Rabu, 20 Mei 2009

Candi Cangkuang dan Sekitarnya

Candi Cangkuang adalah candi peninggalan budaya Hindu pada abad ke VIII yang terdapat di Jawa Barat. Candi yang didalamnya terdapat patung dewa Siwa keberadaannya diketahui tahun 1966 atas dasar tulisan Vorderman dalam buku Notulen Bataviaasch Genootschap pada tahun 1893.

Hanya itu informasi yang saya tahu dari Candi Cangkuang. Berikut adalah hal istimewa yang saya rasakan ketika berkunjung ke Candi Cangkuang dan sekitarnya.

Bermula dengan membaca "pintu masuk Candi Cangkuang", membuat rasa penasaran dan tak sabar muncul. Masuk dan berjuta pertanyaan muncul, dimanakah Candi Cangkuang berada, karena yang saya lihat adalah danau atau telaga. Mana dan dimana? Orang yang mengantar kami menunjuk dan berkata Candi ada di seberang danau dan kita harus menggunakan rakit (alias getek untuk bahasa bekennya) untuk mencapainya.

Tak lama kemudian, saya naik getek dan merasakan sebuah sensasi. Perasaan takjub, tapi hati terasa damai dan tenang ketika melewati danau yang dikenal dengan Situ Cangkuang. Hal ini disebabkan dalam perjalanan yang tidak biasa ini, kami dapat menikmati keindahan alam yang diberikan yaitu keberadaan danau dengan geteknya yang unik dan dikelilingi oleh beberapa gunung yaitu gunung Haruman, gunung Kaledong, gunung Mandalawangi dan gunung Guntur.

Sesampai di pulau, kejutan telah menanti yaitu makam Embah Dalem Arif Muhammad yang dari namanya dapat diterka beragama Islam berada disamping Candi Cangkuang peninggalan budaya Hindu. Mencari tahu dan penjaga Candi menginformasikan, dalam cerita rakyat Embah Dalem adalah utusan kerajaan Mataram yang ditugasi menyerang VOC di Batavia. Akan tetapi penyerangan tersebut gagal sehingga Embah Dalem yang merupakan penyebar agama ini malu dan takut untuk kembali, dan memilih berdiam di desa Cangkuang untuk menyebarkan agama Islam.

Bukti-bukti adanya penyebaran agama Islam ada di sebuah museum kecil yang berada di sekitar Candi Cangkuang dan makam Embah Dalem Arif Muhammad. Di museum, ada naskah-naskah ajaran Islam pada abad XVII dan dikatakan sebagai yang tertua (tidak tahu benar atau salah). Naskah-naskah tersebut antara lain naskah Khotbah Jum'at yang terbuat dari kulit kambing, kitab suci Al-qur'an, kitab ilmu Tauhid dan kitab ilmu Fiqih dari kulit kayu saih.

Satu lagi keistimewaan daerah ini masih ada yaitu kampung Pulo dengan rumah adatnya. Rumah yang sederhana tapi aturannya yang luar biasa. Di kampung tersebut terdapat 7 rumah yang diperuntukan kepada anak Embah Dalem yang terdiri dari 6 wanita dan 1 pria. 7 rumah tersebut yaitu 6 rumah yang berjajar berhadapan 3 sebelah kiri dan 3 sebelah kanan dan 1 mesjid (rumah anak laki-laki). Jumlah rumah tidak boleh ditambahkan dan 6 rumah yang ada tidak boleh terdiri lebih dari 6 kepala keluarga sehingga ketika ada yang menikah, anak tersebut harus keluar. Sesuai aturan rumah-rumah tersebut dimiliki oleh pihak wanita dan bukan pria. Aturan kampung lainnya antara lain tidak boleh memukul gong dan tidak boleh memelihara ternak berkaki empat. Jika mau tahu lebih lanjut, datang sendiri yah.

Itulah keistimewaan dan kejutan yang dapat ditemui. Untuk melengkapi perjalanan ini, saya coba tilik asal-usul nama Cangkuang. Hasilnya, nama berasal dari pohon cangkuang (Pandanus furtacus) yang banyak ditemui di sekitar makam dan merupakan pohon sejenis pandan yang digunakan untuk tudung, tikar dan pembungkus gula aren.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi: Munawar Zaki, "Cagar Budaya Candi Cangkuang dan Sekitarnya" Juni 2002

Related Posts by Categories



58 comments:

fillia mengatakan...

naik getek mah di ciliwung juga bisa ^^

melati mengatakan...

gambarnya bagus, tenang dan damai....

JengSri mengatakan...

keren nih photonya mas.

Btw udah tak add di link yo punya mas zen.

Andi Syahrul Syahruddin Tola mengatakan...

wahh... mank di sekitar Candi Cangkuang ada apa??? klo ada makanan panggil aku ywah???

wkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkw

Risefa mengatakan...

enak nich kayanya naik getek. dulu waktu kecil aku pernah naik getek emang enak sih naik getek kayanya gimana gituuuu.

Radill mengatakan...

it's really beautiful place

andro_simar mengatakan...

wah,, kayaknya gemar berpetualang nie,, hmmm,, :D

casual cutie mengatakan...

waaaaaaaa...pengen kesana...suasana enak, tenang, nyaman....bagus buat area meditasi

anindyarahadi mengatakan...

banyak loh candi di malang hahahaha. kamu berkunjung tanpa jejak dipostinga ah

Lala mengatakan...

Wah keknya perlu didatengin tuch Candi :)
Tapi karena blom bisa datang sendiri ke Candi Cangkuang, aku nikmati aja reportasenya disini :D

Jualan Barang mengatakan...

bagus banget za...jd pengen kesana...lamkenal kawan

Anto mengatakan...

Ntar aku kesana dirimu yang jadi guide ya.. paham bener seluk-beluknya. Posting yang apik sob...

nyoman mengatakan...

masuknya bayar ya?

peluang usaha di internet mengatakan...

dah lama ngga liat candi candi,...kangen ama tempat gituan,tenang....damai

Bima Aria Shiddiq mengatakan...

Duh...

kangen masa-masa gw di malang ke candi badut...

katanya udah hancur skarang.....

makin lama makin ga ada yg peduli ama candi T_T

btw nice info gan!

edylaw mengatakan...

wah cantik banget panoramanya.....
Jadi pengen kesana hehehehe

Salam kenal

Tukang Nggame mengatakan...

tiap lebaran saya pasti kesana, lah wong deket sama kampung ku.. hehhehehe....

aaLiL BelajarSEO

Rakhmat mengatakan...

Waah senang kalau bisa jalan2 terus nih...ke Medan kapan mas ?

kakve-santi mengatakan...

gunungnya asik kayanya.. :D

Mellyta siregar mengatakan...

I love indonesia..!
Gimana tidak,indonesia indah,punya segalanya..Mell bangga jadi orang Indonesia..!
Semua Artikelmu hebat..sobat!

apih yayan mengatakan...

nice info kang.. salam kenal ti si APih

J O N K mengatakan...

candi cangkuang gituh , adem sekali :)

budiawanhutasoit mengatakan...

gambarnya bagus..tenang banget keliatannya.
kenapa di kampung Pulo itu ngga boleh muku gong ya? alasannya apa ya?

renspandy mengatakan...

wah. gak boleh melihara ternak berkaki empat?
hmmm...
knp ya.......

Awal Sholeh mengatakan...

mirip dengan rowo jombor, di daerah klaten mas yang diperahunya. ;)

Sastrocaster mengatakan...

Bagus ya sob...sayang lum pernah kesana...nice article...

herusutomo mengatakan...

Peninggalan bersejarah kurang ada yang mempelajari tuh..

khairuddin syach mengatakan...

Makan diatas danau bersama sahabat, tentu adalah sebuah moment yang tak bisa dilupakan... *ngiler*

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

baru tau nih ada candi itu

Coretan Imtihan mengatakan...

makam penyebar islam di kawasan candi? sungguh kenyataan yang unik, sekaligus hal yg menarik untk dijadikan contoh kerukunan antar-agama

xamthone plus mengatakan...

bener banget,,, tempat itu sangat nyaman dan menarik
apalagi saat naik rakitnya haduhh jadi pengent kesana lagi

Tahitian Noni Indonesia mengatakan...

bagus banget za...jd pengen kesana.

Data Mobile Phone mengatakan...

waaaaaaaa...pengen kesana...suasana enak, tenang, nyaman....

Mobile Phone Application mengatakan...

gambarnya bagus..tenang banget keliatannya.
kenapa di kampung Pulo itu ngga boleh muku gong ya?

kanker mengatakan...

Duh...

kangen masa-masa gw di malang ke candi badut...

Technology Information mengatakan...

Makan diatas danau bersama sahabat,

Health Care Solution mengatakan...

dah lama ngga liat candi candi,...

Business And Finance mengatakan...

nice info kang.. salam kenal

professional indemnity insurance mengatakan...

thanks sob infonya... baru tau klo di indo ada candi cangkuang

Business And Finance mengatakan...

gambarnya bagus

Professional indemnity insurance mengatakan...

baru pertama ini denger nama candi itu mas

Asurion Verizon mengatakan...

bener banget,,, tempat itu sangat nyaman dan menarik

Kerwan Sebelas mengatakan...

Wooow...
its a very good post. The information provided by you is really very good and helpful for me. Keep sharing good information..
kerwansebelas
Kerwansebelas

cara mengobati darah tinggi mengatakan...

wah candi yang berada di garut ya

agusherbal mengatakan...

wadul dah lama nih ga main lagi ke candi cangkuan padal cuman berapa km di rumah ku .,.,.,., kpn yah kesana lagi

cara mengobati penyakit mengatakan...

candi nya indah yah,

PROUDWEARSIT mengatakan...

nice share...
mantap gan


PROUDWEARSIT

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, sukses terus

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu