Kamis, 29 Januari 2009

Makna Pemberian Hadiah Buah (Zhu Yuan Guo Pin) (Kongbaba 5)

Setiap tahun menjelang tahun baru imlek, ketika pergi ke toko buah atau supermarket di daerah sepanjang jalan Gajah Mada, Hayam Wuruk dan Glodok Pancoran, saya menemukan buah yang berlimpah seperti jeruk, apel, pir. Pada saat bersamaan, seringkali muncul pertanyaan mengapa buah semangka, pepaya tidak berlimpah seperti yang lain. Akhirnya, pada saat bertemu dengan Kongbaba, saya dapatkan jawabannya.

Buah-buah yang berlimpah tersebut ternyata digunakan untuk pemberian hadiah kepada orang-orang yang dihormati atau untuk sembahyang. Hal ini dikarenakan, pemberian hadiah buah secara umum dijadikan simbol yang menyatakan doa, ucapan selamat, syukur dan permohonan. Pemberian hadiah ini dikatakan telah menjadi tradisi yang diadapatasi dari kebudayaan Tiongkok dan menjadi tradisi orang Tionghoa Indonesia. Seiring dengan waktu dan proses kulturisasi dengan lingkungan setempat maka tradisi ini mengalami beberapa asimilasi yang mana menjelaskan mengapa pepaya tidak selimpah buah jeruk dan apel.

Pemberian buah jeruk, apel, pir umumnya karena adanya persamaan ucapan dalam bahasa Tionghoa. Jeruk yang umum diberikan adalah jeruk keprok (Tangerine) yang bermakna kemujuran. Jeruk ini bila diberikan bersamaan dengan daun teh (Da Hong Pao) akan bermakna mendoakan kenaikan pangkat. Jeruk lainnya seperti jeruk besar Bali berarti kemujuran dalam kelimpah, jeruk kinkit bermakna kemujuran dalam keemasan. Tapi hati-hati, tidak semua buah jeruk dapat diberikan contohnya jeruk peras (orange) karena bermakna berhenti atau tenggelam. Buah yang juga populer sebagai hadiah yaitu Apel (apple) yang bermakna keselamatan dan pir (pear) bermakna keberuntungan.

Buah lain akibat adanya asimilasi kultur sehingga dapat juga diberikan sebagai hadiah antara lain: nanas, pulm, leci (liche) bermakna keberuntungan; lengkeng berarti kelanggengan, keagungan, kebijaksanaan, dan kecerdasan; ceri bermakna mendoakan seseorang mendapatkan cinta yang manis dan pasangan yang serasi; buah naga atau pitaya melambangkan kejayaan dan cinta abadi; srikaya bermakna kejayaan dalam kekayaan; dan delima yang berarti banyak anak banyak rejeki. Buah yang umum ditemukan di Indonesia seperti pisang juga dapat dijadikan hadiah seperti pisang raja bermakna kejayaan dalam kerajaan; pisang emas bermakna kejayaan dalam keemasan.

Buah pantangan untuk diberikan yaitu pepaya karena bermakna payah; semangka bermakna lambang kematian; dan anggur bermakna pengganguran, penangkapan, pelarian. Untuk anggur karena termasuk buah yang mahal, jika diberikan kepada saya maka saya ucapkan terima kasih juga. Hihihi.

Itulah makna dari hadiah buah. O yah, sebelum saya pamit Kongbaba berkata kunjungilah rumah saya pada tahun baru imlek karena akan ada minuman dan aneka makanan yang mana ternyata memiliki maknanya juga. Minuman yang disediakan yaitu agar-agar dengan lengkeng, liche dan buah atep (kolang-kaling) yang bermakna agar dengan kebijakan yang agung mendapatkan keberuntungan yang tinggi dan mantap. Makanan yang disajikan adalah kue keranjang goreng dengan kue lapis yang berarti mendapatkan rejeki yang berlapis-lapis dan semuanya akan dikeranjangi. Tolongggg.... bisa-bisa makin gendut tubuh saya ini.

Catatan tambahan yang juga merupakan tradisi yang mana terjadi pada bulan 1 penanggalan lunar di kediaman Kongbaba:

  • Tanggal 1: makan nasi tumpeng dan ikan bandeng yang berarti perayaan dan syukuran dalam keberuntungan yang luar biasa. Sajian lainnya adalah gorengan buah sukun timbul (Artocarpus altilis) yang berarti kesuksesan dan keberhasilan selalu.
  • Tanggal 7: makan masakan 7 rupa.
  • Tanggal 15: makan lontong cap gomeh dan onde-onde berarti semoga keluarga berkumpul dan menciptakan sebuah kekuatan yang mantap untuk mencapai kesuksesan. Makanan lain yaitu sayur beton timbul (Artocarpus communis) bermakna membetonin kesuksesan.

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi photo :
http://j.b5z.net/i/u/2026897/i/LGbasket_FestivalofFruit_113000_ezr2xxxx.jpg

Related Posts by Categories



35 comments:

indra putu achyar mengatakan...

minta donk buahnya, huehehehe

Mawar mengatakan...

ada maknanya juga toh jd mengerti nih hihihi :)

nirmana mengatakan...

n makan2nya tanggal 15 ajah deh. makan rame2 pasti puassss

Laisya mengatakan...

wah ternyata maknanya luas juga ya buah-buah itu :D
Jadi, lu mau kasi gw hadiah apa??? :D
Ditunggu nih... :P

Spirit Rakhmat mengatakan...

Ada-ada saja ya... tapi infonya menarik juga agar jangan salah nantinya memberikan hadiah buah kepada teman yang tionghoa :)

ayuzuricha mengatakan...

emang beneran mas maknanya gitu, berarti pas donk ama manfaat buah asli ;)

Fanda mengatakan...

Akhirnya terbit juga number five-nya. Ttg pertanyaan mas Sukra kpn hari, blognya informative. Cuma, sy kurang nyaman dgn font yg warna-warni. Bacanya jd ga bisa lama2. Ini cuman idea sih..Anyway, makin sukses aja ya..

Linda Belle mengatakan...

klo diktr dikasih jeruk 1 plastik + angpao seadanya :D

mocca_chi mengatakan...

apakah untuk mendapatkan semua hal yang diinginkan, berarti harus ngasi semua jenis buah yang melambangkan hal itu?
waduh, ribet iki.
wkwkwkkw

suryowidiyanto mengatakan...

oh ternyata ada lambangnya ya

Dhe mengatakan...

mau dunk buahnya...

*lirik buah mode on*

Ide Gokil mengatakan...

wah buah2annya menarik sekali, Ombung paling suka makan buah pear. Tapi baru tahu kalo' buah pear yg saban hari Ombung makan ternyata ada maknanya juga.

wah koko zener makin keren aja!

FATAMORGANA mengatakan...

mau dong...aku kan suka buah nih.

' Li ' mengatakan...

nice post ner...jd paham niy...^^

Ali Munandar mengatakan...

mampir lg sob, sy makin bingung nih soalnya ngga baca2 dulu artikel sblmnya..jadinya ketinggalan nih ceritanya

Brigadista mengatakan...

bolehlah bagi bagi buah nya,..he he hee!!!

NAZA LUCKZANA mengatakan...

kalo naza suka menikmati buah mama kalo lagi aussss... karena kata ibu bidan buah mama sangat exklusiffffffff

phiy mengatakan...

hyahaha..
kue keranjang goreng ternyata emang ada toh yak..

kmaren aku dikasih satu kotak kue keranjang goreng dari temenku yang ngerayain imlek.

lucu aja rasanya,
gurih di luar, manis di dalem..
nyem-nyem..


ah iya, blognya dah ku-link balik ^^
aku dari jurusan sosiologi :D

Farzana mengatakan...

banyak pengetahuan yg saya dpt dlm blog ni..thanks..

Johanas mengatakan...

waduh apel + Pir !

Buah kesukaan tuh :)

dwinacute mengatakan...

jeruk paling meledak penjualannya kalo imlek menjelang. emang udah jadi tradisi atau karena harganya jadi murah kalo pas imlek-an????

imamnic mengatakan...

Wah tambah mantap bro chinese philosophy-nya. Luar biasa

Bisa jadi pengganti Wong Kam Fu ni di masa depan

Hehehe, biasanya kalo orang sakit dikasih apa harusnya ;-p

D.L Sumunie mengatakan...

Kalau di Malaysia termasuk tempat saya di Sabah buah buahan juga dijadikan sebagai hadiah perkahwinan( Wedding Gift)..maaf dong saya enga bisa ngomong bahasa Indonesia dengan baik. kalau engak faham komentar saya sila maklumkan saya akan translatekan dalam bahasa Inggeris.

Andi mengatakan...

Nice post ro.. Informasi bagus..:D

bung.aang mengatakan...

bagaimana kalau buah itu digandakan aja, khan bisa merasakan semua, wuakakakak

Erik mengatakan...

Ternyata pemberian buah itu ada maknanya ya. Tks ya infonya

JudithNatalia mengatakan...

Kalo buah duren ada maknanya gak ya? saya suka bgt lho hehe

Anonim mengatakan...

bagaimana dengan buah sukun, kluwih dan nangka?

dewi mengatakan...

Aku baru tahu lho kalo ternyata ada artinya,sukses.

tyas mengatakan...

aku tunggu deh kiriman buahnya.. nggak ada pantangan.. pepaya boleh, semangka boleh, anggur apalagi....

LDs mengatakan...

ooh.. anggur tuh nggak bagus yah.. padahal aku biasa ngasih anggur sbg bingkisan.. ya udah besok2 anggurnya kumakan sendiri deh.. :D

jetty mengatakan...

kalo ngasih duren gimana..? maknanya apa..? yg jelas, pasti nggak boleh buat yg kolesterol tinggi ya...

anungcamui mengatakan...

bagus bro infonya ^^

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Artikel Favorit dalam 1 minggu