Kamis, 27 Agustus 2009

Naga Gahara

1 hari menjelang ulang tahun Haga (hati naga) ke 21, ia pergi keliling kota untuk melihat-lihat. Tidak ada yang dipikirkan dan segalanya adalah menyenangkan hingga Haga bertemu seorang kakek tua.

Kakek tua berkata:
Hai anak muda, malam ini adalah malam ulang tahunmu bukan? Peganglah batu akik Nogosuwe ini karena batu ini adalah tiket balik dari dunia ilusi yang akan terjadi malam ini. Saya tidak berbohong dan ilusi tersebut pasti terjadi karena anda adalah keturunan Nogo Gahara, keturunan bangsawan naga.

Haga kaget dan bingung. Ketika hendak bertanya balik kakek tersebut telah hilang. Hati Haga tidak tenang dan bergegas pulang. Sesampai di rumah, Haga terus memikirkan apa yang dikatakan kakek tua dan terus berusaha agar terjaga (contoh minum kopi). Apa daya rasa kantuk tidak terelakan dan akhirnya tertidur. Dan kisah perjalanan dalam dunia ilusi terjadi.

Dimanakah ini? Tak pernah, saya (Haga) melihat kampung ini. Kampung yang mana belum ada listrik tapi telah tertata dengan rapi. Selain itu kampung ini dikelilingi oleh gunung dan kali. Dimanakah ini?

Tiba-tiba kakek tua itu datang lagi dari belakang. Inilah kampung yang ditinggali oleh Sindro Malanensis yang merupakan keturunan darah biru Niwa Meruyen yang mana cikal bakal nenek moyangmu. Kampung ini telah ada 30.000 tahun yang lalu dan dikelilingi oleh Gunung Lawu, Gunung Merapi, Kali Cemoro dan Benganwan Solo. Tapi 5.000 tahun yang lalu, kampung ini mengalami bencana alam yang dashyat yaitu gempa akibat letusan gunung berapi dan banjir pada waktu yang bersamaan hingga memporak porandakan seisi kampung ini.

Mereka melakukan pengungsian ke dua arah yaitu ke tenggara dan ke barat daya. Pengungsian ke arah tenggara dipimpin oleh Putri Wulan Dadi. Mereka mengungsi ke kawasan gunung Bromo, gunung Mahameru, sungai Brantas yang sekarang dikenal dengan penggunungan Tengger. Dalam pengungsian mereka bertemu dengan seekor singa yang bernama Prabu Singanada dan tempatnya dikenal dengan nama Probolinggo. Putri melakukan pertapaan dan tempatnya dikenal dengan dengan Purwodadi. Sedangkan rakyatnya membangun budaya wajak yang saat ini telah hilang dan menjadi sebuah misteri dalam catatan prasejarah.

Pengungsian ke arah barat daya dipimpin oleh Ratu Nanwa Buana Sima. Mereka mengungsi hingga ke kawasan gunung Dieng, gunung Slamet, kali Klawing, kali Serayu yang mana terkenal akan bumi alamnya yang indah nan subur disebutnya Bumiayu, Banyumas; laut luas dengan karang yang kokoh disebutnya Karang Anyar, Karang Ayam dan Karang Sambung. Tempat-tempat tersebut dikenal dengan pegunungan Serayu dan cekungan Banyumas.

Dalam pengungsian ke barat daya ini juga terdapat kisah bahwa di kaki gunung Slamet ini sang ratu bertemu dengan seekor raja naga yang bernama Lelono Broto. Yang mana atas kehendak dewa pelindung Barata Sangkala, keturunannya memulai memimpin sebuah masyarakat baru dan itupun menjadi tugasmu, Haga sebagai keturunannya. Disana tempat pedepokan untuk berdoa dan bersembahyang pada dewa dan leluhur nenek moyang yang disebut Purbalingga. Sedangkan tempat tinggal keturunan Ratu Nanwa dan Raja Naga disebut dengan Purwonegoro dan Banjarnegara.


Tanah tempat dirimu berdiri sekarang adalah tempat sang ratu yang mana telah menjadi lapisan bebatuan pancawarna japis ati ayam. Sedangkan disana tempat sang raja yang telah menjadi bebatuan pancawarna japis nogosuwe. Semua ini akan diwariskan kepada keturunannya termasuk dirimu sebagai simbol petuah dalam budaya kultur adat sebagai sumpah janji kepada nenek moyang dalam titahnya menjalankan tugas negara dengan tetap menjunjung tinggi moral, etika, adat budaya yang diwariskan.

Sekarang saatnya anda kembali ke dalam dunia anda. Ketuklah batu yang tadi siang kuberikan sebagai janjimu kepada nenek moyangmu dan seketika maka pintu kembali keduniamu akan terbuka. Atau dirimu akan selalu tinggal dalam dunia ini.

Maaf jika ada kesamaan nama dan tempat. Ini hanyalah cerita fiksi yang mana merupakan imajinasi dari kota Purwokerto yang mana merupakan budaya "manusia Nogora" yang hilang dan menjadi misteri sejak 3.000 tahun yang lalu.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto: http://4.bp.blogspot.com/_vsVPcLcxJ_c/Sgktf4v1DKI/AAAAAAAAAC0/UWjhMOhsoI4/S740/Dragon_and_Phoenix_by_mengqingfei.jpg

Read More......

Rabu, 19 Agustus 2009

Negeri Diatas Awan

Negeri tempat Pangjaya berada setelah menceritakan kisah "Cinta Terlarang" kapada Cantini, gadis darah biru. Negeri Diatas Awan adalah negeri yang terletak di gugus Aquila dengan suku bangsa yang bernama Rajawali dan merupakan negeri kepulauan. Negeri ini cukup dikenal karena sering kali dijadikan contoh untuk studi sistim pemerintahan. Hal ini disebabkan Negeri Diatas Awan telah memberikan bukti konkrit yaitu negeri yang aman, makmur, damai, sejahtera.

Di negeri ini, Pangjaya menjalankan tugasnya sebagai penghubung antara negeri Diatas Awan dengan desa Jayanusa. Kerjaan yang dilakukan mirip dengan kerjaan duta besar, akan tetapi desa mana yang punya duta besar. Di kesempatan yang ada, Pangjaya mempelajari sistim pemerintahan yang mana selama bertugas juga terjadi pesta rakyat yaitu pemilihan legislatif, presiden dan yang terpilih bernama Sri Brajayana yang dipercaya sebagai titisan dewa Semar dari Algieba Leo.

Sistim tata negara negeri Diatas Awan terdiri atas tiga badan yaitu badan eksekutif, legislatif dan yudikatif. Badan eksekutif dipegang oleh kepala negara presiden. Badan legislatif diisi oleh perwakilan suku bangsa di negeri tersebut (Rajawali) yang terdiri atas 3 partai. Badan yudikatif adalah dewan yang dipilih berdasarkan peraturan yang berlaku. Berbicara tentang partai, di negeri ini partai hanya ada tiga yaitu partai Nova (yang menjunjung tinggi kesetaraan), Inova (kedinamisan) dan supernova (keharmonisan).

Hal diatas mungkin hal yang umum (seperti Indonesia) tapi untuk sistim pemerintahan berikut yang perlu disimak. Sistim pemerintahan terbagi atas tiga yaitu sistim pemerintahan tingkat rendah (otonomi wilayah), sistim pemerintahan tingkat daerah (otonomi daerah terpadu) dam sistim pemerintahan pusat (pemerintahan kabinet oleh kepala negara presiden).Sistim pemerintahan tingkat rendah dimaksud bahwa pemimpin dipilih lansung oleh warga dan juga dewan perwakilan warga di wilayahnya. Sistim pemerintahan tingkat daerah dimaksudkan bahwa pemimpinnya harus memiliki unsur putra daerah, yang mana dalam pencalonan dirinya yang juga merupakan sebagai dewan perwakilan rakyat berdasarkan keputusan partai dan kebijakan pemerintahan pusat. Sistem pemerintahan pusat dimaksudkan bahwa presiden dipilih dari 3 kandidat yang diusung oleh masing-masing partai, dan dewan legislatif anggota partai yang duduk dalam pemerintahan dipilih lansung oleh rakyat.

Setelah pelantikan Presiden, dipilih 6 tokoh yang bertugas sebagai penasehat negara di bidangnya masing-masing. Ke-6 bidang tersebut yaitu bidang politik globalisasi, ekonomi kesejahteraan, sosial kebersamaan, pendidikan dan etika moral, kesehatan dan teknologi.

Jadi apa yang dilakukan oleh Pangjaya? Merenung dan menggambar sketsa negara yang kemudian dijadikan tolak ukur dalam rencana desain sistim negara kedepan. Karena dialah penerus yang akan menjadi penasehat dan pembimbing dalam membangun desa Jayanusa, dekat kawasan Bintang Bermuda.

Maaf jika ada kesamaan nama dan tempat.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f3/Airlangga.jpg

Read More......

Sabtu, 15 Agustus 2009

Penantian Cantini dan Estetika

Lebih kurang 1 tahun untuk hari yang dinantikan (pertemuan dalam kisah "Cinta terlarang"). Apa yang harus saya (Cantini, gadis darah biru) lakukan?


Duduk di depan sebuah cermin dan melihat wajah manusia yang sedang menunggu. Ketika kesadaran mulai pudar, tiba-tibu muncul bayang-bayang ilusi: gadis cantik yang mengalami penuaan karena terus berlari dari kenyataan (hanya menunggu). Tubuh (jiwa dan raga) semakin tidak berdaya dan menyadari manusia sangatlah terbatas dan tidak abadi.

Cantini sadar akan apa yang harus diperbuat, mulai mengisi waktu luangnya dengan berbagai kegiatan. Seperti menyalurkan bakat seninya, membantu orang yang membutuhkan atau menjelajah dunia luar untuk mengenal lebih jauh berbagai kebudayaan.

Bicara membantu orang, Cantini pernah diminta bantuan oleh Rajamosa untuk mendata, menyusun dan merapikan buku di perpustakaan pribadinya. Hal ini diingat karena pada malam kejadian tersebut, sinar bulan purnama di bulan September yang menyinari sebuah buku tua dan kusam yang berjudul "Rahasia Estetika Saraswati". Buku yang sangat aneh karena hanya bisa dibuka di bulan purnama dan dibaca (tulisannya muncul) di bulan september. Jadi jangan tutup buku ini ketika hendak membacanya.

Karena penasaran, atas seizin Rajamosa dibuka dan dibaca buku tersebut. Saraswati (sang penulis) menyadarkan bahwa estetika terbagi atas tiga kriteria sumber yaitu kesejatian, kebajikan dan keindahan. Ketiga hal tersebut menjelaskan tentang naluri dalam pengetahuan, karakter dalam moral, dan emosi dalam ekspresi. Yang bermula dari kodrat evolusioner, etika etnologis (mitologis dan teologis), karakter kosmologis, emosi ekspresionistik (seni), makna kulturalis (budaya), hasrat sosialogis (kehidupan), dan berakhir pada pemahaman jiwa estetis (keabadian) dalam tahap perkembangannya.

Maksudnya estetika terserap dan berada di dalam ilmu antropologi, sosiologi, psikologi, seni rupa dan analisa ekspresi, juga analisa estetika itu sendiri. Estetika ditunjukan dalam seni musik, lukis, tari, sastra, dsb. Sehingga dapat dikatakan bahwa estetika ada dalam kehidupan alam, sosial dan tubuh jiwa manusia itu sendiri yang tercipta karena adanya hasrat naluri, pandangan ekspresi, pemahaman metris, metologi ilmu. Dan semua ini tercermin dalam kesejatian, corak ragam, dan kehidupan lingkungan berbudaya.

Apakah cinta merupakan sebuah seni estetika? Apakah penantian untuk sebuah cinta adalah sesuatu yang berharga? Cinta muncul dari sebuah hasrat naluri yang mengatas namakan kesejatian, kebajikan dan keindahan dan hancur ketika ada titik noda. Sehingga tidak ada lagi yang namanya estetika keabadian dalam kehidupan ini.

Penantian Cantini dalam cinta, apakah merupakan suatu suratan dalam kepastian? Inilah sebuah tanda tanya besar, yang semuanya terangkum dalam kata takdir, lingkungan, naluri, prasejarah, keabadian, dan memori yang terdapat dalam kromosom 4, 6, 7, 13, 14, 16. Sebuah misteri yang tidak dapat saya jawab tapi andalah yang merupakan peneliti biogenetik.

Maaf jika ada kesamaan nama atau tempat.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto:
http://images.exoticindiaart.com/oils/goddess_saraswati_in_a_swan_sari_or01.jpg

Read More......

Kamis, 06 Agustus 2009

Cinta Terlarang

Rajamosa mengadakan sebuah syukuran kecil-kecilan. Disanalah awal pertemuan antara Pangjaya dan si gadis darah biru, Cantini. Mungkin pada saat itu belum ada yang namanya cinta tapi disanalah benih cinta ditebarkan. Kenalan, ngobrol, tukeran nomor telepon dan alamat e-mail meskipun malu-malu tapi itulah yang terjadi.

Komunikasi diantara kedua insan berjalan terus. Setiap hari yang dilewati, membuat mereka lebih mengenal dan mengagumi pasanganannya. Salah satu bukti yaitu sepucuk surat yang terselip di sebuah buku milik Pangjaya. Isinya:

Cantini dirimu begitu cantik dan mempesona. Tidak hanya secara fisik, tapi secara keseluruhan. Keramahanmu dan senyum manismu membuat diriku ingin mengenal dirimu lebih jauh lagi. Dan jika dirimu tahu, jantungku berdebar kencang ketika dirimu melakukan berbagai aktifitas. Seperti membatik atau menenun dari bulu unggas, memasak makanan dengan citarasa istimewa, mengekspresikan jiwa seni dalam melukis dan bernyanyi. Hal yang membuatku tak bisa berhenti memikirkanmu ketika dirimu mengajar, mendidik anak-anak.

Cinta, cinta memang sulit untuk dimengerti.

Dalam perjalanan cinta mereka, terjadi berbagai hal baik suka maupun duka. Sebuah kejadian yang mungkin umum terjadi, tapi inilah yang mengubah semua cerita cinta mereka. Pangjaya terkena demam berdarah dan mengharuskan melakukan pengambilan darah untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Memang tidak sampai perlu infus darah tapi informasi yang disampaikan dokterlah yang sangat mengejutkan yaitu golongan darah Pangjaya, AB negatif. Sebuah darah yang sangat jarang dan sangatlah aneh ini bisa terjadi karena kedua orang tuanya bergolongan darah O.

Setelah sembuh, Pangjaya bertanya apa yang terjadi dengan dirinya. Dan bagaimana itu semua bisa terjadi. Ayah Pangjaya akhirnya membuka rahasia ini. Pangjaya bukanlah anak kandungnya, melainkan anak dari sahabat karibnya yang telah meninggal dalam penelitian ketika Pangjaya masih kecil. Diceritakannya bahwa kedua orang tua Pangjaya adalah peneliti yang melakukan penelitian terhadap DNA manusia. Penelitian yang juga pernah dilakukan oleh Joe Hin Tjio (Indonesia), dan Albert Levan (Swedia) pada tahun 1955 yang berhasil mengungkapkan kebenaran bahwa manusia memiliki 23 pasang kromosom keturunan. Dan ini ada sebuah buku yang menggambarkan apa yang dikerjakan ayahmu "Genom" karangan Matt Ridley penerbit gramedia, 2005.

Tunggu sebentar, saya (ayah Pangjaya) cari sebuah surat dulu. Ini surat yang dititipkan orang tuamu dan dikatakannya untuk diberikan ketika dirimu ingin mengetahui siapa dirimu sebenarnya. Berikut adalah penggalan dari isi surat ayah kandung Pangjaya:

Pangjaya, dirimu adalah anak ke-3 dan satu-satunya anak kami yang dapat bertahan hidup yang mana kakak pertama dan keduamu meninggal ketika dilahirkan. Dan ketika dirimu lahir, pada saat yang bersamaan ibumu meninggal. Itulah sebuah kenyataan yang harus saya dan dirimu hadapi. Oleh sebab itu saya berjanji untuk anak-anak di dunia sehingga saya harus kembali ke dalam laboratorium untuk memecahkan rahasia DNA ini.

Dirimu terlahir tidaklah sempurna tapi saya percaya dalam ketidak sempurnaan ini dirimu dapat memberikan yang terbaik untuk bumi dan manusia. Dalam dirimu ada perbedaan dengan orang lain secara umum adalah kromosom 6, 9, 11, 15, 16 dan 21. Kromosom 6 dengan kecerdasan IQ 180, kromosom 9 dengan golongan darah AB negatif. Kromosom 11 dengan kepribadian sederhana dan pengabdi. Kromosom 15 dengan semar sindrom. Kromosom 16 dengan memori unsur waktu dan ruang. Kromosom 21 dengan struktur organ jantung di kanan dan hati di kiri. Jadi dirimu adalah manusia langka yang mana merupakan satu per 22 juta kemungkinan. Hal sedih yang harus sampaikan bahwa dengan kondisi yang ada, dirimu dilarang untuk beristri, dan pekerjaan yang cocok adalah sebagai penasehat atau dosen ilmu pengetahuan.

Perasaan sakit yang dirasakan Pangjaya ketika membaca surat tersebut. Tapi itulah kenyataan dan manusia tidak dapat menghindar. Meskipun tak tahu bagaimana, ia harus memberitahu Cantini akan kabar buruk ini. Akhirnya Pangjaya mengajaknya bertemu di belakang bukit yang mana dari sana bisa melihat keindahan desa Jayanusa, kawasan Bintang bermuda dan bintang yang berkelap kelip di langit malam.

Bertemu di balik bukit dengan hari yang telah ditentukan (tanggal 7 bulan 7 penanggalan lunar). Pangjaya menceritakan semuanya kepada Cantini. Apa daya cinta mereka sangatlah dalam tapi pada kenyataan mereka tidak boleh ada namanya hubungan cinta. Untuk sebab itu di bawah sinar bintang Alshain, Altair, Tarazed dari rasi Aquila dan bintang Vega (rasi Lyra); mereka berjanji hanya ketemu muka ketika di hari yang telah ditentukan oleh langit. Bagiamanakah kelanjutnya? itu masih sebuah misteri karena hanya merekalah yang tahu.


Catatan: Bintang Altair (rasi Aquila), bintang Vega (rasi Lyra) dan bintang Deneb (rasi Cygnus) diberi julukan "The Summer Triangle" dan rasi Cygnus sendiri disebut bintang Salib Utara.

ini hanaylah sebuah cerita fiksi. Jadi mohon maaf jika ada kesamaan nama atau tempat.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi gambar: Ridpath, Ian "Star and Planets", A Dorling Kindersley Book, London, 2002

Read More......

Sabtu, 01 Agustus 2009

Misteri Anak ke-3

Ini bukan cerita setan tapi sebuah kenyataan. Terlebih bila anda menikahi gadis darah biru. Pada anak ketiga akan terjadi suatu hal yang sangat berbeda dibandingkan anak pertama dan kedua.

Pangjaya, pemuda yang pandai dan bijak, menganggap misteri anak ke-3 hanyalah sebuah tahayul. Sebuah cerita untuk menakuti masyarakat dan menjalankan program keluarga berencana (KB). Sama halnya dengan cerita gadis darah biru dilarang hamil pranikah atau aborsi karena akan kena ganjaran atau berbagai musibah dalam kehidupannya. Apa daya, lambat laun
misteri anak ke-3 ini menjadi pikiran Pangjaya juga, bahkan hingga dibawa mimpi. Hal yang muncul karena keinginan Pangjaya untuk membina keluarga dengan pasangannya.

Ragu-ragu untuk bertanya. Tidak bertanya sesat di jalan, bertanya hal bodoh malu-maluin. Pangjaya akhirnya memberanikan diri dan bertanya kepada Rajamosa akan cerita sebenarnya dari misteri anak ke-3 dan penangkalnya.

Rajamosa menjawab:
Mengapa dirimu begitu ragu? Jika anda yakin dan kesehatan kalian mendukung akan sebuah hubungan keluarga, kenapa tidak diteruskan? Dan mengapa anda berpikir untuk mendapatkan anak ke 3? Di dalam era globalisasi ini mengurus 2 anak saja susah lohh....

Baiklah, jika anda memaksa. Anak ke-3, sebenarnya sama saja dengan anak pertama atau kedua. Tapi seringkali hal berbeda muncul seperti anak super jenius dan hebat yang persentasinya kurang dari 0.1%. Sedangkan persentasi yang lebih besar adalah fisik lemah, psikologi, emosi yang labil dan pola pikir yang aneh. Sehingga diperlukan ayah angkat atau ayah asuh.

Contoh kasus untuk misteri anak ke-3: Dalam mempersatukan dua buah keluarga, yang sebenarnya tidak penting apalagi di era globalisasi ini, pihak wanita (anak ketiga) menikah dengan pria yang lebih rendah statusnya atau pihak pria (anak ketiga) menikah dengan wanita yang statusnya lebih tingi.

Kejangalan-kejangalan lain masih banyak yang mungkin saja muncul pada saat dewasa atau pada keturunannya. Tapi pada saat ini (zaman edan) anak pertama, kedua atau ketiga sama saja yaitu tidak ada yang beres maka berhati-hatilah dalam mencari pasangan hidup.

Janganlah takut, dipercayai sejak nenek moyang bahwa bersatunya batu jasper dengan batu akik dapat membantu atau menangkal hal-hal yang tidak baik dari anak keturunannya. Tapi cara memperolehnya sangatlah sulit karena berada di kawasan Bintang Bermuda yang terkenal menakutkan. Ada 5 warna batuan jasper (jaspis) pancawarna dan akik kristal (kinyang) yang harus diambil dan letaknya akan saya (Rajamosa) sebut dari sebelah utara dan searah jarum jam:

  • Merah: Jasper hati ayam dan akik hati darah
  • Hijau: Jasper nogo suwe dan akik garut bacan
  • Hitam: Jasper sisik ular dan akik yaman aren
  • Kuning: Jasper harimau kencana dan akik cempaka madu
  • Putih: Jasper gading mutiara dan akik kecebung cendana
Dalam buku Moyang Rajamosa dikatakan bahwa benda-benda seperti jasper berada di dalam gua dan batu akik berada di tubuh binatang penjaga goa tersebut. Dan satu hal lagi harus diambil pada jam-jam tertentu. Sebagai contoh untuk akik hati darah berada di hati anak ayam penjaga dan harus diambil ketika matahari terbit.

Catatan: Jasper nogo suwe disebut juga dengan bloodstone, heliotrope, Gu Long Bi Xue Yu atau Lesang Du Chirst.

Percaya pada dirimu dan melangkah pada jalan yang benar. Setiap keputusan berada di pihak anda yang memutuskan. Jika anda ragu atau percaya akan mitos tersebut maka jangan lakukan.

Pangjaya pulang dan merenung akan cerita dan nasihat Rajamosa. Misteri anak ketiga hanyalah sebuah tahayul agar masyarakat melakukan Keluarga Berencana dan tidak ada kaitannya dengan darah biru.


Maaf jika ada nama, tempat yang sama. Ini hanyalah sebuah cerita fiksi.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto: http://www.primaironline.com/images_content/20090629KB.jpg

Read More......

Artikel Favorit dalam 1 minggu