Kamis, 09 April 2009

Aksara Cermin Kehidupan Budaya

Saya bingung harus memulai darimana tulisan ini. Tapi saya senang dengan kebingungan ini karena membuat saya sadar bahwa saya masih bisa berpikir. Hal ini berarti dalam diri saya masih ada nafas kehidupan.

Nafas dan hidup adalah sebuah kesatuan, oleh sebab itu saya mengawalinya dengan huruf Yi(satu) karena segala sesuatu harus ada yang pertama. Itulah Yi yang memiliki makna awal dari segala sesuatu dan merupakan sebuah kesatuan yang utuh.

Legenda budaya Tiongkok percaya bahwa segala kehidupan memiliki unsur tanah. Nu Wa menciptakan manusia dari tanah lempung. Tu (tanah) adalah huruf Yi yang ditambahkan guratan silang diatasnya. Oleh karena itu manusia harus mampu mengolah tanah agar dapat melanjutkan kehidupan. Sheng (hidup) adalah guratan Niu (sapi) yang ditambahkan diatas guratan Tu. Adanya guratan Niu karena dahulu manusia menggunakan sapi dalam mengolah lahan tanah.

Sebelum berlanjut saya coba untuk melihat aksara She (lidah) terlebih dahulu. She merupakan gabungan dari Qian(ribu) dan Kou (mulut). Hal ini menjelaskan bahwa ribuan kata terucap dari mulut yang kemudian akan digunakan untuk berkomunikasi. Huo (hidup) merupakan huruf She yang ditambahkan tiga titik air di sebelah kirinya sehingga memiliki makna air liur dipergunakan agar dapat berkomunikasi secara lancar dan baik.

Sheng dan Huo memiliki arti yang sama, saya juga kurang mengerti mengapa hal ini bisa terjadi. Hal pasti Sheng Huo (kehidupan) bila dijabarkan memiliki makna bahwa manusia hidup harus bekerja (mengolah lahan tanah) dan berkomunikasi dengan sosialnya dengan baik. Dengan kata lain manusia dalam kehidupan yang berbudaya harus menjaga dan melestarikan alam lingkungan serta kedinamisan sosial masyarakatnya.

Wang (raja) memiliki tambahan sebuah garis diatas huruf Tu. Disini menunjukan seorang raja bekerja diatas wilayahnya, berkomunikasi dengan rakyatnya, dan harus mampu mengkoordinasi alam, sosial dan dirinya sendiri. Zhu (empunya) memiliki satu titik di atas huruf Wang, yang mana bila diperibahasakan "diatas langit masih ada langit" atau dapat diartikan sebagai makna spiritual dan jati diri. Ren (angka pilar batang langit) memiliki guratan menyerupai Wang akan tetapi garis teratasnya sedikit terbuka, hal ini memiliki makna angka 9 yang dipercaya sebagai angka tertinggi dan angka mitos untuk sang raja. Yu (batu giok) memiliki titik di bagian kanan (pinggang) huruf Wang yang mempunyai makna benda petuah atau mustika yang dipakai oleh raja.

Aksara adalah bagian cermin dari budaya, sama halnya manusia yang berada dalam proses belajar (kemampuan dalam menggunakan aksara dan pengetahuan umum) dan bercermin pada perkembangan kehidupan sosialnya (seperti sastra, seni, pendidikan).

Catatan: Bentuk atau tipe budaya saya bagi dalam empat yaitu budaya benda (contoh wayang, keris, batik), budaya hubungan sosial (contoh tata krama, upacara adat), budaya klasik (contoh sejarah, candi) dan budaya jiwa atau kebatinan.

Manusia mimpi, menemukan jati diri.
Kehidupan sadar, membentuk harga diri.
Manusia sadar, akan ganasnya alam semesta.
Kehidupan mimpi, damai sosial nurani.
Wahai manusia kehidupan sejati.
Hanya dikalbu kehidupan manusia.


Hari ini ( 9 April 2009 ) adalah hari pencontrengan pemilu. Hal ini mengingatkan saya bahwa manusia kehidupan Indonesia sedang berada dalam proses pembelajar mengenal jati dirinya.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi:
Lie Tjung Jie," Diktat Kursus Sekilas Bahasan Bahasa Tionghoa Ditilik dari Filosofi dan Budayanya" Jakarta, Mei 1999.

Related Posts by Categories



38 comments:

Dhe mengatakan...

wah legenda lagi yah??

Fanda mengatakan...

Ternyata aksara itu ada makna yg begitu dalam ya? Bukan hanya perpaduan garis dan lengkung untuk berkomunikasi...

erik04939 mengatakan...

ternyata aksara mengandung banyak makna ya.
Tks dah sharing

Pondokku

The MaNiaX mengatakan...

.....
Wew suwer bro... bingung aku bacanya... membahas tentang aksara tiongkok ribet juga ya...

Intinya bagus.. tapi tidaaaaak kenapa aku masih bingung... T_T betapa culunnya diriku ini...

pengetahuanmu luas bgt bro..

MooChenk mengatakan...

nice post... thx for sharing... nambah wawasan n pengetahuan nee... seeppphhh...

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

bingung tapi tetap menghasilkan postingan yang menarik ;)

HoneyBUZZin mengatakan...

i don't know chinese :(

brown sugar mengatakan...

Kalo yusnita artinya paan mas?

ADVINTRO mengatakan...

asli gak mudeng mas,maaf agak tulalit gini ya

Kucing Bunted mengatakan...

waahhh... bingunk... ^___^

banggundul mengatakan...

maknanya mantap...

dan bikin pusing..

Penny mengatakan...

aksara penuh makna

elizer mengatakan...

mantabbb

Cosplay Square mengatakan...

kayaknya dulu pernah ada yang cerita gini juga deh..
siapa ya.. bokap ato nyokap.. hehhee..
bro zener tahu banyak juga.. :D

Lina mengatakan...

wah aku nggak ngerti deh bahasa tiongkok, kalo anak ujian mandarin aja pasrah... :D

semar mengatakan...

Heheh... postingan yang cerdas... sampe 2 x saya baca... benang merahnya halus dengan fenomena terkini bangsa ini.

Nice postingan sob :)

ems mengatakan...

wah, detail bangets ya...
sampai-sampai harus mengulang bacanya,
ehehehe, moga bermanfaat
thxq
:)

aa.LiL - belajar dan berbagi mengatakan...

gak mudheng mas saya... hehehe,, keep share

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kamu jago ya nulis huruf mandarin?
papaku jago tuh. aku sih puyeng deh. gak ngarti. btw, perutnya memang sebuncit apa? he he he..

farhana mengatakan...

asal tak wat je entry tntg kamo?
x)

Sadau mengatakan...

Angakt tangan dah kalo membahas aksara gini, tapi bermanfaat juga buat nambah pengetahuan seputar budaya tiongkok, kebetulan dulu juga pernah baca tentang budaya tiongkok membahas seputar masalah peletakan cermin di dalam kamar tidur gak taunya punya pengaruh juga. kalo gak baca gak bakalan ngerti kan???

Great post dhab...

mocca_chi mengatakan...

jujur binun mu koment apa, topiknya rada aneh di kepalaku, seperti pelajaran sejarah yang ga aku suka >.<

Aji Prasetyo mengatakan...

wah...kmaren saya ngga nyontreng...

ac milan indonesia mengatakan...

banyak aksara yg ada artinya nih disini..

~Aryana Edrena~ mengatakan...

selamat pagi bro hehehe
tq singgah kt blog sye :D

Adel mengatakan...

bagus blognya, maen2 ke blog saya yach : Blog Kuliner Bandung, Moel's Blog, dan Internet Marketing Tips

grace's story mengatakan...

seperti biasa ... keren. :)

hem favorite gue yg yang bahasan loe ttg sheng huo. ngga pernah mikir ke situ. hanzi yang paling gue suka, 安 butuh perempuan di bawah rumah utk menciptakan kedamaian. hohohoh. juga 慧 (nama gue ini hihihi).

pasang iklan gratis tanpa daftar mengatakan...

waduh pusing baca aksara tiongkok, mendingan aksara jawa deh
hehhhe:D

Business And Finance mengatakan...

Ternyata aksara itu ada makna yg begitu dalam ya

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Artikel Favorit dalam 1 minggu