Senin, 23 Februari 2009

Catatan si Gadis (Ani 1)

Catatan harian yang berisikan kejadian atau unek-unek untuk seorang gadis adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana bila catatan itu berisi sebuah obsesi pribadinya? Suatu hal yang sangat luar biasa menurutku. Itulah isi dari catatan si gadis (seorang mahasiswi fakultas sosial politik) yang bernama Anita Srikandi (nama samaran).


Anita Srikandi adalah seseorang gadis yang memiliki obsesi menjadi manusia kaliber yang dapat membawa perubahan bagi Indonesia dan dunia. Rasa penasaran ini muncul dan kemudian bertanya siapakah tokoh yang membuatnya memiliki obsesi yang begitu besarnya. Jawabnya ada 4 tokoh wanita setelah Perang Dunia II yang membuatnya terobsesi yaitu:

  • Song Mei Ling (5 Maret 1897 - 24 Oktober 2003), istri presiden China Jiang Jie Shi yang lebih dikenal dengan nama Chiang Kai Sek (1887-1985). Selain sebagai ibu negara, ia juga juga berperan sebagai utusan dan penerjemah presiden. Kembali ke masa Perang Dunia II (1942-1945) dimana penyelesaian konflik perang dan sejarah perjalanan terbentuknya PBB dimana Song Mei Ling berperan didalamnya meskipun pada kenyataan tokoh pengkonsep Moscow Declaration on General Security adalah Franklin D Rosevelt (1882-1945) Amerika Serikat, Sir Winston Churchill (1874-1965) Inggris, Jiang Jie Shi China, dan Joseph Stalin (1879-1953) Rusia. Catatan kakak Song Mei ling yang benama Song Qing Ling (1893-1981) adalah istri presiden Sun Zhong Shan (yang lebih dikenal dengan Sun Yat Sen).
  • Margaret Tracher (13 Oktober 1925), merupakan PM (perdana menteri) Inggris wanita satu-satunya (1979-1990). Margaret adalah seorang yang tegas, lugas dan disiplin sehingga ia dikenal dengan Iron Woman. Keberhasilannya antara lain meningkatkan pertumbuhan ekonomi Inggris yang signifikan pada tahun 1980 dan berperan dalam penyatuan mata uang.
  • Oriana Fallaci (29 Juni 1929 - 15 September 2006), seorang warga Itali yang dikatakan sebagai wartawati yang terhebat di dunia yang mana mewawancarai para tokoh pemimpin dunia sehingga orang menjulukinya dengan "The journalist to whom virtually no world figure would say no". Suatu hal yang pasti, Fallaci mengangap orang besar tanpa melihat etnis, negara, bangsa, agama, filosofi dan pandangan politik.
  • Hillary Clinton (27 Oktober 1947), merupakan seorang ibu negara (1993-2001), kandidat presiden Amerika (2008) dan saat ini kesediannya menjadi menteri luar negeri yang mana dikarenakan sosok sebagai wanita yang cerdas dan pekerja keras. Hal yang dilakukan semuanya diperuntukan kepada negara dan bangsa Amerika. Bukti nyata sebagai wanita kaliber yaitu gelar yang pernah diperolehnya yaitu Arkansas Mother of the Year (1983), Arkansas Mother of the Year (1984) dan dalam Jurnal Hukum Nasional dirinya termasuk dalam seratus ahli hukum yang paling berpengaruh di Amerika Serikat.
Bagaimana dengan Indonesia? Kapan ada wanita sekaliber mereka?

Sebagai perbandingan para kaum wanita Indonesia saat ini seringkali digambarkan dengan:
  • Banyak siswi yang menggadaikan kegadisannya untuk sebuah material seperti handphone.
  • Banyak siswi dan wanita yang aborsi akibat hubungan pra-nikah.
  • Banyak kaum wanita menjadi tenaga kerja wanita (TKW) untuk menghidupi keluarganya.
  • Banyak para wanita terlibat dalam dunia selebritis, borjuis dan gosip.
  • Banyak tokoh wanita hanya bisa show dan mengkritik dalam dunia politik tapi tanpa melakukan sesuatu demi perubahan untuk bangsa dan negara.
Inilah keluhan akan keberadaan wanita di Indonesia dan inilah juga catatan Anita Srikandi gadis Indonesia.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo:http://www.art-photograph-gallery.com/image-files/diary.jpg

Related Posts by Categories



82 comments:

mel_anie mengatakan...

wah mel juga punya sejuta keinginan.... Wah bagus nie artikelnya....Jadi makin semangat!!! keep posting nice article yow friend!

kakve-santi mengatakan...

keduaxxx...
wanita oh wanita....

Lala mengatakan...

thanks udah berkunjung. sebenarnya aku lg cuti ngeblog, tp gatel jg tanganku pingin nyalain lap top.
aku komennya ntar aja ya kalo udah selesai cutinya...*kaburrrrr N matikan laptop*

Erik mengatakan...

wah, wanita hebat hebat mereka, perannya sangat besar.

senoaji mengatakan...

wahhhh kayaknya gak separah itu deh sob, keberimbangannya juga banyak xxixixiixixix

www.katobengke.com mengatakan...

tapikan juga ada wanita2 indonesia juga yang bisa dibanggakan seperti kartini, cut nyakdhien atau yang lainnya...
tapi tdak dipungkiri juga bahwa banyak wanita2 indonsia yang seperti kamu gambarkan......
sungguh miris skali...
tau ni akibat kemajuan yang katanya emansipasi.....

' Li ' mengatakan...

kita tunggu tanggal mainnya zener heheheh...

Fallen Angel mengatakan...

Tambahan bos, banyak juga kaum wanita yang terlalu terobsesi mengejar karir dan kekuasaan, sampai2 keluarga, terutama anak2nya terlantar!

zener_lie mengatakan...

memang semuanya tidak separah itu makanya saya tulisnya "seringkali" :)

Cut Nyak Dien dan R Kartini memang wanita yang patut dibanggakan. tapi itu khan tokoh sebelum perang dunia ke II :)

nirmana mengatakan...

andai wanita indonesia bisa sehebat tokoh2 diatas pastilah negri ini aman dari kekerasan dan tingginya angka pengangguran. mudah2han wishlistmu terkabulkan anita..

bisnisway mengatakan...

i think it's about nasionalisme. rasa nasionalisme rakyat Indonesia yang makin tipis makin hari... salam merdeka!

Ifat mengatakan...

andai aku seperti dia

mozink mengatakan...

hmm.. tokoh wanita indonesia sesudah PD II siapa ya..

aaLiL mengatakan...

hayo wanita,,, saat nya berkreasi..hehehe

Yasmatech mengatakan...

Its nice post..

Lies mengatakan...

nice posting ...
ada juga kok wanita indonesia yg sudah banyak berbuat, tp mungkin memang tidak diberitakan, krn media lebih suka memberitakan gosip-gosip artis gak penting dan berita-berita kontroversi lainnya :D

bunda azka mengatakan...

Hemm... banyak loh wanita indonesia yang sdh bnyk berbuat u/ negerinya. RA kartini slah satunya dan bnyk lainnya, tp mmg bngsa indonesia nya sendiri aja yg kurang memahami.

kebanyakan dr kita mmg lbh membanggakan wanita di negara lain. contohnya aja, kedatangan menlu AS kmren... begitu disanjungnya... padahal menurut aq sih itu terlalu berlebihan.

Cintai Indonesia dong...

thnks ya buat sharingnya

BIG SUGENG mengatakan...

tokoh idola wanita indonesia:
Megawati (sebatas sebagai mantan presiden yaa, jangan jadi presiden lagi... )

~♥ cik intanurulfateha ~♥ mengatakan...

.huu the power of girls~ yeah :)

wfqh wfqh mengatakan...

wowwwwww.great posts:)
mantapp yaaahh!

mocca_chi mengatakan...

jangan memvonis sebelangga susu hanya dengan setitik nila, karena bagaimanapun seringan sesuatu yg buruk itu yang jadi pusat perhatian. ketika sesuatu yang ehbat dna berhasil, seringkali hanya diekspos sementara waktu. namun kejelekan alami selamanya wkwkkw

melati mengatakan...

susah juga ya jadi wanita, apalagi di zaman modern gini, banyak godaannya! Kalo menurut saya sih perbaiki dulu wilayah domestik kita yaitu keluarga n diri sendiri, baru berkiprah di luar... he-he... bisa gak ya saya...

Misz_zana85 mengatakan...

Walaupun bukan senegara, tapi apabila nama wanita disebut2 sama ada baik atau buruk, tempiasnya tetap sama di rasa..nice entry zener..thanks, invite me to read this blog..waa, I'm too busy lately

Andi mengatakan...

wah nice post bro... memang kita sangat patut untuk menghormati Mereka...

Dhe mengatakan...

wanita!!
duh... mang wanita tu adalah seorang yang sangat hebat *narsis mode ON*

^^

btw, daku jg punya keinginan.
minimal bwt mimpin diriku sendiri dulu ^^

bdh mengatakan...

gembira senang dan terharu membaca posting ini yang dengan gamblang mengungkap fakta tentang beberapa wanita Indonesia yang salah langkah :-)

Rakhmat mengatakan...

Yang penting kita harus punya goals setting dalam mengarungi hidup ini bukan hanya untuk si gadis.

Lain dulu lain sekarang, yang pasti mari kita berbuat untuk yang lebih baik sekarang ini... semoga Indonesia juga punya kebanggaan bangsanya :)

Selamat berjuang...

Kristina Dian Safitry mengatakan...

kirain catatan si gadis (rantau?)he..he..*pa kabar?*

Rumah Islami mengatakan...

Beberapa wanita Indonesia yang cukup memberikan andil dalam sejarah kita seperti: RA Kartini, Cut Nyak Dien, Cut Nyak Meutia, Maria W. Maramis, Martha Khristina Tiahahu, Nyi Ageng Serang.

Namun mereka adalah yang berjuang dalam merebut kemerdekaan. Kalau yang mengisi kemerdekaan kira2 siapa ya?

saya yakin banyak sekali, walaupun masih sekala domestik dan tidak terekspose...beritanya kalah dengan hal2 negatif ya

nanoq da kansas mengatakan...

perempuan sebenarnya di mana-mana sama, gak jauh-jauh dari gosip, selebritisasi, dan godaan. tetapi hebatnya, di antara situasi seperti itu, di belahan dunia lain nun jauh di sana, bisa tampil perempuan-perempuan perkasa yang mampu merubah wajah dunia.

sementara itu di indonesia tercinta, kaum perempuan sejatinya tak kalah hebatnya. hanya saja perempuan di sini masih lebih betah dan merasa cukup nyaman dalam dekapan godaan, gosip dan selebritas. karena perempuan di negeri ini punya keinginan MENYAINGI LAKI-LAKI, bukan BERDAMPINGAN DENGAN LAKI-LAKI. kalau sudah "menyaingi" yang dikedepankan, sudah jelaslah perempuan akan kalah. tetapi jika "berdampingan" dikedepenkan, laki-laki tidak bakalan bisa kukuh pada egonya.

intinya, untuk indonesia, kesadaran untuk membentuk HARMONISASI antara perempuan dengan sesama perempuan, antara perempuan dengan laki-laki, belum terwujud hingga hari ini. contoh riilnya, Megawati, Sukmawati, Rahmawati, Mutia Hatta, Miranda Gultom, dan tokoh-tokoh perempuan lainnya di negeri ini gak mau bersatu. mereka lebih suka jalan sendiri-sendiri...

Linda Belle mengatakan...

Girl Power!!
Spt pidatonya Hillary waktu dtg kmrn, katanya kalo mau liat wanita modern, mandiri, smart & bny berada di pemerintahan, cobalah lihat Indonesia!
So..kita para cewek2 harus tetep semangadd doongg!!!

ilmair mengatakan...

artikel postingan beratx niy.. ^_^
oya klu ngomongin perempuan, dua sisi juga khan.. ada banyak perempuan berkualitas dan mendapat anugerah(mariam), walau ada juga yang mungkin tidak(siapa ya?)... dunia ngga sempurna.. baik dari sisi baik/bagusnya maupun buruk/jeleknya.. pun dengan lelaki, ada yang berkuasa dan merasa tuhan (firaun), ada pula yang jadi kesayangan tuhan (rasulullah),
pahlawan zaman dulu juga banyak perempuan, di indonesiapun begitu..
tapi yang paling baik adalah yang berkualitas dan mampu memberi kebaikkan bagi diri dan semua..

indra putu achyar mengatakan...

haaaaaaaaaaaai sukraaaaa... gimana kgabarnya???? sehat kan? waaah makin mantab aza niiii.
maaf selama 2 minggu ini nggak pernah mampir, absen dulu ngerjain kerjaan alam asli, hiks****

endro. mengatakan...

saya hanya bisa mendukung dan mendoakan agar cita-cita luhur ANI dapat tercapai... tidak saja bermanfaat untuk diri dan keluarganya tapi juga bermanfaat untuk kebaikan dunia. selamat berjuang ANI
salam sukses
ENDRO SUNOTO
http://kliksumberuang.blogspot.com/

saya berkata mengatakan...

wah jangan nilai seks jelek dong, kan nggak ada yang tau sejarah seksualnya margaret teacher, dsb...
say ada kebutuhan makanya ada penawaran mungkin kita perlu lihat kaum pria kita yang emang rada2 kurang ngajar lempar batu sembunyi tangan

ipanks mengatakan...

wanita...
tercipta dari tulang rusuk pria
memberi keceriaan dalam hidup pria
menemani dalam suka dan duka

renspandy mengatakan...

perempuan Indonesia bisa kok 'berbicara' lebih...
tapi realitanya, kalo dikasi 'kesempatan' sering kelewatan..
hehe

Fanda mengatakan...

Aku juga salah satu penggemar Hillary Clinton, sampai bela2in beli biografinya. Ternyata Hillary memang wanita yang cerdas dan smart, lebih smart ketimbang Bill. Dan jangan lupakan Indira Gandhi. Ia seorang tough lady jg

Semar Badranaya mengatakan...

Mantav... wanita oh wanita...
..lenggoknya bisa merana-kan ribuan lelaki
..halus kulitnya bisa membakar sang lawan jenis
Wanita oh wanita...

dwinacute mengatakan...

yang kamu bilang sich bener banyak salah satunya banyak wanita yang jadi TKW. kenapa seperti itu? karena lapangan pekerjaan di indonesia masih minim. dan banyak perusahaan lebih memilih tenaga kerja wanita dari pada tenaga kerja lelaki. terbukti di dengan adanya singkatan Tenaga Kerja Wanita bukan Tenaga Kerja Lelaki.

dan ada juga para wanita indonesia yang berbakti kepada negara

boykesn mengatakan...

jika membandingkan perempuan2 diluar sana dan perempuan disekitar kita, tentu sangat jauh perbedaannya. Tapi perempuan kita tak kurang hebat, yang membedakan karena sosial ekonomi serta budaya yang sangat2 mengakar walau gembar-gembor kartini sering ditancapkan disetiap generasi...

Digital Baca : mengatakan...

Aku rasa semua orang yang membaca posting ini akan prihatin dengan kejadian sekarang ini,
seharusnya pelaku yang melakukan "hal yang tidak di benarkan" sadar dari mana mereka dilahirkan.
*sedih*

budiawanhutasoit mengatakan...

kapan ya indonesia punya tokoh wanita sekaliber Margaret Tracher?

anna fardiana mengatakan...

hm, tapi saya yakin indonesia bisa kok punya wanita yang handal...
memang yang jelek2 itu lebih gampang keliat....

Tawara Family mengatakan...

wah keren ya catatan si kecil nya...
super women dunia...klo di indonesia siapa yaaa

Echi mengatakan...

aku punya diary tapi ga sehebat ani tujuannya, cuma sekedar pelampiasan isi hati ajah :)

vie_three mengatakan...

yang jelas.... aq pgn jd wanita yg brguna bagi nusa dan bangsa INDONESIA....
HIDUP wanita!!!! Allhau Akbar!!!!
Loh kok malah kayak demo yak?! hehehehe *blethak*

devianty mengatakan...

waah wanita emang sosk yang luar bias heheheh...maaf baru bisa mampir nih...

-boot_d- mengatakan...

wanita berkaliber di Indonesia sangat jarang! gw juga prihatin dengan indonesia saat ini...

cerpen kita mengatakan...

artikel yang keren. jarang ada wanita seperti itu. yang ada cewek2 yang jalan2 di mal, cewek2 matre, cewek2 cerewet.

Bitha mengatakan...

well.. kayanya gambaran ttg wanita Indonesia ga semua melulu ttg aborsi, hilang keprawnan dll..
masa sih kita lupa sama Kartini, Dewi Sartika, cut Nyak Dien.. dll

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

Cut Nya Dien, RA.Kartini itu wanita2 Indonesia yg hebat.

untuk wanita hebat generasi sekarang masih akan menyusul.

thegadis mengatakan...

kagum dgn wanita tuh sume.
article nie bes...
(:

chacha mengatakan...

emang banyak wanita indonesia yang begitu, tapi banyak juga yang sukses dan patut jadi teladan... mulai banyak kaum wanita yang sukses jadi ibu sekaligus karir, cuma jarang aja diomongin. yang ditayangin di berita pasti soal aborsi, jual diri, dll

Astawama mengatakan...

hmmmmm bu kasur gak diitung? atao tjuk nyak dien? atao sapa lagi ya....banyak seh cuman gak kekover media...aja but tetep semangat aj deh!!!

banggundul mengatakan...

perasaan, tokoh perempuan di indonesia juga banyak yang bisa membuat orang berobsesi besar,,,seperti para tokoh diatas yang telah disebutkan

rumah lina mengatakan...

banyak juga wanita Indonesia yang hebat-hebat kok, cuma sayangnya bangsa ini ini kurang menghargainya. gak cuma wanita tapi jg ilmuwan lain dan kita terkena Brain Drain.... orang pintar kita memajukan bangsa lain, kenapa??? karena bangsa ini lebih menghargai politikus daripada orang pintar.... sayang banget...

Brigadista mengatakan...

waah,.. di INdonesia ada ko,... ibu saya,..he heh ee

Ocim mengatakan...

wah .. kaum hawa yak, aq mah ngikut aja

dewi mengatakan...

bersyukur buat wanita yang punya keinginan untuk maju, maju menuju perubahan yang lebih berarti dan memandang hidup dengan lebih terbuka pada ha-hal positif, maju terus wanita indonesia, selamat berkarya...

yaybloging mengatakan...

pnilaian prempuan indo koq liatnya dari sisi negatif aja..

sisi positifnya dikemanain..????

kalo ada orang asing baca postingan anda ini, kebayang ngga kira2 gimana nanti pandangan mereka thdp perempuan indo pada umumnya....???

Anonim mengatakan...

Media Indopos 16 Desember 2008 halaman 3 memberitakan devisa TKI 130 triliun rupiah

Media Merdeka 19 Januari 2009 halaman 8-9. menurut laporan UNODOC (united nation office on drug and crime) 2008 menyatakan perdagangan manusia di Indonesia berada pada urutan ke 2 dari 155 negara. 79% adalah eksploitasi seksual dan sebagian besar adalah kaum perempuan dan 20% adalah anak-anak.

Media Harian Indonesia 17 Februari 2009 halaman 4. Setiap tahun terdapat 2.3 juta kasus aborsi, 30% adalah remaja dan terdapat 28.5% melakuakn hubungan seksual pranikah, 27.5% kehamilan pra nikah yang mana 12.5% adalah siswi, dan 50% pengidap HIV pada usia 19-25 tahun.

MooChenk mengatakan...

...Bagaimana dengan Indonesia? Kapan ada wanita sekaliber mereka?...
Hmmmm...
Apakah Song Mei Ling, Margaret Tracher, Oriana Fallaci, Hillary Clinton, bisa menandingi kaliber bibi sayur yang mendorong gerobaknya rata-rata sejauh 30km sepanjang pagi untuk memperoleh keuntungan bersih Rp. 60.000,-/hari untuk memberikan makanan yg layak bagi anak-anaknya agar jumlah penderita gizi buruk di Indonesia tidak bertambah 1 orang lagi. Sadar atau tidak sadar, meskipun "kecil" upaya yg dilakukannya, bibi sayur ini jg membawa perubahan bagi Indonesia. Hanya saja ia tidak duduk di kursi empuk pemerintahan dan tidak ada yang mencatatnya sebagai seorang tokoh.
Kalo obsesi Anita Srikandi "hanya" ingin menjadi manusia kaliber yang dapat membawa perubahan bagi Indonesia dan dunia, sebaiknya Anita mulai dari melakukan perubahan cara pandangnya terhadap kaumnya sendiri. Bahkan, gambaran tentang wanita Indonesia yg dikeluhkan Anita td menunjukkan bahwa Anita underestimated terhadap kaummnya sendiri, hanya menonjolkan sisi buruk sebuah kehidupan MANUSIA sbg mahluk sosial, bukankah tindak aborsi yg dicontohkan Anita td adalah hasil pertemuan dua jenis alat kelamin, PRIA dan WANITA...???
Sebagai seorang mahasiswi fakultas sosial politik, Anita seharusnya "membuka mata" dan "menghargai" kaumnya sendiri. Tidakkah Anita melihat bahwa msh banyak kebijakan dan produk hukum di negeri tercinta ini yg memposisikan wanita ditempat nomor kesekian...???
Anita... MooChenk hanya ingin mengingatkan bahwa WANITA INDONESIA adalah BAGIAN dari sebuah SISTEM kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Apakah SISTEM itu sendiri sudah benar dan betul...???

zener_lie mengatakan...

sebuah keluahan --> adakah sebuah keluhan yang baik.

tentu ia juga memperhatikan, membuka mata dan menghargai masyarakat kecil yang berjuang keras.

dan mengapa saya juga menonjolkan keluhan. karena saya berharap disini saya dapat membakar semangat kaum wanita untuk bangkit (tidak hanya sebagai pelengkap).

jika tidak saya berikan keluhan apalah arti artikel ini yaitu hanya memberikan informasi tanpa meninggalkan pesan yang berarti.

betul tidak

tyas mengatakan...

wah, tentang women empower nih...
semoga makin banyak wanita yang menjadi pemimpin negara2 di dunia..

ayuzuricha mengatakan...

sip mas, emang mungkin di luar sana banyak wanita yang kadang merasa emansipasi itu harus, tanpa sadar kadang terlalu berlebihan, sampai melupakan kodrat sebagai wanita sesungguhnya. Padahal usah jelas-jelas ada dalam ajaran agama masing-masing peran wanita dalam berbagai hal itu harus gimana :)

My Blog Commercial mengatakan...

mudah-mudahan salah satu dari anakku tercinta bisa menjadi salah satu wanita yang memiliki kepribadian dan daya juang yang kuat serta menjadi suri tauladan bagi keluarga,bangsa dan agama

Rusli Zainal Sang Visioner mengatakan...

Bagaimana kita mencegah hal-hal negatif terhadap wanita Indonesia diatas, apakah sistem pendidikan kita yang salah??

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular mengatakan...

mirip juga nih catatan si boy

Coretan Imtihan mengatakan...

obsesi yg mulia dan luar biasa

obat herbal diabetes mengatakan...

terima kasih nih gan buat infonya semoga makin sukses saja yah, makasih atas infonya

xamthone plus mengatakan...

owh begitu ya..
salam kenalja buat semuanya

kanker mengatakan...

tokoh idola wanita indonesia:
Megawati (sebatas sebagai mantan presiden yaa

Technology Information mengatakan...

Yang penting kita harus punya goals setting dalam mengarungi hidup ini bukan hanya untuk si gadis.

biaya sumur bor mengatakan...

hebat dh nh cewe

Obat Untuk Penyakit Bronkitis Secara Alami mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. . update terus ya
salam sehat dan sukses selalu. Terimakasih

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Alami Gondongan mengatakan...

Artikelnya mantap banget gan. .
Kami tunggu ya artikel terbarunya, salam sehat

Obat Herbal Beri-Beri Secara Tradisional mengatakan...

artikelnya nice banget gan. TOP deh
terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Obat Herbal Untuk Paru-Paru Basah Yang Alami mengatakan...

Informasi dan cerita yang disajikan menarik & bermanfaat banget gan. .
thank's

Obat Herbal Kanker Nasofaring Ekstrak Alami mengatakan...

Thank's gan atas informasi & beragam ceritanya,. menarik & bermanfaat
salam sehat

Artikel Favorit dalam 1 minggu