuah bangunan yang mana fondasi merupakan bagian paling penting). Hal ini dikarenakan sangat sulit mengangkat beban yang tiga kali lebih berat apalagi ketika berjalan.

Mereka bilang kerja sama. Ada benarnya karena tanpa koordinasi yang baik akan sulit dan bisa menjadi beban bagi yang lain. Contoh yang paling nyata dalam kasus panjat pohon pinang adalah membuat bentuk seperti tangga sehingga mempermudah orang untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Apakah hanya itu? Menurut saya yang terpenting bukanlah dua hal diatas melainkan rasa percaya terhadap teman dan keyakinan. Bayangkan jika anda tidak percaya dengan temanmu maka yang terjadi anda tidak dapat berdiri dengan baik di atas pundak temanmu yang mana berakibat beban yang diterima untuk teman yang ada dibawahnya akan semakin berat. Inilah menjadi jawaban pula kenapa dibuat tangga yaitu untuk mengurangi ketidakseimbangan yang disebabkan oleh adanya gerakan. Keyakinan adalah suatu yang ada dipikiran manusia yang akan memberikan kekuatan besar bila percaya bahwa dirinya bisa untuk melakukannya.

Untuk pohon pinang yang diberikan minyak pelumas berfungsi bukan sebagai tempat untuk memanjat melainkan membantu memperkokoh fondasi. Maksudnya pohon pinang yang diolesi minyak pelumas akan membuatnya licin sehingga akan membuat orang mudah untuk jatuh. Memperkokoh fondasi maksudnya adalah fondasi manusia (2 kaki) ditambah dengan menjepitkan pinang ke tubuh maka menjadikan fondasi dengan tiga kaki.

Mungkin analisa diatas salah tapi yang terpintas dalam benak apakah hal diatas adalah kunci dari sebuah keberhasilan. Segala sesuatu yang hendak dikerjakan harus memiliki dasar yang kuat, kerja sama untuk mempermudah mencapai tujuan bukan untuk keuntungan sepihak, rasa percaya ditambah dengan keyakinan, dan modal (sesuatu hal) digunakan bukan sebagai batu loncatan atau "alat untuk mempermudah" melainkan untuk memperkokoh landasan.

Jadi ingin melihat sahabatku ketika panjat pohon pinang seperti apa? Apakah sekompak kelompok yang berhasil memanjatnya atau bahkan mereka takut sebelum maju untuk mencoba? Hehehe

"Bersemangat dan jangan takut untuk mencoba, karena di sana ada rahasia tips dan triks kesuksesan"

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



9 comments:

Laisya mengatakan...

kamu dah pernah ikutan panjat pinang blm? :D

Johanas mengatakan...

Panjat PInang Susah Bener Om .
Sekarang aja baru tau caranya ,hehehehe

Vinny mengatakan...

Iya sih, gw paling inget melihat panjat pinang pas kecil dibawa bokap pas 17 agustusan.
emang susah sih panjat pinang, sepanjang gw tonton waktu itu, belum ada satupun orang yang bisa ambil hadiah di atas.
Yang gw lihat cuma jatuh dan jatuh mulu. Sebel deh jadinya +_+.
Tapi gw bangga dengan panjat pohon pinang yang bener2 mencerminkan Indonesia banget.

Ronald mengatakan...

licin tauuuuu

suryowidiyanto mengatakan...

kalo panjat pinang paling rame dikalimalang, hehehe...ga tau kalimalang ya? tu pasti diadain tiap taun( pas 17-an) dan emang rame bener sepanjang kali

Agen xamthone plus bontang mengatakan...

panjat pinang sudh jdi budaya indonesia..

Agen xamthone plus bontang mengatakan...

panjat pinang licin bgt bang!

Obat Herbal Untuk Mengobati TBC Kelenjar Terbaik mengatakan...

Good job gan,. mantap banget artikelnya
update terus ya, terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu