Jumat, 28 Maret 2008

Stasiun Jakarta Kota

Salah satu cagar budaya yang tiap harinya ribuan manusia lalu lalang di stasiun ini. Bagaimana mungkin stasiun ini bisa sepi kecuali tiada keberangkatan kereta api wong tujuannya banyak. Dari stasiun ini anda bisa ke Bekasi, Bogor, Bandung, dll. Dahulu kugunakan untuk pergi ke Stasiun Universitas Indonesia untuk kuliah. Hihihihi.

Stasiun Jakarta Kota ini sering disebut dengan Stasiun Beos. Nama panggilan beos ini dikarenakan plesetan dari B-OS yang merupakan nama maskapai angkutan kereta api yang bernama Bataviasche Ooster Spoorweg. Ternyata tidak beda orang sekarang dan orang dahulu suka bikin singkatan.

Selidik-selidik ternyata Stasiun Jakarta Kota ini merupakan gabungan dari Batavia Zuid (Batavia Selatan) dan Batavia Noord (Batavia Utara). Batavia Zoid milik BOS yang membangun rel kereta api hingga ke Bekasi dan Batavia Noord milik NISM (Nederlandsch- Indische Spoorweg Maatschapij) yang membangun rel hingga ke Bogor. Sedangkan rel yang menuju ke Bandung ini dibangun oleh SS (Staats Spoorwegen).

Jadi BOS diambil alih oleh SS tahun 1897 dan NISM pada tahun 1913. Selanjutnya stasiun direnovasi menjadi Stasiun Jakarta Kota yang kita kenal sekarang oleh arsitek yang bernama Ghijsels dan selesai pada tahun 9 Agustus 1929. Btw peresmian yang berlansung pada tanggal 9 Oktober 1929 ada kejadian aneh yaitu penanaman kepala kerbau di dua tempat oleh Gubernur Jendral jhr.A.C.D.de Graeff. Ayo dimanakah kepala kerbau tersebut ditanam?

Sekian dulu cerita tentang Stasiun Jakarta Kota ini. Btw bagi yang ingin berbagi informasi tentang sejarah Stasiun di Kota monggo dan selamat jalan bagi yang ingin menggunakan KRL dari Stasiun ini. Enjoy, peace, and love from Zener

Related Posts by Categories



5 comments:

Anonim mengatakan...

Zen,

Emang bener kata ci maya, nulisnya agak panjangan donk bro!

yang stasiun kota itu, baru aja gue mau menghayati artikel tahu, eh belum sampe 5 menit baca, udah abis. nggak jadi deh bernostalgianya, hehe...

~~Hindra~~

andree mengatakan...

nih, komen juga kan..

Jadi inget masa2 ke kampus naek kereta...keberangkatan pertama pagi2 masih seger2 dingin, ga kaya kalo pulang dari kampus; panas n semrawut.

Emang itu bangunan beos bagus penuh sejarah apalagi kalo diliat dari arah Museum Keramik. bentuknya setengah bulat itu, khas bgt.. plus kombinasi warna yg pas. Tapi setiap kali mau ke Mangga Dua selalu muncul pertanyaan: kenapa stasiun ini adanya di sini???? macettttttt

EA

dukdukmonk mengatakan...

di pondok gede ada ujung aspal, dikota ada ujung rel..

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

This blog very nice, gan..

Sewa Mobil Di Surabaya mengatakan...

Nice article "Stasiun Jakarta Kota", thanks for the information. It's very complete information. I will bookmark for next reference.

Artikel Favorit dalam 1 minggu