Minggu, 14 Desember 2008

Sahabat Wortel dan Seledri

Apa coba miripnya antara wortel dan seledri? Jika mereka digunakan sebagai sayur di meja makan, saya masih percaya. Tapi sebagai sahabat di dunianya? Hmm..... dimana hubungannya? Terus siapa pula sahabat-sahabatnya?

Wortel (Daucus carota L) dan seledri (Apium graveolens L) adalah tumbuhan famili umbelliferaceae (Apiaceae) yang disebut juga dengan suku pegagan-pegaganan yang mana memiliki ± 92 marga (genus). Mungkin itu hal biasa, lalu bagaimana jika macam jenisnya adalah bagian dari tumbuhan berkhasiat obat. Beberapa sahabat yang ada di ruang dapur akan saya coba jelaskan yang mana saya bagi dalam tiga kelompok yaitu pegagan, adas dan jinten.

1. Kelompok pegagan yang serupa bentuk daunnya.

  • Pegagan atau daun kaki kuda (Centella asiatica L) memiliki rasa pahit, pedas dan sifat sejuk. Khasiatnya sebagai anti toksik, anti inflamasi, analgesik, diuretik, antipiretik, stomakik, penghenti pendarahan.
  • Antanan atau pegagan hutan (Hydrocotyle sibthorpioides L) juga disebut daun tekkim memiliki rasa tawar, agak pedas, sifat sejuk. Khasiatnya sebagai anti toksik, anti inflamasi, analgesik, diuretik, ekspektoran, perbaik penglihatan.
  • Daun ketumbar atau daun yan sui (Coriandrum sativum L) rasa pedas degan sifat hangat. Khasiatnya sebagai anti toksik, analgesik, stomakik, antipiretik, campa, cacar air, diaforetik. Biji Ketumbar (Coriander) memiliki rasa pedas, asem dan sifat netral. Khasiatnya adalah anti toksik, analgesik,karminatif, stomakik, mual, kembung, muntah, anti diare.

Catatan: daun antanan sebagai bahan asinan betawi (asinan tekkim), daun ketumbar sebagai bahan aroma khas makanan Chinese.

2. Kelompok adas yang serupa biji dan namanya.
  • Adas pedas / fennel (Foenicucum valgare mill) memiliki rasa pedas dan sifat hangat. Khasiatnya sebagai analgesik, stomakik, penghangat tubuh, perut dingin, kembung, mual, muntah, nyeri dan haid.
  • Adas manis / caraway (Carum carvi L) dengan rasa pedas dan sifat hangat. Khasiatnya untuk stomakik, penghangat lambung, perbaiki pencernaan, mual, sakit pinggang. Jika mungi bernama latin Carum copticum benth.
  • Adas sowa / dill (Anethum graveolens L) memiliki rasa pedas, sifat hangat. Khasiatnya sebagai analgeik, stomakik, penghanagt tubuh, lambung, netralisir keracunan makanan laut. Untuk daun adas sowa atau daun ender berkhasiat untuk penekan batuk, ekspektoran, anti mual, nyeri dada, perut, lambung, kembung.

Catatan: biji-bijian adas adalah jenis rempah bumbu masak. Daun ender direbus dengan telor asin sebagai sop sayur.

3. Kelompok jinten yang serupa biji dan namanya.
  • Jinten manis / anisa (Pimpinella anisum L) memiliki rasa pedas dan sifat hangat. Khasiatnya sebagai penekan batuk , ekspetoran, tonikum, anti mual, kembung, sakit perut, abortivum.
  • Jinten putih / curmin (Curmium cyminum L) memiliki rasa pedas, manis dan sifat agak dingin. Khasiat untuk diuretik, perbaiki pencernaan, tonikum dan anti diare.
  • Jinten hitam pahit / nigella atau disebut blackcumin (Nigella sativa L) memiliki rasa pedas dan sifat hangat. Khasiatnya yaitu diuretik, perbaiki ginjal, otak, susunan saraf, laktagog, stimulan libido. Jika Jinten hitem manis bernama latin Nigella damascena L.

Bingung kah? Jika bigung tanyakan kepada yang ahli seperti apoteker atau herbalis. Itulah sahabat wortel dan seledri plus khasiatnya.

Enjoy, peace and love from sukra.

Referensi photo: http://www.charminggeek.net/media/carrot_teaser.jpg

Related Posts by Categories



12 comments:

Debrian mengatakan...

wah mereka sahabat sejati ya..hehe

hami_chan mengatakan...

yah aku tadi buat jamu pokak...dan gak jadi,bahannya ya kayak gini...seledri...apa serai ya tadi namanya?whatever

anti cancer mengatakan...

wah bro gak begitu doyan wortel tu...

Laisya mengatakan...

wew...rajin amat bikin tulisannya nih, bahkan sampe wortel dan seledri pun bisa jadi bahan tulisan... Mantaaabbbb.....:D

Exploe mengatakan...

sahabat sejati..?

kreatif.banyak hal dunia ini yang belum kita ketahui, akan tetapi dengan berbagi info, pintu informasi dan pengetahuan yang luas kita dapatkan.

terima kasih bos atas infonya
kelak menambah pengetahuan saya.

imamwahyudi mengatakan...

Gak kepikiran untuk pos Wortel dan Seledri ternyata jadi post yang enak dibaca juga.
Great work bro :-)

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

wrtl sngt bgus buat mata kita!

Jelly gamat mengatakan...

shbt utk slamanya...

haha

xamthone plus mengatakan...

sahabat ortel dan seledri yang menarik

taruhan bola terbaik mengatakan...

wah menarik nih artikelnya. nambah-nambah wawasan juga.

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu