Kamis, 02 April 2009

Permainan Catur

Melihat catur mengingatkan saya akan sebuah hobi di masa bangku sekolah (SD hingga SMA, zaman handphone dan komputer adalah barang super mewah). Saya menjadi jagoan dan sulit ditaklukan, itulah yang saya rasakan. Tapi hal tersebut telah menjadi kisah lama karena saya sadar sehebat-hebatnya manusia masih ada yang lebih hebat.

Suatu ketika, saya melihat sebuah permainan catur internasional yang menggunakan peraturan sedemikian rupa. Disini saya merasakan banyak pesan yang dapat dijadikan bahan pembelajaran dalam kehidupan manusia.


Di awal pertandingan setiap pemain diberikan materi dan waktu yang sama. Mungkin sulit diimplementasikan dalam kehidupan nyata yang mana ada si kaya dan si miskin. Tapi hal yang pasti setiap manusia memiliki kesempatan yang sama untuk hidup dan waktu yang sama pula yaitu 1 hari sama dengan 24 jam.

Tujuan utama manusia tentu sebuah keberhasilan yang mana tidak luput dari berbagai macam pengorbanan. Walau seringkali tidak sesuai dengan harapan yaitu sebuah kegagalan (hasil seri sama halnya dengan kegagalan yaitu tidak maksimal), setidaknya jadikan pengorbanan tersebut berharga (membuat anda sulit untuk ditaklukan).

Sebuah keputusan yang diambil tak bisa diulang kembali. Apa yang telah diperbuat menjadi masalah, resiko dan tanggung jawab masing-masing di kemudian hari. Maka jangan berbuat kesalahan dan hati-hatilah karena keputusan akan menentukan masa depan dan penyesalan tak pernah datang duluan.

Berpikir beberapa langkah kedepan. Setiap masalah yang dihadapi haruslah diperhitungkan secara matang akan kebaikan dan keburukannya, walau pada kenyataan sering terjadi bahwa hal selanjutnya tidaklah sesuai dengan apa yang dipikirkan atau diharapkan. Contoh yang termudah, sering kali manusia terbuai akan sebuah kenikmatan yang ada di depan mata tapi tidak menyadari jebakan-jebakan yang ada dibelakangnya. Itulah sebabnya mengapa bangsa ini sulit maju karena mereka jarang memikirkan masa depannya. Contoh yang lebih sulit yaitu kehidupan berpolitik yang mana dapat diprediksi tapi hasilnya sering kali melenceng bahkan bertolak belakang.

Pergunakan waktu sebaik mungkin. Manusia sering lupa bahwa waktu terus berjalan dan parahnya sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Contoh: hal yang dipelajari "kewajiban dulu baru hak" dan realitanya banyak ditemui orang yang berpegang prinsip "santai dulu kan pekerjaan masih bisa diselesaikan esok". Benar tidak? walau pada kenyataan memang ada orang yang baru bisa menunjukan hasil maksimal ketika waktu terdesak.

"Check Mate".

Anda kalah dalam permainan catur ini karena anda tidak pernah memberikan langkah yang terbaik dalam permainan anda. Konsentrasi dan fokus pada permainan (kehidupan) anda bukan terjebak permainan orang lain.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi Photo: http://www.chesscenter.com/twic/utkas.jpg

Related Posts by Categories



69 comments:

Penny mengatakan...

Pointnya "Time is Money", pergunakanlah waktumu dg sebaik-baiknya, krn waktu tidak bisa kembali lagi.

melati mengatakan...

kalo prinsipku :
pergunakan masa muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin,lapang sebelum sempit,hidup sebelum mati...

mocca_chi mengatakan...

Ada satu elemen dalam permainan catur, kemampuan otak dalam mengatur strategi, dan hal yang satu ini tidak memperhitungkan waktu.

Memang waktu itu penting, tapi cobalah untuk tidak kaku pada diri sendiri. kalau memang waktunya nyante, ya nyante sajalah. jangan terus terpaku pada prinsip bahwa waktu harus dimanfaatkan.

nyahh kaburrr

Aji Prasetyo mengatakan...

kalo menurut aku sih waktu adalah pahala...
Betapa banyak kejadian yang udah Allah tunjukkan kepada kita..
dan Sholatlah kamu sebelum di sholatkan nantinya...
hehehe..:)
Uang juga pnting tapi jgn di jadikan sebagai Time is Money....

nyubi mengatakan...

orang yg bener bukan brarti orang yg gag pernah salah, tpi orang yg pernah salah dan berusaha tuk tidak mengulang nya lagi, ceritanya sangat motivator mas, mkasih.

bayu nugroho mengatakan...

yes it's true. selalu berani bermimpi mengambil dan memikirkan langkah kedepan yang jauh, karean bisa digunakan untuk antisipasi, sayangnya banyak yang tidak berani untuk berpikir jauh, takut gagal atau dibilang muluk adalah salah satu alasannya...

The MaNiaX mengatakan...

Saya sebenarnya blum pantas berkomentar karena saya sendiri sedan blajar bagaimana agar kita tidak menyesal dikemudian hari, tapi saat ini saya ingin sharing saja :

Dulu saya memiliki teman yg sangat memprihatinkan, dia adalah tukang minyak. untuk membiayai hidupnya dan ibunya dia harus kerja keras karena bapaknya sudah meninggal.

Ketika dia lewat didepan kampus saya, saya merasa kagum dengan usaha kerasnya tapi tdk dengan teman saya yg justru menghinanya.

Suatu hari dia mencoba melamar pekerjaan diperusahaan besar dengan posisi karyawan/pekerja kasar.

Tapi siapa sangka seseorang yang hanya tukang minyak ini mampu menembus hingga penyisihan untuk posisi Marketing Manager?

Dia menelpon saya dan berkata : "saya tahu saya mungkin orang biasa dan saat ini saya bersama para mantan manager bahkan direktur tapi saya yakin dengan kejujuran dan pengetahuan saya saya mampu"

Dan luar biasa dialah yang dipilih menjadi seorang Marketing Manager dan kini dia berada diluar negeri bersama ortunya... dengann penghasilna setidaknya Rp. 1M/bulan!

WoW satu hal yg saya ingat dari dia "Dibalik hambatan besar ada Hasil yg besar juga"

Andi mengatakan...

wah pelajaran yang berharga, meemang dalam mengambil suatu keputusan dibutuhkan kebijaksanaan... thanks for share bro..

Lies mengatakan...

Yang jelas, harus berpikir dahulu sebelum melangkah, karena dalam kehidupan banyak hal-hal yang tidak bisa kita ulang, dan akhirnya yang tersisa adalah penyeselan, yang memang selalu datang terlambat.

Rumah Islami mengatakan...

love this point "..anda tidak pernah memberikan langkah yang TERBAIK dalam permainan anda. Konsentrasi dan fokus pada permainan (kehidupan) anda bukan TERJEBAK permainan orang lain.."

betapa banyak hal yg dapat kita petik, bila memberikan sedikit waktu untuk meresapi dan berpikir...bahkan mungkin tidak hanya di permainan catur ya

Untuk cerita The Maniax...dibalik kesulitan pasti ada kemudahan ya...

artikelnya hebat..yang sudah komen tidak kalah hebat!

oPa mengatakan...

sungguh inspiratif bener mas tulisan nya..
jadi tersegat nih..

indra putu achyar mengatakan...

wuiiiih bener buangget zen... salut untuk postingannya.... :thumbsup:

pras mengatakan...

boleh tukeran link?

Erik mengatakan...

Top post. setuju

budiawanhutasoit mengatakan...

saya juga suka catur.
tapi ga pinter2 amat..
dan seringkali kalah..hehe.

banyak pelajaran yg bisa dipetik dari permainan catur..
satu langkah kecil, harus diperhitungkan masak2..
sama spt dalam kehidupan..

nice posting!

renspandy mengatakan...

filosofi catur..
bagus nih...

bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian..
waktu emang berharga banget...
ck ck ck..

semar mengatakan...

Tentukan langkah dengan hati, timbang ia dengan akal, semangati dengan nafsumu.... maka jikalau kegagalan yang didapat pasti itu adalah keberhasilan yang tertunda

joe mengatakan...

Ingat catur jadi ingat Gary Kasparov... atau Utut Ardianto untuk Indonesia ...

bunda azka mengatakan...

catur???
mmg permainan yang membuat kita bingung tapi dari pemainan catur pula banyak pelajaran yg bisa ambil.

kehidupan itu mmg seperti pemainan catur, bnyk yg harus diperhitungkan dalam melangkah

banggundul mengatakan...

berpikir sebelum melangkah
berkaca sebelum berangkat kondangan... hehehe

nanoq da kansas mengatakan...

pada hakekatnya, permainan catur, sebagaimana berbagai permainan yang lain, adalah cermin kehidupan. begitu pernah dikatakan ayah saya dulu. dan, sungguh saya banyak belajar dari semua itu, sebagaimana saya banyak sekali memetik pelajaran dari postingan-postingan SUKRA. salam damai dari dusun senja :-)

Atca mengatakan...

nice posting..
memang banyak pelajaran berharga yang bisa kita dapat dari permainan catur...

reni mengatakan...

Wih.. keren lho mas postingannya.
BTW, aku dari dulu pengen banget bisa maen catur tapi sampai sekarang gak bisa juga.
Gemes jadinya kalo liat orang bisa maen catur dg lancar.. ^_^

aa.LiL - belajar dan berbagi mengatakan...

bener bgt tuh... strategi harus jadi ujung tombak... mantaaabb dah artikel2 nya kang sukra.. salute...

Fanda mengatakan...

Setuju banget. Ada 1 lagi: practice makes perfect. Dalam catur (dan semua hal lain dlm hidup), kalau kita mau sukses, mau menjadi yg terbaik, kita butuh latihan, latihan, dan latihan. Persistensi diperlukan. Jangan hanya mencoba 2-3 kali, gagal, lalu kita pikir, ah..aku memang bodoh, dan berhenti.
Nice posting, thanks my friend!

eri-communicator mengatakan...

catur simple, dan merupakan hal kecil tapi membawa makna yang besar, emosi dasn otak kita cukup diperas oleh p[ermainan catur..

dwinacute mengatakan...

wow udah banyak yang komen apik-apik yo wes mo ikutan ah.. hidup kata orang seperti permainan catur. berfikir sebelum bertindak adalah lebih baik dari pada bertindak sebelum berfikir,.

imamnic mengatakan...

Dan catur itu bener melatih kesabaran, melatih "poker face", melatih ekspresi untuk menyembunyikan taktik.

Boleh tanding kita sepertinya :-)

Cewek Indonesia Seksi mengatakan...

Memang dalam menjalani hidup itu harus sesuai dengan skenario dan langkah2 yang matang agar kita tidak salah langkah dan membuat kita terpojok..

ifat mengatakan...

catur permainan yang mengasah otak

deniardian mengatakan...

wah...hebat...salut buat si akang...

tapi tahukah akang berapa harga blog akang saat ini?

blog fatihsyuhud dihargai 6,7 Milyar Rupiah,berapa blog anda?keterangan lebih lengkap silahkan mampir ke www.deniardians.blogspot.com

sekalian download lagu-lagu terbaru april 2009 dan download ebook-ebook best seller...di

www.deniardians.blogspot.com

Ranie mengatakan...

waktu itu bisa membunuh manusia......

tyas mengatakan...

catur.. paling nggak bisa main catur nih..
nonton org main catur juga nggak suka.. suka lamaaaa, terlalu berhati2, gak mau take a risk..

mungkin krn aku orgnya grabag-grubug yah.. jalan ya jalan aja, resiko pikir belakangan... pasti ada jalan.. kalo tetep gak ada... so what..?

ARTware™ mengatakan...

dari catur memang banyak pelajaran yang diambil,khususnya strategi dalam hidup. tapi kebanyakan orang salah mengimplementasikannya. malah membuang-buang waktu dan pendapatan dengan berjudi. semoga artikel dari kang sukra ini dapat dibaca juga oleh para pemain catur jalanan..

Wisata Seo Sadau mengatakan...

Ini dia penyakit saya... menunda pekerjaan karena ngerasa masih ada waktu akhirnya "check mate"

pasang iklan gratis mengatakan...

salm knl sobat,
saya suka catur, itu hobi saya.
anyway, kapan nih bisa tanding, :-)

LaskarKOM mengatakan...

biarkan otak bermain dengan sesuka hati!

dukdukmonk mengatakan...

klo saya seneng nyebut 'waktu adalah nyawa'

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

catur, capek deh

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

banyak hal yg bisa kita ambil hikmahnya dari sebuah permainan, termasuk permainan catur. Karena itu pesan bisa disampaikan lewat media permainan

Teguh Bayu mengatakan...

i like catur game.. mengasah otak dan adu strategi

Coretan Imtihan mengatakan...

saya memang menemukan banyak pelajaran dari sebuah permainan. Bermain adalah belajar yg mengasyikkan....

Chicken Recipes mengatakan...

kalo catur, saya cuma soko nonton orang main, tapi belum pernah belajar maen sendiri...

Resep Nasi Goreng mengatakan...

Pemain catur memang harus memperhatikan dan memperhitungkan betul langkah-langkah yg dilakukan... Dlm percaturan hidup kita perlu memperhatikan prinsip permainan catur tersebut

Resep Nasi Goreng Spesial

xamthone plus mengatakan...

hmm.... aku suka catur sejak kls 2 smp...

Rubik mengatakan...

bermain catur emang mengenakkan dan mencerdaskan

wicker mengatakan...

catur ya? he he..., susah juga kalo dah ngomong catur.. kalo kata para orang tua..., teliti dan terus latihan melawan mereka yan glebih pintar..., itu kuncinya... Pasti akan nikmat.., apalagi jika ditemani rokok dan kopi sambil ngumpul2 bareng tetangga dan saudara... Indah bangetz...

obat tradisional hepatitis c mengatakan...

dari dulu hingga saya kurang ngerti sama permainan catur, soalnya cukup menjenuhkan juga,,,

jelly gamat mengatakan...

saya suka jenuh juga klo liat orang lagi catur,,,
kesell, banyak berfikir panjang,,,
tapi seru sich sebenernya klo dah tau cara-caranya...

Pengobatan Alami Penyakit Darah Tinggi mengatakan...

nice post.. menarik bgt !!
jadi pengen blajar catur nihh. keliatan asyik bgt maeninnya..

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

saya juga hobi gn min catur...

Jelly gamat mengatakan...

ctur penghilang stress atau pnambah stress ya???

kanker mengatakan...

Ada satu elemen dalam permainan catur, kemampuan otak dalam mengatur strategi,

Technology Information mengatakan...

orang yg bener bukan brarti orang yg gag pernah salah, tpi orang yg pernah salah dan berusaha tuk tidak mengulang nya lagi

Business And Finance mengatakan...

aku suka catur

obat tradisional hepatitis a mengatakan...

catur sich emg olahraga yang tidak membuat kita lelah secara fisik..tapi kita bisa lelah secara batin...karena terus berfikir..tp dengan main catur otak kita akan terasah sehingga daya otak akan maksimal...

obat herbal sinusitis mengatakan...

setiap waktu yang kita jalani tidak akan pernah terulang meskipun hanya 0.ooooooooooooooo1 detik

obat herbal jantung koroner mengatakan...

aturlah hidupmu dengan baik...jangan biarkan waktu yang kau dapat berjalan tanpa adanya manfaat sama sekalie...

Company Profile mengatakan...

Catur itu sama aja membuat kita belajar untuk berfikir lebih panjang.. :)

OBAT BIUS mengatakan...

hebat bnget agan ni maen catur nya?
udh dpt penghargaan blm gan?

Obat Herbal Untuk Mengobati TBC Kelenjar Terbaik mengatakan...

Good job gan,. mantap banget artikelnya
update terus ya, terimakasih

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Artikel Favorit dalam 1 minggu