Senin, 12 Mei 2008

Misteri Upacara Tantra Borobudur

Borobudur yang berada di Jawa Tengah merupakan bagian dari rangkaian candi yang dibangun oleh wangsa Syailendra. Rangkaian candi yang dibangun oleh Indra Gunanattha dan Samaratungga (ayah dan anak) pada abad IX yaitu candi Ngawen, Mendut, Pawon dan Borobudur dimana berhubungan dengan lima gunung dan empat sungai. Lima gunung yaitu G. Merapi, G. Sindoro, G. Merbabu, G. Menoreh, G. Sumbing dan empat sungai yaitu S. Kebalen, S. Elo, S. Progo, S. Bengawan Solo dimana itu semua bagaikan 5 benua 4 samudra atau sebuah telapak tangan Buddha yang menjadi kesatuan dalam kesinambungan dalam ritual ajaran agama Buddha Tantra Borobudur untuk menyelamatkan bumi samsara.

Seseorang eyang bercerita dan demikian yang kudengar:

Alkisah, rangkaian candi yang diurutkan dari timur ke barat (Ngawen, Mendut, Pawon, Borobudur) meskipun tidak dibangun dengan waktu yang berurutan tapi mereka dibangun berdasarkan konsep ritual yang telah ditentukan.

Rangkaian ritual tantra Borobudur yang dilakukan selama 9 hari sebagai berikut:

Hari 1-3, dimana dimulainya sebuah persiapan di sebuah pondokan yang letaknya dekat di pertigaan sungai (tempat bergabungnya 2 aliran sungai yaitu S. Progo dan S. Elo). Persiapannya antara lain meditasi, penyucian badan, mulut dan jiwa. Pemenuhan persyarataan dalam meditasi haruslah menghadap ke barat yaitu arah Bodhigaya yang merupakan tempat pencerahan sang Buddha di bawah pohon bodhi. Penyucian badan dengan mandi menggunakan air akar dringo, batang kulit dadap, daun sirih, bunga kantil, dan benih. Penyucian mulut dengan melakukan muti dengan kata lain hanya makan nasi putih dan air putih atau air kelapa. Penyucian jiwa dengan melakukan visualisasi kepada dewi Cintamani bersama mantranya.

Hari ke 4, perjalanan ritual ke candi Ngawen di Muntilan. Candi Ngawen memiliki 5 altar persembahan kepada 5 Dhyanibuddha yaitu Amoghasiddhi, Aksobhya, Vairocana, Ratna Sambhava, dan Amitabba. Ritual Lima altar persembahan dengan mantranya dan perenungan Bodhicitta untuk mendapatkan berkah dan izin dalam perjalanan ritual Borobudur ini.

Hari ke 5, perjalanan ritual ke candi Mendut. Di selasar candi ini didapatkan relief pohon kalpataru, Sri Mahadewi (dewi kesuburan), Sri Kuwera (dewa kesuburan), dan Sri Mahakala (dewa pelindung) yang terdapat di atas gerbang pintu. Perjalanan yang searah jarum jam, di tembok bagian luar terlihat relief dewi Chunda, dewi Prajna, dewi Majusri dengan dewa dewi alam langit Kinara Kinari, dll. Masuk ke dalam candi akan didapatkan 3 arca setinggi ± 3 meter yaitu Buddha Sakyamuni yang bersemayan dengan dua Bodhisattva yaitu Avalokite dan Vajrapani. Ritual yang dilakukan dengan meditasi, visualisasi dan doa dengan mantra-mantra untuk memperoleh berkat dari sang Buddha dan para Bodhisattva.

Hari ke 6, perjalanan menuju candi Pawon yang merupakan tempat pencerahan Vajranala. Ritual yang dilakukan pada tempat ini, digunakan untuk mempersiapkan diri, dengan latihan anu yoga yaitu kundalini yoga (3 nadi dan 5 cakra yang berbentuk bunga teratai) dengan visualisasi Hevajra menyatu dengan tubuh dan tubuh memancarkan sinar pelangi dan harum.

Hari ke 7, perjalanan menuju candi Borobudur. Candi Borobudur memiliki 10 tingkatan, tetapi bila anda melakukan perjalan saat ini hanyalah terdapat 9 tingkatan dikarenakan tingkat pertama ditutup dengan alasan konstruksi bangunan atau kesengajaan agar para pendeta diharapkan mencampakan semua keinginan nafsu buruk dalam usaha mencapai kesadaran dan kebebasan.

Borobudur terdiri dari 10 tingkatan dimana menceritakan tentang alam neraka sampai ke tingkat kesempurnaan yang dimulai dari alam neraka, alam setan, alam binatang, alam manusia hingga alam Bodhisattva dan Buddha. Sepuluh tingkatan pada candi Borobudur terbagi atas tiga alam yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu yang memiliki 504 rupang. Kamadhatu yaitu alam dengan unsur nafsu, memiliki 1 tingkatan dan tidak memiliki rupang. Rupadhatu, alam dengan unsur wujud dimana memiliki 4 tingkatan dengan 368 rupang terbuka. Arupadhatu, alam dengan unsur tidak berwujud dengan 4 tingkatan dengan 64 rupang terbuka dan 72 rupang yang diterawang. Total rupang adalah 432 rupang yang terbuka dan 72 rupang yang tertutup. Sadarkah anda angka yang dicetak tebal bila dijumlah angka ratusan, puluhan dan satuannya akan mendapat hasil 9, inilah angka ajaib yang ada di Borobudur.

Borobudur yang sisinya mengarah ke 4 mata angin dan lingkaran pada tingkat 7 sampai 9 memiliki rupang dengan ciri tertentu yang menggambarkan 5 Dhyanibuddha dengan mudra-mudranya (sikap jari-jari tangan pada saat bersamadi). Rupang yang mengarah ke Timur dengan Bhumi Sparca Mudra yang berarti bumi sebagai saksi. Rupang yang mengarah ke Selatan dengan Wara Mudra yang melambangkan kedermawanan. Rupang mengarah ke Barat dengan Dhya Mudra berarti samadi. Rupang ke arah Utara dengan Abhaya Mudra yang berarti tidak gentar. Keempat mudra ini berada di tingkat 2 sampai 5 (alam Rupadhatu). Rupang yang berada pada tingkat 6 (alam Arupadhatu) di setiap arah mata angin digambarkan dengan Witarka Mudra yang berarti akal budi. Pada bagian lingkar tengah dengan Dharmacakara Mudra yang memiliki arti pemutaran roda dharma sebagai simbolis ajaran agama Buddha.

Ritual yang dilakukan dalam perjalanan ini haruslah menggunakan tasbeh yang terbuat dari fosil tridacna maxima berwarna putih dari laut selatan dengan ritual mudra-mudranya. Setelah selesai perjalanan 10 tingkatan maka diakhiri dengan turun dari puncak dan ditutup dengan sesaji tumpengan, puja mandala. Maka ritual hari ke 7 selesai.

Hari ke 8 dan ke 9, kembali bermeditasi dan melakukan renungan di pondokan untuk tercapainya kesempurnaan dari tubuh, ucapan, pikiran, aktifitas dan kebaikan yang merupakan tujuan dari ritual Sri Kalacakra (pemutaran roda waktu) yang dipersembahkan untuk semua makhluk agar dapat hidup berbahagia dan sentosa.

Keseluruhan perjalanan ritual Borobudur ini, pahalanya sebanding dengan satu kali membaca seluruh kitab Maha Tripitaka (Da Zang Jing), menangkal hukum karma dan kelahiran kembali. Akhir kata, Apakah ini benar? Demikianlah yang kudengar dari cerita eyang. Enjoy, peace and love

Photo by Eileen

Related Posts by Categories



12 comments:

Vinny mengatakan...

Satu kata untuk Borobudur. KEEEERRRRENZZZZ!!! Pengaruh angka 9 memang berdampak sangat hebat untuk Borobudur. Buktinya Borobudur bisa menjadi satu dari Seven Wonders. Saya salut dengan ribuan tangan berjasa yang telah membangun Borobudur. Sepertinya mereka telah memperkirakan dan memperhitungkan setiap inci dari Borobudur yang menghasilkan sebuah makna yang luar biasa. So, lets save our JEWEL (BOROBUDUR)! ^^

anastasianani mengatakan...

Saya pun bbp kali ke candi ini, merasakan megah dan kerennya serta misteri yang terkandung didalamnya begitu menggugah!

Saya pun sangat ingin tahu (andaikan kita punya mesin waktu yang bisa kembali ke masa lampu..) , orang seperti apa yang menggagas pembangunan ini.

Candi Borobudur patut jadi salah satu Seven Wonders, kita sbg org Indonesia harusnya bangga dan berusaha menjaga salah satu harta bangsa ini..

zener_lie mengatakan...

setelah keluar cerita ke 100.

aku menyadari artikel ini adalah yang 99. yang mana berhubungan dengan angka 9 lagi.

liat-liat tanggal dikeluarin 12-5-2008 ditotal 18 berhubungan dengan 9 lagi

liat jam terbitannya jam 9 lewat 9 menit. weleh2xxxx angka 9 lagi.

hmmmm...........

Anonim mengatakan...

ada yg berpendapat.. di dalemnya ada yg lebih keren lagi

Adi mengatakan...

Asyik banget... kira-kira masih ada nggak ya yang melaksanakan tantra ini ? Aku interested banget sama tantra asli Indonesia... Kalau ada yang tahu... emailku : aaadiadi3@gmail.com

Anonim mengatakan...

Tolong kelengkapan tantranya dimuat dooong.....tq

Asurion Verizon mengatakan...

upacara tantra itu apa gan?

Professional indemnity insurance mengatakan...

jadi kepengen tau infonya upacara tantra bh jauh

Lintang in Blogspot mengatakan...

Padahal rumahku deket lho, tapi aku malah kgg pernah ke sono. hihi :p

Obat Herbal Untuk Amenore Secara Alami mengatakan...

This blog very nice, gan..

Moviecamera21 mengatakan...

Mari buruan gabung ke moviecamera21.com
Banyak filem-filem terbaru yang di sediakan di sini jamin seru dan tidak mengecewakn teman-teman semua.
buran gabung www.moviecamera21.com
Dan banyak filem-filem keluar terbaru 2016 yang sudah di tayang kan ke bioskop kami buruan gabung teman...
https://www.moviecamera21.com


Makasih

Rental Mobil Surabaya mengatakan...

I'm really enjoying the design and layout of your website.
It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often.

Artikel Favorit dalam 1 minggu