Jumat, 28 Maret 2008

Stasiun Jakarta Kota

Salah satu cagar budaya yang tiap harinya ribuan manusia lalu lalang di stasiun ini. Bagaimana mungkin stasiun ini bisa sepi kecuali tiada keberangkatan kereta api wong tujuannya banyak. Dari stasiun ini anda bisa ke Bekasi, Bogor, Bandung, dll. Dahulu kugunakan untuk pergi ke Stasiun Universitas Indonesia untuk kuliah. Hihihihi.

Stasiun Jakarta Kota ini sering disebut dengan Stasiun Beos. Nama panggilan beos ini dikarenakan plesetan dari B-OS yang merupakan nama maskapai angkutan kereta api yang bernama Bataviasche Ooster Spoorweg. Ternyata tidak beda orang sekarang dan orang dahulu suka bikin singkatan.

Selidik-selidik ternyata Stasiun Jakarta Kota ini merupakan gabungan dari Batavia Zuid (Batavia Selatan) dan Batavia Noord (Batavia Utara). Batavia Zoid milik BOS yang membangun rel kereta api hingga ke Bekasi dan Batavia Noord milik NISM (Nederlandsch- Indische Spoorweg Maatschapij) yang membangun rel hingga ke Bogor. Sedangkan rel yang menuju ke Bandung ini dibangun oleh SS (Staats Spoorwegen).

Jadi BOS diambil alih oleh SS tahun 1897 dan NISM pada tahun 1913. Selanjutnya stasiun direnovasi menjadi Stasiun Jakarta Kota yang kita kenal sekarang oleh arsitek yang bernama Ghijsels dan selesai pada tahun 9 Agustus 1929. Btw peresmian yang berlansung pada tanggal 9 Oktober 1929 ada kejadian aneh yaitu penanaman kepala kerbau di dua tempat oleh Gubernur Jendral jhr.A.C.D.de Graeff. Ayo dimanakah kepala kerbau tersebut ditanam?

Sekian dulu cerita tentang Stasiun Jakarta Kota ini. Btw bagi yang ingin berbagi informasi tentang sejarah Stasiun di Kota monggo dan selamat jalan bagi yang ingin menggunakan KRL dari Stasiun ini. Enjoy, peace, and love from Zener

Related Posts by Categories



6 comments:

Anonim mengatakan...

Zen,

Emang bener kata ci maya, nulisnya agak panjangan donk bro!

yang stasiun kota itu, baru aja gue mau menghayati artikel tahu, eh belum sampe 5 menit baca, udah abis. nggak jadi deh bernostalgianya, hehe...

~~Hindra~~

andree mengatakan...

nih, komen juga kan..

Jadi inget masa2 ke kampus naek kereta...keberangkatan pertama pagi2 masih seger2 dingin, ga kaya kalo pulang dari kampus; panas n semrawut.

Emang itu bangunan beos bagus penuh sejarah apalagi kalo diliat dari arah Museum Keramik. bentuknya setengah bulat itu, khas bgt.. plus kombinasi warna yg pas. Tapi setiap kali mau ke Mangga Dua selalu muncul pertanyaan: kenapa stasiun ini adanya di sini???? macettttttt

EA

dukdukmonk mengatakan...

di pondok gede ada ujung aspal, dikota ada ujung rel..

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

This blog very nice, gan..

Sewa Mobil Di Surabaya mengatakan...

Nice article "Stasiun Jakarta Kota", thanks for the information. It's very complete information. I will bookmark for next reference.

JUBAIDHA IDAH mengatakan...

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih tlpon Kh. Ahmad Dana nnmr.0822"9128"6336 saya tidak akan melupakan jasa aki.

jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI












































Artikel Favorit dalam 1 minggu