Senin, 18 Mei 2009

Keunikan Lokasi Kawah Kamojang

26 Km dari Garut menuju lokasi Kawah Kamojang, saya membayangkan pemandangan yang akan dilihat sama indahnya dengan Kawah Putih Ciwideuy. Ternyata bukan keindahan yang saya temui melainkan keunikannya yang membuat saya tersentak kagum.

Pada awal memasuki kawasan ini, pemandangan yang tak biasa saya temui yaitu banyak pipa-pipa besar yang berujung pada beberapa bangunan. Mereka adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dikelola oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Power; dan disinilah untuk pertama kalinya, energi panas bumi dimanfaatkan (seperti yang diusulkan warga kebangsaan Belanda, JB Van Dijk pada tahun 1918) secara komersial (1983).

Memasuki lebih dalam lagi, saya menemui beberapa kawah antara lain kawah manuk, kawah kereta. Nama yang diberikan memiliki makna sendiri seperti kawah manuk yang dikarenakan beberapa lubang tersebut menghasilkan bunyi yang menyerupai suara burung manuk atau kawah kereta karena bunyinya seperti kereta (lebih mirip suara pesawat jet).

Kawah kereta adalah kawah yang paling menarik perhatian karena uap gas yang kerluar memiliki tekanan yang sangat luar biasa (2.5 bar). Disini saya bertemu dengan juru kunci yang bernama Koko. Pertama, ia meletakan botol aqua diatasnya lalu blung terpental seperti bola golf yang dipukul dengan keras-keras. Selanjutnya rokok (yang masih menyala) diletakan di atas lubang kawah tersebut. Hal menakutkan terlintas dalam pikiran yaitu meledak karena yang dimainkan adalah api, tapi yang terjadi adalah sumber gas seperti berpindah ke puntung rokoknya. Rasa tidak percaya dengan berjuta pertanyaan. Aksinya belum berakhir, Koko mengambil sebuah batang pohon kemudian mengarahkan arah gas tersebut. Ingin mencoba tapi tiada keberanian karena segalanya masih tak masuk logika.

Melanjutkan perjalanan dengan pendakian, kemudian melihat bebatuan yang disusun seperti kayu untuk api unggun. Disinilah, tempat untuk mandi sauna dengan kondisi alam terbuka yang disebut dengan kawah hujan. Koko sang juru kunci berkata mandi sauna di tempat ini dapat membantu menyembuhkan penyakit seperti stroke, jantung, influensa, kulit, rematik dan tekanan darah tinggi. Ketika melihat-lihat bebatuan tersebut, tiba-tiba uap keluar semakin besar (± 120 derajat celcius), kencang dan panas. Koko berkata sambil tertawa, saya naikan lagi yah suhu panasnya. Dalam hati berkata, alamak menyengat pedas dan panas. Keringat bercucuran kemudian uap gas mengecil dan panas berkurang. Semuanya dapat diatur dan diarahkan seperti menggunakan remote control dan dikatannya inilah magic.

Bagian belakang kawah ini tampak sebuah gua. Koko menjawab itulah pintu menuju kerajaan Demak (serasa pernah mendengar legenda ini) dan di pintu tersebut berdiri seorang kerabat dari sunan wali dengan tasbih ditangan yang sedang berdoa dan didampingi oleh seekor naga. Apakah benar jika masuk gua ini akan sampai ke kerajaan Demak? Ternyata bukan fisik tapi sukma di alam gaib. Sedangkan untuk tokoh yang berdiri, saya tak melihatnya. Dimanakah dia? Mungkin karena saya belum memiliki ilmu makrifat dan indra ke-6.

Pulang dan turun pendakian. Banyak hal mistis yang saya tak bisa jawab. Seperti halnya pernyataan Koko yang berikut, disana ada Prabu Siliwangi dan para wali songo sedang berkumpul dan berdiskusi. Sebelum pulang koko memberikan kejutan pada diriku yaitu mengambil energi sukma saya. Saya sadar tapi kosong seperti layaknya orang linglung dan inilah yang membuat saya percaya akan adanya 5 energi vitalitas yang diceritakan eyang Sukra.

Itulah berbagai keunikan yang ditemui di lokasi Kawah Kamojang yang penuh misteri tapi dapat dirasakan keberadaannya seperti PLTP dan sauna alamnya. Btw, Kamojang berasal dari kata Mojang yang berarti cantik. Jadi konon di kawasan ini ada seorang perempuan yang memiliki paras cantik dan tersohor di seluruh Tartar Sunda. Perempuan ini kadang kala menampakan hidungnya di kawasan ini. Siapakah perempuan ini?

Catatan perjalanan pada liburan Waisak pada bulan Mei 2009.
Enjoy, peace and love from Sukra.

Related Posts by Categories



54 comments:

Dana Telco mengatakan...

sepertinya layak di kunjung nih.

kakve-santi mengatakan...

lumayan buat refrensi jalan2.. :D

marcellino agatha mengatakan...

Artikel nya bagus sob...
Kapan-kapan mampir deh..kalo sempet tapi..hehehhe

Ngomong-ngomong yang punya artikel udah kesana nih...???

Terus posting dan kreasikan ide mu lewat blog.

Sukses selalu untuk mu
_________________________________________________________________________
Mampir-mampir ya ke blogku... banyak tips yang mungkin kalian butuhkan mulai dari:
1. Kesehatan 2. Tip-trik Blog 3. Komputer 4. Sellular 5. Internet 6. Chat 7. Antivirus 8. Tips-tips Umum 9. Game....
Dan masih banyak lagi yang lainnya....Jadi saya tunggu kunjungan anda....

fillia mengatakan...

wah pilihan travelingnya manteb...
sayang kamu datengnya bukan pas aku menampakkan "hidung"-ku
Ahae...^^

Haizul mengatakan...

artikel ini semakin memantapkan Sukra sebagai blog yang selalu wajib dikunjungi..... ^_^ senyum

Rinie *Park Je In* mengatakan...

wuahhh... kapan iaa aku bisa ke sana...


tapi kekorea dulu dehh. hehhe

ITCOMMUNION mengatakan...

Memang ntap...itu di daerah mu ya bro? kapan ya ITCOMMUNION bisa kesana, Lanjutkan bro postingannya, yang lebih menarik lagi....

nyoman mengatakan...

unik dan cocok untuk liburan :)

mocca_chi mengatakan...

Oh ya, semburan uap itu ga mengandung belerang, kalau pake sauna ga merusak pernapasan ya?

muchlisin mengatakan...

Kalau dilihat dari fotonya memang unik

Linda Belle mengatakan...

pertamina n indonesia power...salah satu customer saya tuh ehhee...
blom pernah sih kesana tp boss udh..
tp keknya disana panas ya zen?

C.Alv.B mengatakan...

Wah..is this one of the 'vacation place'? whatever it is..good for educational purposes..

Fanda mengatakan...

Wah asyik juga jalan2mu kali ini ya? Gimana rasanya sauna alam?

Dwi mengatakan...

jadi pengen refresing kesana nich

Penikmat Buku mengatakan...

ini tulisan to be continued kan? ditunggu ditunggu

andro_simar mengatakan...

Keren deh kayaknya tempatnya,, (*aku kapan ke sana ya ??) hehe, :D Oiya,, kamu ada award nie sob,, diambil ya.. :D

Kucing Bunted mengatakan...

kapan ya bisa ksono...??? ^__^

pingin liat aslinya nih... hee..

jk mengatakan...

wahhh...kl banyak yang mau kesana, bareng2 aza...kita rombongan yukkk...

sapa tau yang posting, mau ngebosi...

jadi kita semua gratizzzz

BimaAoP mengatakan...

Dulu waktu ke ciwidey masi kecil...

T_T

sekarang ternyata udah pake "remotecontrol"

renspandy mengatakan...

hmmm..
tempat yang menarik...
nambah wawasan tentang kekayaan alam Indonesia..
Hidup Indonesia!!
:D

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

mantap nih artikelnya

Orang Indonesia Asli mengatakan...

saya pernah liat nih tempat di acara tv wara wiri. kren dan unik tmptnya... pngen suatu saat kesana.

Coretan Imtihan mengatakan...

indonesia memang negeri yg penuh dgn anugrah, sayang blm dikelola dgn baik. Semoga pemanfaatan potensi seperti yg ada di kamojang juga bisa terjadi di daerah lain

Nikmaya John mengatakan...

Pengen ke sana,,,,,

xamthone plus mengatakan...

hmm. jadi pengen kesana......

jelly gamat mengatakan...

Wah kawah kamojang ternyata serem juga ya...
tapi mungkin keindahan alamnya begitu berkesan...

obat alami nyeri haid mengatakan...

Hmmm takut juga tuh klo banyak hal-hal mistis,,,,,

kanker payudara mengatakan...

yapz,, memang bener-bener unik kawah kamojang, tapi sayang saya belum sempet mampir kesana...

artikel kesehatan mengatakan...

unik dan indah tentunya,.

obat alami glukoma mengatakan...

wih matb bngt nie...
untuk datang kesana mengluarakn brapa gan?? atw gretongan??

obat herbal kolesterol mengatakan...

wahhh ternyata kawah kamojang memang unik ya,,,,
banyak sekali keanekaragaman yang ada disana...

agen jelly gamat jakarta mengatakan...

unik bgt tempatnya.
tapi lumaya serem tuh..
jadi penasaran pngen ke sana :)

Tahitian Noni Indonesia mengatakan...

artikel ini semakin memantapkan Sukra sebagai blog yang selalu wajib dikunjungi..... ^_^

Data Mobile Phone mengatakan...

kunjungan perdana dari ane soob

kanker mengatakan...

Oh ya, semburan uap itu ga mengandung belerang

Technology Information mengatakan...

Memang ntap...itu di daerah mu ya bro?

Business And Finance mengatakan...

jadi pngen berkunjung kesana

Health Care Solution mengatakan...

indonesia memang negeri yg penuh dgn anugrah

professional indemnity insurance mengatakan...

wah kawahnya bener" unik sob

Business And Finance mengatakan...

wah pilihan travelingnya manteb...

Asurion Verizon mengatakan...

mantap nih klo bisa berkunjung kesana...

obat kelenjar getah bening mengatakan...

wihs,,,, kawahnya serrem berasep ghitu,,,,

Dapur Resep mengatakan...

Unik dan keren tempatnya :D

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Pengobatan Alami Insomnia mengatakan...

Mantap banget nih infonya sob, update terus ya
Salam sehat & Thank's

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Obat Untuk Penyakit Kista Ginjal Herbal mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya.. menarik dan tentunya bermanfaat
thanks for sharing with us

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

Artikel yang sangat bagus gan..
terimakasih telah berbagi dengan kami, sukses terus

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu