Rabu, 25 Februari 2009

Tokoh Presiden (Ani 2)

Untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan cermin yang bermakna belajar dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain. Dalam catatan Anita Srikandi sebagai mahasiswi sosial politik, Indonesia sebagai negara pembelajaran demokrasi haruslah bercermin dari proses yang selama ini telah dilakukan dan belajar pula dari negara super maju yang menganut sistem demokrasi yaitu Amerika Serikat.

Dalam artikel ini mencoba melihat perjalanan demokrasi Amerika Serikat dengan tokoh-tokoh presidennya yang pernah terpilih dan sedikit informasi peristiwa penting yang tercatat:

  • George Washington (22 Februari 1732- 14 Desember 1799), Presiden US pertama periode 1789-1797. Ia adalah bapak negara Amerika dan menolak untuk menjadi presiden ke tiga kalinya.
  • John Adams (30 Oktober 1735- 4 Juli 1826), Presiden US ke 2 periode 1797-1801. Sebagian buku menulis kelahirannya adalah 19 Oktober 1735 yang mana disebabkan karena penggunaan penanggalan kalender Julian.
  • John Quincy Adams (11 Juli 1767- 23 Februari 1826), Presiden US ke 6 periode 1825-1829 dan merupakan anak dari John Adam.
  • William Henry Harrison (9 Februari 1773- 4 April 1841), Presiden US ke 9 periode 1841 yang mana meninggal pada hari ke 32 di kantornya yaitu 4 April 1841. Harrison ini menjadi presiden pertama yang meninggal ada masa jabatannya.
  • Abraham Lincoln (12 Februari 1809-15 April 1865), Presiden US ke 16 periode 1861-1865 yang menyelesaikan perang konflik dalam negeri bagian negara Utara dan Selatan; dan juga merupakan presiden pertama yang tewas dalam tragedi pembunuhan.
  • Benjamin Harrison (20 Agustus 1833- 13 Maret 1901), Presiden US ke 23 periode 1889-1893 dan merupakan cucu dari Willian Henry Harrison. Ketika ia menjabat presiden, istrinya meninggal dan menjadikan ibu negara pertama yang wafat ketika suaminya menjabat presiden.
  • Theodeore Roosevelt (29 Oktober 1856- 6 Januari 1919), Presiden US ke 26 periode 1901-1909. Ia adalah pejabat presiden US termuda (42 tahun) - dari wakil presiden menggantikan presiden William Mckinley yang tewas terbunuh. Roosevelt juga merupakan presiden pertama yang meraih hadiah nobel untuk kategori perdamaian pada tahun 1906.
  • Franklin D. Roosevelt (30 Januari 1882- 12 April 1945), Presiden US ke 32 periode 1933-1945. Franklin merupakan keponakan dari Theodeore Roosevelt, selain itu hal yang menarik dari dirinya antara lain presiden terlama karena terpilih sebanyak 4 kali (karena dalam keadaan darurat perang), presiden yang memiliki cacat fisik pada kaki, presiden yang mengatasi masa krisis ekonomi dan krisis Perang Dunia II dan menemukan jati diri Amerika dan salah satu pencetus PBB dan meninggal pada masa jabatannya.
  • John F. Kennedy (29 Mei 1917- 22 November 1963), Presiden US ke 35 periode 1961-1963 dan merupakan presiden yang termuda tapi sayang ia meninggal dalam pembunuhan.
  • Richard Nixon (9 Januari 1913 - 22 April 1997), Presiden US ke 37 periode 1969-1974. Richard adalah presiden pertama yang melakukan hubungan diplomat dengan RRT dan juga merupakan presiden yang berani melakukan pengunduran diri karena kasus "Water Gate" sebelum masa jabatannya selesai.
  • Ronald Reagan (6 Februari 1911 - 5 Juni 2004), Presiden US ke 40 periode 1981-1989. Ronald adalah presiden US yang berlatar belakang aktor yang mana ibu negaranya juga merupakan seorang artis. Ia juga merupakan presiden yang hidup dalam suatu tragedi pembunuhan.
  • George H. W. Bush (12 Juni 1924), Presiden US ke 41 periode 1989-1993
  • Bill Clinton (19 Agustus 1946), Presiden US ke 42 periode 1993-2001
  • George W. Bush (6 Juni 1946), Presiden US ke 43 periode 2001-2009. Ia merupakan anak dari George H. W. Bush yang mana membuat negara US berada dalam masalah konflik perang dan terpuruknya sistem ekonomi yang mengakibatkan krisis ekonomi dunia.
  • Barrack Obama (4 Agustus 1961), Presiden US saat ini (ke 44). Ia merupakan presiden Amerika pertama yang dilantik pada 20 Januari 2009 merupakan keturunan Afrika Amerika dan memiliki tim yang sangat luar biasa yaitu Michelle Obama (istri), Hillary Clinton (sebagai mantan ibu negara, pesaing dalam kandidat calon presiden dan saat ini menjadi menteri luar negeri), Joe Biden (wakil presiden).
Hikmah yang didapat untuk sebuah sistem dan etika dalam pembelajaran kepolitikan negara:
  • Pada masa sekarang abad 21, pemilihan presiden oleh rakyat Amerika tidak lagi terjebak oleh fenomena hubungan keluarga (seperti keluarga Adams, Harisson, Roosevelt, Kennedy, dan Bush). John F. Kennedy dan Roberth Kennedy (kandidat presiden) adalah contoh dari tragedi pembunuhan yang tidak terlupakan.
  • Fenomena baru telah muncul bukan karena Obama menjadi presiden tapi perubahan dari pola pandangan rakyat Amerika Serikat itu sendiri. Hal ini tampak dari persaingan Obama (keturunan Afrika Amerika), Hillary Clinton (calon presiden wanita pertama dan merupakan istri dari presiden Bill Clinton), dan McCain (yang mana wakil presidennya adalah wanita yang mana bila terjadi maka akan menjadi wakil presiden wanita pertama).
Apakah kriteria calon presiden Indonesia masih perlu konsep dan pola etnis, gender, dan latar belakang sipil, cendikiawan, militer, teknorat, ulama, birokrasi, atau borjuis, dll; tanyanya? Saya hanya bisa "ndhoblong meneng". Hal yang pasti Capres mempunyai hati nurani demi bangsa dan rakyatnya, tandas Anita.

Bagian lain dari catatan Anita. Sebelum mengakhiri, menurut anda apakah presiden Indonesia masih mencari Trah-presiden (berdasarkan hubungan keluarga, saudara, pejabat dan penguasa) atau lain dari yang lain seperi Amerika saat ini dengan fenomena yang spektakuler.

Inikah Ani yang pertama kali kukenal 4 tahun yang lalu? Ada apa dengannya? Luar biasa.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo: http://www.visitingdc.com/images/george-washington-picture.jpg

Related Posts by Categories



45 comments:

anindyarahadi mengatakan...

semoga barrack obama membuat amerika serikat lebih baik... terutama pada negara kita... lebih lunak lah

lover mengatakan...

semoga yang terjadi - terjadilah...lo?
btw cermin pengalaman lebih baik dari cermin kaca...lo lagi?
heran saya...yang lain dapet pe-er pada sedih la...ini kok malah terima kasih...he he he.

bunda azka mengatakan...

Bingung aq mo ngomong apa ini, klo masalah kyk ginimending qta rebungin aja dulu deh. Cari yg terbaik diantara yang baik

Kristina Dian Safitry mengatakan...

catatan sejarahnya soal pres amrik lengkap banget bro. banyak ilmu yang kuserap nih. sip..

♥ cik intanurulfateha ♥ mengatakan...

hopefully barrack buat yang terbaik utk america dan negara3 laen
:)

' Li ' mengatakan...

wah sambungannya niy....makasih ner...jd tau niy sejarah pres USA...keep post sob...

Erik mengatakan...

Bagus sekali... ulasan yang bagus dan lengkap

RENSPANDY mengatakan...

nice. Ada satu presiden AS yang menarik juga. Warren G. Harding. Yang saya baca, ini presiden 'gagal' AS. Dia kepilih gara-gara 'penampilannya' yang menawan (baca : wibawa). Dia pinter ngerayu (baca : kampanye). Melihat itu semua, mungkin AS uda belajar banyak dari 'kesalahan-kesalahan' presiden sebelumnya. Entah kapan hal ini bisa diikuti Indonesia juga. Jangan sampe Warren Harding Error (lagi-lagi) terjadi di Indonesia. Peace..

melati mengatakan...

siapa saja presiden terpilih Indonesia kelak yang penting sesudahnya gak ada bentrok-bentrokan, gontok-gontokan, didukung dan dikritik (kalo perlu aja)dengan santun; fair play lah kayak di USA sana....

mocca_chi mengatakan...

ini toh yg dikerjain semalem, wkwkwkkw...

USa berapa kali ganti presiden ya baru bisa jadi negara gede, berarti indo masih jauh, perjalanan masih jauh ut jaid seperti amrik wkwk

wfqh wfqh mengatakan...

barack obama adalah campuran indonesia & america.benarkah?

Indonesia Hospital mengatakan...

mantap informasinya jadi tau sekarang

lucy mengatakan...

mudah-mudahan barack obama ga ngecewain banyak orang...

Andi mengatakan...

Lanjuuttt....ditunggu edisi berikutnya ^^ nice post

NYoMaN mengatakan...

Ani 3 nya ditunggu :P

Si Pari2 mengatakan...

entri yang cukup bagus untuk kita semua... ;)

nanoq da kansas mengatakan...

demokrasi amerika bagus, demokrasi india bagus, demokrasi indonesia bagus!

yang tidak bagus kemudian adalah, bahwa dalam setiap negara selalu ada AROGANSI MAYORITAS. dan itulah yang terjadi di negeri ular sawah bernama Indonesia. keadaan lebih diperburuk lagi dengan kini muncul TIRANI MINORITAS di setiap lorong negeri kita. hehehe...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

semoga Presiden kita yad benar2 memerhatikan kepentingan rakyatnya ya.

DiMaS a.k.a AditZ mengatakan...

jarang yang bikin ulasan gini...

Tips Kecantikan mengatakan...

beuhhhh...lengkap euy president list amrik nyah.......

Girls Corner mengatakan...

pake riset pa intip2 om goog neh....huehueheue

Said mengatakan...

Kalau aku sering duduk2 mikir kapan ya fotoq dipasang di uang.
hahaha

bdh mengatakan...

demokrasi yang disana perlu beberapa abad untuk bener - bener jadi baik dan pendukungpun bisa menerima kekalahan dan kemenangan tanpa rasa sakit hati atau kebanggaan yang berlebihna, dinegri ini masih sangat prematur :-)

VisionTwo mengatakan...

nice post, thnks for sharing

anna fardiana mengatakan...

kita pengennya Indonesia tentu punya presiden yang berdedikasi, membawa negara ini ke arah yang lebih baik.

banggundul mengatakan...

gw kagum ama Abraham Lincoln itu presiden gak gampang menyerah walau sudah sering gagal.....

Ocim mengatakan...

wekekeks .. kok jadi kepolitik bos.. tapi menarik pastinya postingan ini

Zippy mengatakan...

Gimana ya dengan Indo ntar...
Apakah bisa berkaca dari yang udah ada..??
Apa ntar lebih baik atau malah lebih buruk..??
Tunggu aja deh taon ini, hehehe...

budiawanhutasoit mengatakan...

semoga obama sanggup menanggung harapan orang banyak. tidak hanya harapan orang amrik, tapi juga di luar amrik...

better world..

Semar Badranaya mengatakan...

Siapapun presidennya yang penting orang2 dibelakang dia. Dari presiden pertama sampe sekarang yang perlu dicermati oleh kita adalah kebijakan luar negeri mereka yang tidak pernah panceg dan murni do the things for democratic... pasti ada sesuatu dibalik itu semua.
BTW.. good info boz...

Salam Mantav....

-boot_d- mengatakan...

ternyata perjalan sejarah panjang yah.... :) salut! salut!

Ari Aja Deh.. mengatakan...

nice info :)

bisnisway mengatakan...

kurasa Indonesia masih berada dlam sebuah perjalanan pencarian, yang kupikir juga masih sah-sah aja, karena kalo kita liat kita baru merdeka tahun 1945 baru 65 tahun man... salam merdeka!

tyas mengatakan...

dulu waktu sekolah n kuliah masih ngikutin sejarah pres AS, skg kok jadi kurang nih pengetahuan umum ku...
thanks atas sharing infonya..

Fallen Angel mengatakan...

Yep, mungkin negara kita tercinta ini perlu berkaca pada amerika ya

Anonim mengatakan...

siapakah anita?calon presiden kita?, cakep ya??

obat herbal radang paru paru mengatakan...

barac obama the best

pusat obat tradisional mengatakan...

nice post

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Artikel Favorit dalam 1 minggu