Minggu, 01 Februari 2009

Langit Menangis

Di suatu hari yang dingin, saya duduk di samping jendela dan melihat keluar ternyata langit sedang menangis. Tanpa disadari melihat langit menangis, saya berkhayal melihat seorang anak laki-laki yang nakal berlari ke ibunya dan berkata, "Bu, mengapa langit menangis?" Ibu menjawab, "Langit menangis karena sedih melihat kamu berbuat nakal."

Mungkin ini adalah hal yang biasa terjadi, tapi jika dihitung berapa banyak jawaban tidak benar yang telah diberikan kepada anak kecil yang polos. Tak percaya, saya berikan contoh lain: Mengapa langit berwarna biru? Karena malaikat sedang senang melihat anak-anak bergembira dan rajin sehingga mencatnya dengan warna biru. Ketika hari menjelang sore, anak bertanya lagi. Mengapa langit mulai tampak kemerahan? Karena malaikat marah melihat anak-anak nakal dan bajunya kotor yang berarti harus segera pulang karena ayah dan ibu sedang menunggu di rumah. Hal ini masih ada unsur mendidik, yang ekstrim adalah: Mengapa langit berwarna biru? Karena malaikat sedang suka akan warna biru sehingga mencatnya dengan warna tersebut. Sedangkan, jawaban ketika langit kemerahan: karena cat birunya telah habis. Jangan tertawa tapi ini yang terjadi.

Bagi yang tidak tahu jawaban akan hujan, berikut sedikit penjelasannya:

Hujan adalah ribuan tetes air yang turun dari awan di langit karena adanya sebuah proses. Dimulai dari air yang menguap dan berkumpul di atmosfer yang mana diimajinasikan sebagai tempat penampungan karena dapat menahan sejumlah uap air. Penampungan tentu ada batasnya sehingga pada saat mencapai titik jenuh akibat udara yang dingin, uap air akan mengalami perubahan bentuk dari gas menjadi titik-titik air yang mana pada saat bersamaan dikelilingi oleh partikel padat yang sangat kecil atau partikel yang bermuatan listrik sehingga membentuk titik air dan es yang mana dikatakan sebagai awan. titik air dan es yang ringan dapat melayang di udara, tapi yang berat akan jatuh ke bumi. Titik-titik yang jatuh ada yang menguap dan ada pula yang berbenturan antara satu dengan yang lain sehingga menjadi lebih besar dan lebih berat sehingga jatuh lebih cepat dan membentuk tetesan air yang sempurna yang dikenal dengan hujan.


Kembali ke khayalan saya. Saya melihat banyak orang dengan wajah sedih ketika langit menangis, karena bagi mereka berarti bersiap untuk banjir. Dalam hati berkata jangan salahkan alam tapi salahkan diri manusia yang telah menebang dan merusak hutan tersebut karena perusakan yang mereka lakukan mengakibatkan menurunnya daya serap tanah dan kemampuan untuk menampung dan menahan air. Jangan salahkan mereka sepenuhnya, karena kalian juga salah yaitu hanya bisa berteriak dan menunggu tanpa melakukan apapun juga, bahkan ikut merusak alam dengan membuang sampah sembarangan.

Di sisi lain, ternyata ada juga yang berwajah senang ketika melihat hujan. Mungkin dikarenakan udara yang dingin, dan merdunya rintikan suara hujan yang menyebabkan hati terasa damai dan merupakan waktu yang cocok untuk merenung dan mencari inspirasi atau karena setelah hujan akan muncul sebuah pelangi yang indah.

Puisi untuk langit yang sedang menangis:

Langit Menangis
melihat bumi dipenuhi manusia bodoh
menjawab tanpa berpikir
merusak tanpa memperbaiki
berharap dan berdoa
pelangi tersenyum
membawa harapan

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://sofianblue.files.wordpress.com/2008/03/hujan-by-arif-nug.gif

Related Posts by Categories



61 comments:

Erik mengatakan...

Memang demikianlah, masing masing insan mempunyai kesenangan sendiri terhadap ciptaan-Nya, asal jangan sampai mengumpat karena tidak menyukai sesuatu.

Dunia SPG mengatakan...

Saya sendiri termasuk yang senang kalau langit menangis.. :)
walaupun kadang jadi bikinacara terganggu, karena jadi susah kalo mau pergi-pergi keluar... :D

YST mengatakan...

Manusia diciptakan dengan segala kebebasan menilai sesuatu, terkadang dia binasa karena kebebasannya. Nice post...

andri mengatakan...

so dramatic boss kalau boleh saya usul dalam penuisan hendaknya paragraf tidak terlalu panjang , kayanya lebih menarik tuh

h[i]k[A]R[i]© ☂[x]O[x]O☂ mengatakan...

lor, ini upanya yg mksdnya langit menangis.. ;)

mrblankx mengatakan...

langit menangis sangat membantu buat para petani...
salam kenal yach bro... :D

blogamator mengatakan...

Jangan manusia, langitpun bisa ikut menangis saat tersakiti. Yuks kita sama-sama membahagiakan langit dengan tidak mengotorinya, melubanginya. Marilah kita jaga langit kita agar tetap bersih dan nyaman untuk dihirup udaranya, agar langit bergembira dan senantiasa melindungi kita dari radiasi matahari. Peace Love dari Blogamator

Mish Hawtchocolate mengatakan...

=)
i love raining.

Atca mengatakan...

suka langit menangis, meliahat titik air turun dari langit, yang aku ngga suka jika nangisnya berkepanjangan..ngga brenti2 sampe bikin banjir..
*suka liat gambarnya....keren..*

mocca_chi mengatakan...

oala, ternyata ini maksud pertanyaannya wkwkwkwkw

nyah,saya suka hujan, tapi ga suka ujan2an. ntar kek kodok lagi :P

The Dexter mengatakan...

Menangis?? Menangislah...Lagu iwan fals dong..
Salam

Linda Belle mengatakan...

morniingg....
aku suka mendgrkan hujan...walopun dikatakan langit sdg menangis...emang sih kesannya kalo hujan itu muram ya...tp gak tau knapa...suka aj dgrnya...

Andi mengatakan...

langit menagis tanda adanya kehidupan.. andai tiada tangisan maka apa yang akan terjadi.? begitu lah hidup ada tawa dan tangis.. saling menyeimbangkan.. ^_^

Dhe mengatakan...

gitu yah!!!

daku sangat suka ketika langit menangis.. meski banyak manusia yang mengeluh.. namun bagiku.. tu suatu anugrah & nikmat

luzman mengatakan...

ada yg senang dan sedih ketika langit menangis

cahayaqaseh mengatakan...

ada yang gembira dan ada yang sedih ketika melihat langit menangis. Bila hati kita bersedih, kadangkala kita terasa bahawa langit turut sama-sama menangis dengan kita.

ayuzuricha mengatakan...

kadang langit menangis artinya kemakmuran bagi orang-orang di afrika sana, kadang juga sangat membahayakan seperti terjadi di bengawan solo sekarang :(

Johanas mengatakan...

weleh....

langit nagis karena aku nakal?

Maapin ya...

KOk malah ke om zener ,hehehehe

' Li ' mengatakan...

inget aq kecil hehehehe...
aq paling suka hujan...sampai skrg..
apalg kl sampe ada gelednya hihihi..

yulia mengatakan...

nice post,
bingung maw comment apa,kehabisan kata2 nih ^^

Laisya mengatakan...

hehehe...kirain langit menangis tuh ngebahas "hujan" karena sekarang musim hujan, ternyata lebih dalem boo... :D
Salut...

vidadarisakura mengatakan...

nice.

hee

voldevis mengatakan...

hmm.. yg mengubah suasana langit dan menentukan hujan bukan karena malaikat dan manusia.. tetapi hanya pencipta yang menentukan smuanya..

Hehe piss ah..

Ide Gokil mengatakan...

manusia ntu terkadang aneh, dikasih ujan minta terang, dikasih terang minta ujan. sepatutnya apapun yang kita terima patut tuk disyukuri.

hujan or langit menangis, memang dapat melahirkan 2 katagori pendapat, ada yg jengkel namun ada juga yg seneng, tergantung keadaan,suasana hati, dan mindset orang tsb.

Oya! ada posting baru diblogku tentang KDRT

masakan kita mengatakan...

link sdh dipasang...makaci yach

Dyana mengatakan...

haii....salam kenal....

Wong Magelang mengatakan...

sekarang sy jg gak suka ujan..
banjir sihh..

Rakhmat mengatakan...

Yah begitulah hidup ini... banyak pelajaran yang bisa diambil :)

dedi mengatakan...

jika kesedihan adalah HUJAN dan kesenangan adalah MENTARI, kamu butuh keduanya untuk melihat PELANGI...
(kata ustad yusuf mansyur).....

btw fotonya keren bro...

KURNIA PRATIWI mengatakan...

Hujan itu rahmat..
nia suka hujan soale jadi ga usah nyiram tanaman lagi deh..

boykesn mengatakan...

Jika hujan saja....tidaklah mengapa, sebab udara menjadi segar, dingin. Tapi jika akibat hujan menjadi bencana....hmmm...berarti ada yang salah dari ulah manusia.

Fanda mengatakan...

Wah, renungannya mendalam banget. Memang manusia tak dapat dipisahkan dari alam. Toh keduanya sama2 ciptaan Tuhan. Jadi, harusnya kita juga bersahabat dengan alam.

Miss Anna mengatakan...

beda beda cara manusia mengagumi ciptaan sang Khalik. Namun smua ciptaan tidak ada yang tidak berguna, smua diciptakan untuk kesejahteraan manusia

Tips Kecantikan mengatakan...

Hujan adalah anugerah dan pelangi adalah keindahan yang menyertai hujan

ifa mengatakan...

...dan langit pun semakin sering menangis :))

tukang Nggunem mengatakan...

Pertanyaan anak kecil yang usil : "kenapa sih hujan beraninya datang keroyokan??", hahahaha..

Makasih bung udah mampir..salam hangat selalu

Lala mengatakan...

Suka juga sama langit yg menangis, apalagi ditemani semangkok bakso hangat, slurrrp...nyum...nyum...nyum

Lyla mengatakan...

kalo langit menagis ya hujan namanya hehehe...becanda...

www.sampara.com mengatakan...

Wah kalo langit menangis hujan dong

www.sampara.com

renspandy mengatakan...

Wah.. kalo gitu, belakangan ini di daerah saya, langitnya lagi cengeng.. Hujan terus seharian.. Hehe..
Segala sesuatu emang punya 2 sisi yg berbeda, bahkan untuk sesuatu yg penting sekalipun..

BlaGaBloGer mengatakan...

Yah,,,, emang banyk orang tua yang gak bisa jawab pertanyaan anak-anaknya yang simple tp kadang sulit menjawabnya....
heheheh

dwinacute mengatakan...

langit menangis...hmmm tiap tetes air matanya adalah lambang cintanya pada sang bumi dan sekalian makhluk yang hidup di dalamnya

chacha mengatakan...

kadang-kadang orang bilang begitu karena sulit untuk menerjemahkannya ke kata anak-anak. jadi mereka menggunakan penjelasan simple yang sebenarnya salah. seperti darimana datangnya bayi? burung bangau membawanya dari surga... =D

melati mengatakan...

aku suka hujan... terutama kalo lagi sedih.... sambil nangis...pura-puranya kehujanan... itu sih cerita waktu kecil dulu...

Joo Izzy mengatakan...

keknya kalo aku seneng aja tuw.. kalo langit menangis.. huewhewhew..
sualnya bawaannya ngantuk trus tidur dengan pulas.... Zzzzzz....sssst...
Tentang berbo'ong_na... mm.. itu.... pendapat masing" ajah.. penjelasan ilmiah juga bagus.. tidak juga.. kek nya gag papa sapa tau dari penjelasan yang nyeleneh lahir sair yang indah...

Joo Izzy mengatakan...

keknya kalo aku seneng aja tuw.. kalo langit menangis.. huewhewhew..
sualnya bawaannya ngantuk trus tidur dengan pulas.... Zzzzzz....sssst...
Tentang berbo'ong_na... mm.. itu.... pendapat masing" ajah.. penjelasan ilmiah juga bagus.. kalo gag bisa juga.. kek nya gag papa sapa tau dari penjelasan yang nyeleneh lahir sair yang indah...

sEnGaLyA mengatakan...

langit menangis e2 sgt indah untk dihayati :) kekadang, sy pn turut menangis melihat langit menitiskan air mate nye...krna itulah tanda keagunganNYA...m'curahkan rahmat kpd hamba2NYA...

tyas mengatakan...

kalo gitu aku juga sama kaya langit dong.. kalo rasa kesel dihati sudah diambang batas penuh, sedikit hal aja, apalagi kalo bermuatan 'listrik' bisa menciptakan titik2 air di mata....

hueheheee... itu sih cengeeeng....

hendro mengatakan...

ya lebih baik bukan kita yang menangis, kita harus tertawa dan tersenyum

agen xamthone plus tangerang mengatakan...

saya suka kalau langit udah menangis,,,
tapi kalau menangisnya terus''n
huuuh ribet juga
hehhe

agen xamthone plus tangerang mengatakan...

saya suka kalau langit udah menangis,,,
tapi kalau menangisnya terus''n
huuuh ribet juga
hehhe

Agen jelly gamat surabaya mengatakan...

jadi sedihhh..


hiks hiks hiks

Agen jelly gamat jakarta mengatakan...

lngit juga bsa nangis ya...


hehehe

Agen xamthone plus bontang mengatakan...

klau terlalu sring mnangis bisa banjir ...

Agen xamthone plus bontang mengatakan...

nice artikel!

obat herbal mengatakan...

bagus sekali nih artikel..kayak akan pengetahuannya...dan pusinya sedikit tapi bermakna...

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Artikel Favorit dalam 1 minggu