Senin, 11 Mei 2009

Belajar dalam Permainan (Workshop)

Belajar adalah hal yang menakutkan dan bermain adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, dalam workshop yang telah dilakukan di awal bulan Mei 2009 dicoba sebuah konsep yaitu belajar dalam permainan. Bukan hal yang baru tetapi mendapatkan respon yang luar biasa dari peserta.

Saya menyadari menjalankan konsep ini bukanlah hal yang mudah, apalagi dalam ilmu pasti seperti fisika tapi workshop itulah yang dilakukan. Mungkin sebagian orang menyamakan workshop ini sama halnya dengan praktikum umumnya. Untuk hal tersebut terserah, hal pasti dalam workshop ini perlengkapan yang digunakan didesain sedemikian rupa sehingga peserta penasaran, ingin mencoba dan kemudian memainkannya. Selain itu perlengkapan workshop ini diusahakan sesederhana dan seumum mungkin sehingga peserta lebih mudah memahami dan menyadari bahwa ilmu tidak hanya berlaku dalam kondisi khusus.

Sekedar bagi yang penasaran, apa yang diperagakan dalam workshop tersebut: gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), gerak melingkar, gaya gesek, gaya grafitasi, gaya magnet, momentum, aksi reaksi, gelombang, dll. Btw, berburu monyet yang artikelnya saya tulis dengan judul "berburu cinta monyet" juga termasuk yang diperagakan lohhh....

Respond yang luar biasa didapatkan, karena ini adalah suatu yang kreatif, unik dan terinspirasi akan pemahaman ilmu yang disampaikan. Pernyataan ini bukan saya yang mengada-ada, tapi antusias siswa-siswi yang menginginkan perlengkapan workshop ini dimiliki oleh sekolah mereka karena dirasakan manfaatnya. Respon dari guru-guru, menginginkan workshop ini diadakan di sekolah mereka dan ada yang bertanya berapa harga perlengkapan ini. Hihihi.....

Suatu yang sederhana ditambah dengan ide kreatif mungkin akan menjadi hal yang menarik. Mungkin bisa gagal atau berhasil maka cobalah untuk dibuktikan dan jangan disimpan dalam benak pikiran.


Catatan: "Workshop on Experiment in Frictionless Motion on Mechanics Using Fine Plastic Beads" ini dilakukan pada 1 Mei 2009 di Sekolah Pelita Harapan dan SMA President (Boarding School) dan 4 Mei 2009 di Universitas Negeri Jakarta. Workshop ini merupakan kerja sama antara University of FUKUI dari Jepang (Prof. Kiichiro Kagawa) dan Maju Makmur Mandiri Research Centre di Jakarta (Dr. Koo Hendrik Kurniawan FRSC, Dr. Mangasih Alion Marpaung, Dr. Marincan Pardede, Dr. Rinda Hedwig, Dr. Maria Margaretha Suliyanti, Dr. Eric Jobiliong dan Zener Sukra).

Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



85 comments:

karila mengatakan...

Wah..ahkirnya ada post baru ya bro...
Zen..mau dong kalo ada info gini lagi, aku butuh masukan untuk mengajar murid-muridku tentang fisika...
Aku pernah ikut trainingnya Yohanes Surya..and I learn a lot from there..
Kalo ada lagi yang bisa bikin aku bisa menjelaskan materi fisika dengan lebih mudah dan fun, please let me know...
Makasi

karila mengatakan...

wah pertama euy :D

Fanda mengatakan...

Nah..sdh kembali ke dunia blogger nih..Memang belajar sambil bermain bikin materi lebih cepat terserap ya, krn manusia lbh mudah mengingat suatu aksi daripada menghafal teori.
Thanks oleh-oleh postingnya..

kakve-santi mengatakan...

lama tak bersua nih.. :D

boboiz mengatakan...

belajar nie memang banyak cara bleh kita lakukan..

Wisata seo Sadau mengatakan...

"Suatu yang sederhana ditambah dengan ide kreatif mungkin akan menjadi hal yang menarik. Mungkin bisa gagal atau berhasil maka cobalah untuk dibuktikan dan jangan disimpan dalam pikiran."

I like that.... mantaaab kang barisan2 kalimat itu... keep share

aaLiL BelajarSEO

melati mengatakan...

kalo materi yang terkenal sulit disampaikan dengan cara seperti ini mungkin akan mengurangi stress pada murid2 sekolah di Indonesia...

Haizul Kurniawan mengatakan...

Waaaah..

agak telat dikit nih Mas Zen,..kmaren emang lg gk OL...


ditunggu postingan selanjutnya yach....

Nadja Tirta mengatakan...

Belajar memang tidak harus kaku dan formal, belajar dalam permainan pasti bisa lebih diterima dan diminati lagi..
Salut deh..

muchlisin mengatakan...

Inspiratif... pendekatan pembelajaran yang bagus

~uPik_@bU~ mengatakan...

tehnik belajar yg menyenangkan :)
good luck sob , terus semangat ea :)

Penny mengatakan...

inspiratif banget... top banget dah.. infonya..
thanks ya.. bro...
ternyata kita sama-sama baru "libur" ngeblog ya??

nanoq da kansas mengatakan...

dalam perilaku tradisional bangsa kita, ada semacam filosofi "BELAJAR SAMBIL BERMAIN" yang telah diterapkan oleh para penduhu kita dan terbukti sangat efektif untuk proses pencerdasan. Filosofi inlah yang kemudian melahirkan Boedi Oeatomo, Ki Hajar Dewantara, Soekarno, Hatta, Tan Malaka, Syarir, dll. Bahwa belajar bukanlah semata-mata hanya untuk membuat kita menjadi PINTAR, tetapi jauh lebih baik adalah belajar untuk membuat setiap orang menjadi CERDAS.

sayangnya, filosofi sederhana ini telah dilupakan oleh bangsa kita lewat kebijakan-kebijakan para petinggi. Lihat saja kurikulum yang berlaku sekarang di sekolah. semuanya sangat kaku, bersifat doktrin dan bahkan cenderung menjadi dogma. yang paling hancur adalah yang bernama UJIAN NASIONAL. proses pembelajaran lewat UN ini sama sekali tidak ada aspek keadilannya. Seluruh sekolah di negeri ini sekarang hanya fokus pada 4 atau 5 mata pelajaran yang masuk UN. dan hal ini telah membuat sekolah-sekolah kita berubah menjadi HANYA TEMPAT KURSUS UNTUK MENGHADAPI UN.

seramnya suasana UN juga telah menciptakan gap baru antar siswa di sekolah. hanya siswa yang punya nilai UN tinggi yang dianggap sukses. sementara siswa yang dalam pelajaran hanya biasa-biasa tetapi punya kemampuan lebih dalam bidang seni-budaya, olah raga, keterampilan dan sejenisnya, selalu menjadi nomor sekian dalam perhatian para guru dan sekolah.

jika hal ini terus berlangsung, maka saya yakin sepuluh tahun ke depan sistem pendidikan Indonesia akan menjadi sampah tak berguna di tengah pola pendidikan dunia yang kini lebih mengedepankan aspek HUMANIORA. dan negeri kita akan semakin terpuruk serta jauh dari yang bernama KEHORMATAN!

BIG SUGENG mengatakan...

Fisika adalah pelajaran yang paling nggak mudeng, sudah gitu guru nya waktu itu juga terkesan sama-sama nggak mudeng... akhirnya aku harus masuk IPS dan jadilah tukang akuntan

kreatifitas seperti itu mudah2an mempermudah siswa untuk memahami ilmu pasti menjadi lebih pasti

bang fiko mengatakan...

Sepertinya belajar sambil bermain bisa diterapkan di berbagai bidang studi. Mudah-mudahan guru-gur di Indonesia semakin kreatif untuk menerapkan filosofi belajar ini, yang akhirnya akan lebih menambah pemahaman siswa-siswi dalam belajar.
Salam Pak Sukra..

rental mobil murah mengatakan...

banyak belajar ya......

