Selasa, 08 Juli 2008

Harta Tahta Wanita

Ada sebuah wejangan yang berupa sindiran dari bahasa Jawa dan telah menjadi sebuah rahasia (bukan The Secret) umum di kehidupan bermasyarakat dan keluarga. Wejangan tersebut berbunyi:

Ha Na Ca Ra Ka, Da Ta Sa Wa La.
Gara-gara anak, hidup susah penuh masalah

Permasalahan yang ditunjukan pada wejangan di atas hanyalah anak. Pada kenyataan harta, tahta dan wanita juga merupakan permasalahan krusial dalam kehidupan setiap insan yang berkeluarga dan bermasyarakat, tentunya hal ini berlaku bagi kaum pria. Di sini saya coba memilah dan mencari solusi yang mungkin bisa Anda renungkan.

Anak adalah bagian dari proses kehidupan manusia Saat dewasa pun ia tetaplah anak dari seorang ibu. Dalam perjalanan seorang anak menuju dewasa, hal paling nyata adalah perkembangannya (usia dan status). Pendidikan dan lingkungan menjadi bagian dari proses tersebut. Ketika dewasa seorang anak akan berkeluarga dan diuji kemandiriannya, tetapi mengapa tetap membawa masalah bagi keluarganya? Rahasianya adalah akibat sebuah imajinasi dari kenyataan hidup sehari-hari yang salah, sehingga lupa akan makna kehidupan dan arti hidup berbudaya. Contohnya menjadi seleb (dengan cara instant), hidup borjuis, berfoya-foya, menjadi sombong, bohong, judi, memakai narkoba, dll.

Harta atau kekayaan diidentikan dengan uang yang memiliki fungsi sebagai nafkah kehidupan. Selain informasi tersebut anda haruslah mengetahui apa tujuan dalam mencari uang dan bagaimana mendapatkannya. Dalam kenyataan:
  • Uang dicari untuk makan dan hidup layak. Untuk memperolehnya haruslah rajin, pintar dan hemat, tentu dengan kedisiplinan, tanggung jawab serta moral dan etika.
  • Uang dicari demi kekayaan abadi. Untuk memperoleh kesuksesan ini dibutuhkan keberuntungan, peluang dan usaha keras dan janganlah melupakan prinsip kebersamaan dalam kemanusiaan, patriotisme dan nasionalisme. Jika tidak maka ini hanyalah impian belaka. Hanya 23.000 orang Indonesia yang memiliki cash flow 1 juta US$ (Seputar Indonesia, 26 Juni 2008) dan Bill Gates pensiun dengan hartanya sebesar 58 Miliar US$ disumbangkan kepada Bill & Miranda Gates Foundation. Ini bukti yang sangat langka tentang kekayaan abadi.
Ada pepatah kuno mengatakan, "tidak ada keluarga kaya bertahan 3 generasi." Ada sebuah rahasia tentang uang yaitu uang harus diperoleh dengan usaha(tahsil), diatur dengan kepandaian (tadbir), dan digunakan dengan kebijakan (tabur).

Tahta atau kedudukan adalah amanah yang diberikan oleh Tuhan. Amanah dijalankan dan digunakan untuk menata. Ketika berada di puncak haruslah memimpin dengan jujur, komitmen, bersih dan beriman. Ada sebuah kesalahan yang tidak disadari dan rahasia tentang tahta. Hal umum yang selalu terjadi yaitu mengkondisikan diri sebagai keturunan darah biru, di mana warisan tahtanya adalah hiraki keluarganya. Hal aneh pada zaman modern dan demokrasi masih ada benih feodal dalam benaknya. Rahasia tahta adalah ingat bahwa di mata Tuhan semua manusia sama derajat, memiliki tugas dan misi masing-masing. Tahta merupakan amanah, jadi janganlah berbuat dosa atau karma buruk karena pasti ada tumbal dan balasannya.

Wanita atau perempuan adalah pasangan hidup sejati meskipun "perkawinan" dilakukan sebanyak tiga tahap. "Perkawinan" sebanyak tiga tahap bukan berarti kawin sebanyak tiga kali. "Perkawinan" adalah tahap yang menunjukan peran wanita sebagai pasangan yaitu demi cinta, anak keturunan dan pedamping hidup. Wanita (sebagai istri) adalah kekuatan keseimbangan dinamik dalam perjalanan kebersamaan dalam kehidupan berkarya. Jangan jadikan wanita sebagai bursa cinta atau selir dalam takhta kerajaan hidup berkeluarga dan bermasyarakat anda.

Akhir kata, dalam langkah kehidupan anda:
"Janganlah menyesal di kemudian hari, cerminkan diri Anda setiap hari, jauhkan diri dari godaan di kehidupan anda. Jadikanlah diri sebagai pemimpin yang terbaik untuk diri Anda sendiri"

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi gambar: http://bumisegoro.files.wordpress.com/2007/07/semar_3493a.jpg

Related Posts by Categories



9 comments:

hendro mengatakan...

nice post makasih

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

begitu indah dunia
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
siapapun tergoda.
harta, tahta dan wanita
melenahkan jiwa.

ya ga?

Anonim mengatakan...

Free4all ketiganya kalau diarahkan secara bijak bisa menghasilkan kebahagiaan hidup

Anonim mengatakan...

review productchoose wisely

gan mengatakan...

Weight Loss keindahan dunia adalah ketiga hal tersebut

zf_1221 mengatakan...

Minyak
Angin
Aromatherapy
Mohon maaf lahir dan batiin.
Met idul fitri yach...?!
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
MINYAK ANGIN AROMATHERAPY

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

wanita banyak hartanya

Agen Grosir Xamthone Plus mengatakan...

Nasehat Jawa , memang sangat manjur :)

Agen Grosir Xamthone Plus mengatakan...

Nice Posting Bang :)

Artikel Favorit dalam 1 minggu