Minggu, 19 April 2009

Kenapa Harus Belajar?

"Tong Kosong Nyaring Bunyinya"

Orang yang banyak bicara biasanya tidak berilmu. Bagaimana orang yang berpakaian rapi atau yang bergaya imam? Apakah mereka memiliki pengetahuan yang patut dibanggakan atau benar imam? Karena selama ini orang yang berpenampilan sederhanalah yang sering dapat acungan jempol dari saya.

Setelah olahraga jalan pagi, saya mampir ke sebuah warung kopi. Disana saya bertemu dengan Kongbaba dan bertanya "sedang baca koran apa?" Kongbaba menjawab: saya lagi baca koran Republika dan koran Guo Ji Ri Bao.

Penasaran mengapa kedua koran tersebut yang dipilih? Saya menulis ini bukan ingin mempromosikan koran tersebut yah.

Koran republika yang umumnya dibaca oleh kaum muslim yang mana pemberitaannya luas, obyektif dan sejuk. Serta memiliki halaman "Khazanah" yang merupakan cerita tentang dunia ilmu pengetahuan, para cendikiawan muslim dan sejarah perkembangannya. Selain itu di hari Minggu memiliki halaman khusus mingguan "Islam Digest". Sehingga media ini menunjukan bahwa muslim adalah kaum cendikiawan yang beriman.

Harian Guo Ji Ri Bao adalah koran Indonesia yang berbahasa Tionghoa yang mana peminatnya adalah kaum minoritas Tionghoa perantauan dan totok Xing Ke. Berita yang disampaikan bernuansa China dan tentang pemberitaan para tokoh etnik Tionghoa yang mana pada umumnya memiliki masa lalu yang guram dan kaya, pada saat ini menjadi tokoh politik oportunis, tokoh organisasi atau lembaga dagang, sosial,budaya dan pendidikan yang mana mendambakan negara yang menjadi impiannya.

Hubungannya koran tersebut dengan belajar sebetulnya tidak begitu nyata. Hal yang pasti, koran adalah salah satu media yang sederhana tapi dengan membacanya maka manusia akan terus belajar dan belajar. Pada saat Kongbaba menjelaskan kenapa memilih koran tersebut, saya teringat akan beberapa petunjuk yang ada pada Hadits, dan Lun Yu yang dapat digunakan sebagai renungan.

Renungan tentang "belajar" yang dipetik dari Hadits (dari Buku Pintar Hadits, Syamsul Rijal Harid, BIP, Agustus 2008):
  • 201: Tidak pantas bagi orang bodoh mendiamkan kebodohannya.
  • 202: Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim.
  • 204: Jika engkau pergi lalu mempelajarinya suatu bab ilmu yang dapat diamalkan adalah lebih baik bagimu dibandingkan sholat seribu roka'at.
  • 205: Belajar ilmu itu menghapus dosa-dosa besar dan belajar Al Qur-an itu menambah pengertian akan agama.
  • 206: Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Alloh mempermudah baginya suatu jalan menuju surga.
Renungan tentang "belajar" dari bab Lun Yu yang membuat saya kurang mengerti:
  • Bab 14 pasal 24: Dahulu belajar untuk meningkatkan diri sendiri. Sekarang belajar untuk memperlihatkannya kepada orang lain.
  • Bab 8 pasal 9: Rakyat hanya melaksanakan apa yang boleh dilakukannya dan tidak boleh mengetahui apa yang boleh diketahuinya.
Marilah kita bersama belajar dan jadikan negara ini menjadi maju dan makmur. Menjadi seorang pemimpin yang pintar, bijak, berani, tidak munafik, dan tidak membohongi rakyat.

Ini adalah bab 9 pasal 29 dari bab Lun Yu yang menarik perhatian saya:

Orang pintar tidak dilamun kebimbangan
Orang bijak tidak dilanda kemurungan
Orang berani tidak dirundung ketakutan

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://studyprof.com/blog/wp-content/uploads/2008/11/study-stuff.jpg

Related Posts by Categories



75 comments:

DUNIA KITA mengatakan...

sukses, buat blog dan tulisannya ya..

eri-communicator mengatakan...

Belajar karena ingin pintar seperti zener atau sukra

Kurniadi Bulhani mengatakan...

postingnya ok....ya memang ustad abang pernah mengatakan "disuatu tempat banyak orang yang lebih pandai dari kita maka kita "dipimpin" sedang banyak orang yang lebih bodoh dari kita maka kita "memimpin" disana akan tampak keutuhan penciptaan tuhan yang berpasangan,yang mengherankan sekarang ini orang yang pandai menyiakan kepandaiannya itu,bahkan dirusak...seperti nyabu,ganja dsb...

Wafi mengatakan...

Guru aku pnh berkata "Kalian klo belajar jangan cuman cari nilai yg bagus, tp belajar itu untuk kita sendiri di masa nanti..."

Maya O.Z.K mengatakan...

membaca postingan ini pun menmbh ilmuku niy.. tfs.. ^.^

Ruang Kita mengatakan...

semakin dibaca semakin membuat kita sadar arti kehidupan dan bagaimana dalam bersikap .. memang postingan disini slalu membuat kita semakin menjadi manusia yang lebih baik .... thanks uda mau berbagi ...

Putra Sigit mengatakan...

makasih nih mas..ringkas dan ga bertele tele langsung menutu TKP, belajar ga kenal usia dan waktu, selama nafas masih berhembus mari terus belajar..belajar dan belajar karena masih banyak yang tersembunyi dikehidupan ini..aku jadi semangat untuk belajar nih...

haizul mengatakan...

nice posting,.

sukses selalu buat sukra dan Bung Zener,..

brown sugar mengatakan...

Ya ...harusnya saya juga harus banyak banyak belajar ,ga boleh banyak banyak becanda takut keterusan bercanda malah ga bisa mingkem jadi tong kosong nyaring bunyinya ..apa lagi ditambah gitar ma kecrikan.

echi mengatakan...

Udah belajar bedain photo ku yg mukanya ga pernah sama itu blom ? :p

boykesn mengatakan...

agar pintar belajarlah, tapi belajarlah dengan pintar. karena belajar bisa dimana saja dan dengan siapa saja atau apa saja...

Blogger Ceria mengatakan...

ini artikelnya ngingetin sama salah satu artikel di sukrablog juga..
tapi lupa judulnya apa ya...?! :P

Atca mengatakan...

nice posting..

blog anak nelayan mengatakan...

nice artikel ikutan menyimak

Lala mengatakan...

Aku suka kata kata bijak yang terakhir.

melati mengatakan...

aduh... telat lagi... ya Zener aku stuju banget... Rasulullah SAW bersabda : tuntutlah ilmu sampai ke negeri China; tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat (seumur hidup)...

C.Alv.B mengatakan...

Life is experimental..everyday is a process of knowledge..gaining and improved it already..why we have to learn or study?..to live a life

@ Coy mengatakan...

malahan jadi belajar nih hehe..

belajar seo - aalil blog mengatakan...

gak ada matinya dah si akang ini.. selalu ber eksplorasi... keep share kang,, tetap belajar...

arifin mengatakan...

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk pembelajar. Artinya, meski ia tidak berniat belajar, sesungguhnya ia tengah belajar. masalahnya adalah adakah manfaat sesuatu yang tengah kita pelajari, baik dengan sadar ataupun tudak?

uchie mengatakan...

Belajar emang penting... biar pinter, jd ga gampang di kerjain Dunia...

anazkia mengatakan...

Subhanallah... Sebuah pencerahan yang bagus...

Bisnis Aman mengatakan...

wah sungguh berarti postingan anda..
saya jadi berfikir bahwa sebenarnya melakukan segala hal jika dengan ilmu'a maka pahala yang akan didapatkan akan berlipat ganda dibanding yang tanpa ilmu'a...

ikeys mengatakan...

biar lebih pinter kudu belajaaaar.. :)

Dwi mengatakan...

belajar dari melihat, belajar dari mendengar, belajar dari merasakan...

n a r d indie winkie mengatakan...

great entry. berikan sedikit kesedaran. terima kasih.. :-)

Yo mengatakan...

Good

Joomla tutorial tips and tricks mengatakan...

Belajar dan belajar, apalagi sekarang sekolah gratis

Tweaking Internet Connection mengatakan...

Belajar untuk cari duit...
Untuk masa depan...

ExiOST mengatakan...

ilmu gak harus dari belaar juga...

Ngeblogpun tanpa sadar juga belajar...

JengSri mengatakan...

seneng sama kata2 penutupnya jadi semangat :)

orange mengatakan...

any posts that contain the meaning in a very good and for all. . . .

zero mengatakan...

belajar, belajar dan belajar....

makasih....

nna mengatakan...

mmmmmm....

belajar ? gimana yah ?
jenuh eng....
maksudnya belajar yang aku maksud disini adalah belajar mata pelajaran yang selama 12 tahun aku pelajari menimbulkan rasa jenuh.

apalagi puncak kejenuhan itu di saat UN kemrin ....
ya ampun....yang namanya malesssss itu mah beneran da....

yah semoga aja ada metode yang bagus spy gak jenuh lagi belajarnya ya...

Wisata Seo Sadau mengatakan...

Belajar dari pengalaman juga bagus kan mas?

Gil Nocturne, Gillian shie mengatakan...

sebenrnya ga harus blejar secara formal kan??

kita berjalan, bersepeda juga belajar.



welll, harusnya judulnya ganti mas...

jd gn, kenapa ga belajar???



kaya bangsa kita ne gmw belajar ngurangin korup ama utang negara.... wkwkwkwk

Bang As (simple with excellent) mengatakan...

Hidup bukanlah TEORI... HIDUP adalah AKSI. Jadi belajar masuk ke TEORI atau AKSI ya ....

Bagas mengatakan...

Selain belajar juga perlu yang namanya berkerja, karenaKerja keras adalah energi kita
tapi apakah hanya dengan kerja keras saja sudah cukup??Memang di perlukan Tips-tipsselain kerja keras, but anyway nice post

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

supaya pintar sob

Web Hosting Murah mengatakan...

Belajar adalah proses untuk BISA !

Bisnis Internet mengatakan...

Selamat berbagai info semoga manfaat

Cara Membuat Website mengatakan...

Dengan belajar orang bisa jadi pintar

Autoresponder mengatakan...

Belajar supaya kelak jadi pintar

Bisnis Pulsa mengatakan...

Mari kita belajar, dan ilmunya menjadi manfaat

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia mengatakan...

asal yg dibaca bukan koran yg berisi berita dan informasi ttg yg mistis, seks, dan kriminalitas, hehehe...

kaos remaja mengatakan...

manteps kawan artikelnya... bikin semangat nih...

Keep blogging

Coretan Imtihan mengatakan...

kita memang harus belajar, belajar, dan belajar.....

Chicken Recipes mengatakan...

membaca korn juga bisa dijadikan media untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat kita, sehingga nanti masyrakat kita bisa menjadi masyarakat pembaca...

Resep Nasi Goreng mengatakan...

Dulu saya selalu baca Republika, tapi sekarang udah tdk lagi....

Resep Nasi Goreng Spesial

obat alami asam urat mengatakan...

bener juga tuh mas , kita harus banyak belajjar, makasih banyak buat infonmya sukses selalu

Rubik mengatakan...

belajar, belajar, dan belajar...

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

ya pastinya supaya pintar lah..
hhhehehe

Jelly gamat mengatakan...

blajar memang hal mutlak utk dilakukn olh mnusia!

kanker mengatakan...

aduh... telat lagi... ya Zener aku stuju banget... Rasulullah SAW bersabda : tuntutlah ilmu sampai ke negeri China; tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat

Technology Information mengatakan...

seneng sama kata2 penutupnya jadi semangat

pengobatan asam urat mengatakan...

pastnya supaya dapt ilmu yg banyak lah...

hehe,,,

Gamat gold mengatakan...

pastinya supaya pintarlah mass,,,,

cara pemesanan xamthone mengatakan...

slm knal

cara pemesanan xamthone mengatakan...

mantap artiklenya mas

Business And Finance mengatakan...

Belajar karena ingin pintar seperti zener

obat tradisional asam urat mengatakan...

pengen nyari ilmu biar pintar gan pastinya,,,

obat tradisional kanker hati mengatakan...

artikel yg sngt mnarik...

obat herbal sinusitis mengatakan...

belajar itu emg suatu kewajiban bagi kita sebagai orang muslim

obat herbal jantung koroner mengatakan...

bagus banget isinya kawan...

Company Profile mengatakan...

Kenapa harus belajar ?
Ya haruslah, coba bayangin kalo nggak belajar dari kesalahan pasti kita bakal salah trus.. :)

Obat Herbal Untuk Mengobati TBC Kelenjar Terbaik mengatakan...

Good job gan,. mantap banget artikelnya
update terus ya, terimakasih

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Artikel Favorit dalam 1 minggu