Franky mengatakan...

apa kabar semua ? kunjungi blog gw dong

ciptamedia mengatakan...

bagus bro postinganya.... gila keren

renspandy mengatakan...

ini dia yang mestinya dari dulu diterapin di sekolah..
tapi agak sulit kali yah buat pengajarnya..

daniel mengatakan...

bermain sambil belajar lebih baik daripada belajar sambil bermain...hehehhe

memang bener, belajar dengan permainan lebih cepet masuk ke otak..hihihi

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

perkenalan workshop yang bagus

Coretan Imtihan mengatakan...

kita memang harus membuat proses belajar sebagai proses yg menyenangkan, bukan membosankan

kanker mengatakan...

Fisika adalah pelajaran yang paling nggak mudeng, sudah gitu guru nya waktu itu juga terkesan sama-sama nggak mudeng

Technology Information mengatakan...

agak telat dikit nih Mas Zen,..

Business and finance mengatakan...

bermain sambil belajar lebih baik

professional indemnity insurance mengatakan...

Wah..ahkirnya ada post baru ya bro...

Business And Finance mengatakan...

kalo materi yang terkenal sulit disampaikan

Pengobatan Demam Berdarah Pada Anak mengatakan...

terimakasih infonya

Obat Tradisional Varises mengatakan...

artikelnya bagus sekali gan,, jangan lupa kunjungi balik ya

Cara Alami Mengobati Campak Pada Anak mengatakan...

makasih gan infonya sangat bermanfaat sekali,,

Pengobatan Tumor Otak Tanpa Operasi mengatakan...

Infonya cukup menarik gan, terimakasih dan sukses selalu ya

Pengobatan Kanker Endometrium mengatakan...

terimakasih gan, infonya sangat bermanfaat sekali

Cara Mengobati Kanker Pankreas mengatakan...

terimakasih gan buat infonya

Pengobatan Fistula Ani Tanpa Operasi mengatakan...

terimakasih infonya, sukses terus ya

nina aries mengatakan...

terimakasih infonya, sangat bermanfaat sekali

Obat Sakit Mata Yang Ampuh Dan Alami mengatakan...

terimakasih infonya

Obat Agar Haid mengatakan...

makasih infonya dan sukses terus ya

Cara Menghaluskan Kulit Tubuh Secara Alami mengatakan...

makasih infonya dan ditunggu ya updatean terbarunya

Cara Atasi Jerawat Secara Alami mengatakan...

terimakasih infonya gan, semoga sukses selalu

Resep Obat Sakit Pinggang Tradisional mengatakan...

artikelnya sangat bagus sekali gan, sukses terus ya buat blognya, dan kapan-kapan mampir juga dong ke blog saya ..

Cara Mencegah Penyakit Tipes Secara Alami mengatakan...

artikelnya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya

Pengobatan Tradisional Penyakit Radang Paru-Paru mengatakan...

sukses terus ya buat blognya, artikelnya sangat bermanfaat sekali http://goo.gl/qVRTJa

Upaya Pencegahan Kanker Kulit mengatakan...

Makasih infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/mAhfdw

Pengobatan Infeksi Telinga Menahun mengatakan...

semoga sukses selalu ya untuk blog nya, http://goo.gl/Vmutbr

Pengobatan Tumor Payudara Secara Alami mengatakan...

infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/ONx6Aa

Pengobatan Tradisional Penyakit Radang Paru-Paru mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat sekali, makasih gan buat infonya http://goo.gl/qVRTJa

Pengobatan Alternatif Alzheimer mengatakan...

makasih buat info-infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/sAIuts

Pengobatan Manjur Buat Ambeien Parah mengatakan...

info-infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali gan, sukses terus deh buat blog-blognya http://goo.gl/eEjtBP

Cara Penyembuhan Kanker Mulut Rahim mengatakan...

Artikel-artikelnya menarik dan sangat bermanfaat sekali gan, makasih ya sudah berbagi info, semoga sukses selalu http://goo.gl/wdXMR3

Pengobatan Kemoterapi Untuk Kanker Kolon mengatakan...

makasih buat infonya,artikelnya sangat menarik sekali, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/2MwBjn

Pengobatan Hipertensi Yang Bagus mengatakan...

artikelnya sangat menarik sekali gan, ditunggu ya updatean terbarunya http://goo.gl/n3L0GW

Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Alami mengatakan...

Infonya sangat menarik sekali gan, sukses terus ya http://goo.gl/gVJRQv

Pengobatan Alami Penyakit Parkinson mengatakan...

terimakasih buat infonya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/FoAzyA

Pengobatan Anemia Hemolitik mengatakan...

semoga sukses selalu ya, info-infonya sangat menarik dan bermanfaat sekali. Lain kali mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/9aOm21

Pengobatan Alami Hepatitis B mengatakan...

sukses selalu buat blog-blognya, kapan-kapan mampir ya ke blog saya http://goo.gl/IBKcRd

Obat Penyakit Liver Tradisional mengatakan...

Artikelnya sangat bermanfaat sekali, terimakasih gan, sukses terus ya buat artikelnya http://goo.gl/0XhyTh

Pengobatan Maag Alami Paling Ampuh mengatakan...

Semoga sukses selalu ya gan buat artikelnya http://goo.gl/vEKsI1

Pengobatan Alternatif Kanker Getah Bening mengatakan...

thank's buat infonya, semoga sukses terus ya, kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/Gj7Zhz

Cara Alami Mengobati Radang Panggul mengatakan...

makasih gan, infonya sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya, sukses terus ya. kapan-kapan mampir dong ke blog saya http://goo.gl/oTiA9y

Pengobatan Kolesterol Tinggi Alami mengatakan...

makasih untuk infonya, semoga sukses selalu ya gan, ditunggu updatean terbarunya http://goo.gl/7E0BL7

Pengobatan Tradisional Tbc Paru mengatakan...

informasinya sangat bagus dan menarik sekali gan, makasih ya semoga sukses selalu. kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/XU0jO1

Pengobatan Tipes Tradisional Paling Ampuh mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat sekali gan, sukses terus buat artikelnya http://goo.gl/3FzKFa

Pengobatan Stroke Iskemik mengatakan...

Terimakasih buat info-infonya gan, semoga sukses selalu. Kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/NNXT5J

Pengobatan Kista Endometriosis Tanpa Operasi mengatakan...

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat sekali gan, sukses terus ya buat blog-blognya http://goo.gl/4LgQj3

Obat Lemah Syahwat Tradisional mengatakan...

makasih buat infonya, artikelnya sangat menarik sekali, sukses selalu ya ! kapan-kapan mampir juga ya ke blog saya http://goo.gl/vi2UNc

Cara Alami Menghilangkan Keputihan Pada Wanita mengatakan...

sukses selalu buat artikelnya, ditunggu ya updatean terbarunya http://goo.gl/Ftlpy9

Cara Alami Mencegah Kanker Prostat mengatakan...

Terimakasih buat informasinya gan, semoga sukses terus ya buat artikelnya, dan ditunggu nih updatean terbarunya http://goo.gl/cBpRcO

Terapi Insulin Paling Ampuh mengatakan...

Info-infonya menarik sekali gan, semoga sukses selalu ya, ditunggu nih postingan terbarunya http://goo.gl/YkpwZY

Obat Ejakulasi Dini mengatakan...

makasih untuk infonya, semoga sukses selalu http://goo.gl/q24oU9

Obat Kanker Otak Paling Ampuh Dan Terbukti Manjur mengatakan...

terimakasih infonya gan, semoga sukeses selalu http://goo.gl/0JG2Oh

powerbank mengatakan...

ini baru namnya seru...ada ilmu yang bermanfaat saat bermain :D

Cara Efektif Pengobatan Glaukoma mengatakan...

nakasih banyak untuk informasinya gan, semoga sukses selalu ya http://goo.gl/zC6XzJ

Obat Syaraf Kejepit Tanpa Operasi mengatakan...

Infonya cukup menarik dan sangat bermanfaat gan, makasih ya, semoga sukses selalu http://goo.gl/peIF9c

Pengobatan Alternatif Kanker Kandung Kemih mengatakan...

Infonya cukup menarik gan, ditunggu ya updatean terbarunya http://goo.gl/FPcdnB

Obat Penurun Gula Darah Tradisional mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga bisa menambah wawasan saya, kapan-kapan mampir ke blog saya juga ya gan http://goo.gl/GlW6sx

Cara Mengobati Maag Secara Alami mengatakan...

makasih infonya, sukses selalu ya http://goo.gl/954mh4

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu