Jumat, 16 Januari 2009

Kepribadian dan Moral Dasar


Terlupakan padahal dasar keberhasilan seorang manusia.
Runtuh karena ego manusia yang memikirkan diri sendiri.
Dipelajari dan diterapkan hanya sebatas mulut.
Tidak mengelak karena memang sulit.
Mungkin sudah tiada lagi yang bisa melakukannya.

Percaya silahkan lanjut, tidak percaya tinggalkan sebelum anda percaya.

Seorang manusia pada dasarnya harus memiliki keahlian, keberanian, ketabahan dan pengorbanan yang mana menjadikan diri sebagai seseorang yang berkepribadian.

Keahlian adalah suatu kemampuan yang secara terus menerus dengan ketekunan yang diasah sehingga menjadi lebih baik. Seringkali manusia menganggap dirinya telah cukup padahal pada kenyataan masih jauh dari sempurna. Mereka memandang rendah, pada kenyataan mereka tidak dapat melakukannya. Tiada keahlian, tiada mungkin keberhasilan dapat dicapai. Pepatah yang sempurna: "Saya hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin."

Keberanian berarti berani mengambil keputusan (dengan perhitungan) dan juga siap dan melakukan untuk menyatakan hal yang benar dan salah tidak hanya kepada bawahan, tapi juga kepada orang yang dihormati dan dikasihi. Disini tidak hanya akal sehat, akan tetapi hati nurani juga berperan yang mana dapat menyebabkan manusia ragu dan kegagalan tiada henti menghampiri. Hal ini menjadi penting karena manusia seringkali menutupi keburukan orang yang menjadi bagian penting dari hidupnya tapi menjelekan orang yang tiada arti dalam hidupnya.

Ketabahan, apakah anda sering menggerutu? Contoh paling mudah, ketika anda disuruh menunggu. Segala sesuatu dibutuhkan proses yang kadangkala sangatlah lama. Ketabahan sangat berperan, karena terburu-buru seringkali menyebabkan hasil jauh dari kesempurnaan. Ketabahan juga menyimbolkan kesiapan diri dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Pengorbanan, siapakan yang peduli? Kita selalu ingin kemenangan pribadi tanpa memikirkan orang lain. Jadi untuk apa berkorban bila membuat menderita? Padahal pengorbanan adalah suatu harga akan suatu kehidupan untuk menjadikan dunia lebih baik, indah dan harmonis.

Belum selesai, seseorang yang bermoral dan berkepribadian harus memelihara sikap rendah hati, tidak menyombongkan prestasi dan tidak membuat masalah. Rendah hati bukanlah rendah diri. Tidak dipungkiri manusia ingin terlihat menonjol sehingga ia lupa akan dirinya. Prestasi yang diperoleh memang diri pribadi yang mengukirnya tapi apakah tanpa bantuan orang lain? Apakah prestasi lebih berharga dari orang yang berada di sekelilingmu? Hal yang terakhir, jangan membuat masalah karena menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Berpikirlah sebelum bertindak.

Harga diri manusia bukan dari apa yang dimilikinya tapi kebenaran yang dipercayainya. Mereka akan memperjuangkan dengan segala kemampuan dan disertai dengan pendirian yang kuat untuk kebahagian semua makhluk hidup.

Apakah saat ini kita memiliki kepribadian dan moral dasar tersebut? Jika tidak, bagaimana 5 atau 10 tahun lagi? Semakin jauh atau semakin dekatkah dengan sosok manusia yang berkepribadian dan bermoral?

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://moralsandethics.files.wordpress.com/2007/09/nice.JPG

Related Posts by Categories



31 comments:

MooChenk mengatakan...

pertamax....

Waty-koe mengatakan...

sepakat cess......

Laisya mengatakan...

duuuh...keahlianku apa ya??? :D

Anonim mengatakan...

Betul. Kepribadian dan moral dasar memang tak ada pada awal kelahiran, tapi didapat melalui proses yang panjang dan pembelajaran yang terus menerus.

' Li ' mengatakan...

wah produktip ni hehehehe...
keren2 lg artikelnya...keep post sob..^^

boykesn mengatakan...

Benar. Kepribadian hampir berhimpitan dengan moral.
Kepribadian mencerminkan moral, begitu pula moral mencerminkan kepribadian. Sangat amat setuju bila logikapun turut mengembangkannya. Dan kesempurnaan hanyalah tujuan, bukan berarti mengesampingkan keseimbangan.
Sementara keseimbanganlah yang mesti diamalkan.

Ocim mengatakan...

gitu toh bang, ngga ngeri juga seh cuman tahu deh sasarannya

Mawar mengatakan...

Mantab nih posting nya :)

dwinacute mengatakan...

bener tuh. seseorang emang harus punya kepribadian agar bisa memanusiakan manusia.

ayuzuricha mengatakan...

gimana aka karakter manusia mas? terkadang kepribadian dan karakter kita nggak selamanya sepaham dengan orang lain. gimana caranya kepribadian kita bisa dikagumi semua orang?

The Cat mengatakan...

Just Be Yourself deh

Ocim mengatakan...

pribadi gua yg mana yak ... punya saran atau masukannya

TUKANG ARSIP mengatakan...

pribadi menawan gati ciri muslim sejati kayak lgunya itu ya

Johanas mengatakan...

Hidup adalah Pengorbanan

Pengorbanan Adalah resiko

Resiko adalah Persimpangan

Persimpangan adalah jalan

Jalan selalu becek (Mulai gak nyambung)

Kalo becek gak ada ojek

Kalo gak ada ojek ,Cape deh....

(just kidding Bro) wehehehee

Ocim mengatakan...

berhasil juga akhirnya membuat warning message bang ..

sukses terus dgn bukunya

oPa mengatakan...

Setuju...
modal dasar unutk kehidupan lebih baik..
Maju terus bang, inspiratif baget..
:D

WHITEShadow mengatakan...

Thanks for the visit. This is a lovely picture. I wish I can understand what is written in your blog. happy smiles.

luzman mengatakan...

hmm.. setuju deh.. hehehe

azima mengatakan...

kepribadian dan moral terbentuk dari kebiasaan2 kita!! So buat kebiasaan2 yg positif dari sekarang

Wong Magelang mengatakan...

kepribadian thu kbiasaan..
kalo moral dasar dr gen qt, tp mnrtq moral dasar msh bs brubah ssuai lingkungn

job mengatakan...

Nah ini dia moral dan kepribadian. Penting banget. makasih infonya.

sangar mengatakan...

setuju bos. tapi sulit juga ya kalo harus lebih baik dari sekarang. Gmn nih bos?

anindyarahadi mengatakan...

kepribadianku.... kayaknya terlalu dodol dan santai deh (atau sifat yah?? tau ah bingung)

Fallen Angels mengatakan...

Hm..Hm...Hm..

xamthone plus mengatakan...

hhhmmm...
tentunya mengenal diri sendiri itu tidak mudah....

obat tradisional hepatitis c mengatakan...

yapz,,, susah banget mengenal diri sendiri,,,

jelly gamat mengatakan...

kepribadian dan moral dasar adalah faktor utama membangun jati diri...

kanker hati mengatakan...

duuhh...
memang agak sulit untuk mengenal kepribadian sendiri lebih dalam..

Company Profile mengatakan...

Hmm..
Nice, stuju .. :)

Obat Herbal Untuk Mengobati TBC Kelenjar Terbaik mengatakan...

Good job gan,. mantap banget artikelnya
update terus ya, terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu