Rabu, 21 Januari 2009

Pengetahuan Budaya Seni Ilmu Timur (Yi Shu) (Kongbaba 2)

China atau Tiongkok adalah sebuah negara besar yang mana seringkali membuat saya terkagum-kagum akan pengetahuan alam dan seninya. Tapi kemanakah saya harus bertanya? Karena dua orang pakar dari Indonesia tentang sejarah timur telah tiada. Mereka adalah Ong Hok Ham (1 Mei 1933 - 30 Agustus 2007) seorang ahli sejarah Indonesia dan etnik Tionghoa terutama Tionghoa peranakan Jawa; dan Lie Tek Tjeng (18 Mei 1931 - 12 Januari 2009) seorang ahli sejarah tentang negara Tiongkok daratan dalam perkembangan ideologi negara tersebut. Kongbaba mengharapkan saya dapat membaca karya-karya pakar tersebut.

Kongbaba dengan Liesinse yang merupakan sahabat lamanya; ternyata telah membuat kerangka pengetahuan budaya seni ilmu timur yang notabene digunakan untuk diceritakan kepada generasi penerus agar mudah dipahami. Bersyukurnya saya bisa mendapatkan sedikit informasi tentang pengetahuan budaya seni ilmu timur. O yah, Kongbaba merupakan keturunan ayah Tionghoa putra Indonesia dan ibu Tionghoa putra bumi yang mana lahir dan tumbuh di pantai utara (pantura) Jawa tengah yang merupakan sebuah linkungan dengan tradisi Tionghoa Jawa (peranakan).

Pengetahuan budaya timur (China) secara garis besar terbagi atas 2 kategori yaitu pengetahuan budaya seni (sosial budaya) (Wen Yi) dan pengetahuan budaya ilmu (alam pasti) (Shu Shu).

Pengetahuan budaya seni terbagi atas:

  • Seni kecapi : seni musik, seni suara
  • Seni catur : seni strategi, seni management
  • Seni sastra : seni puisi, seni sastra, seni tata krama dan upacara kerajaan, seni nada, seni sejarah, dan seni perubahaan (Yi).
  • Seni lukis : seni gambar, seni kaligrafi, seni ukir.
  • Seni pedang : seni tari, seni beladiri, seni panah memanah
  • Seni teh : tata caranya.
Pengetahuan budaya ilmu terbagi atas:
  • Ilmu pasti dan metamatika : Jiu Zhang Suan Shu, Zhou Pai Suan Jing, Zhou Bian Suan Jing, Suan Fa Tong Zong, dll.
  • Ilmu agama dan falsafah : 3 dharma agama (San Jiao), 9 ajaran ideologi (Jiu Liu) antara lain konfucuisme, daoisme, mocuisme, logika, legalisme, dll; dan 7 strategis manajemen militer (Qi Wu) antara lain Sun Zi, Wu Zi, Zhu Ge, dll.
  • Ilmu metafisika dan spiritual : meditasi Dao Gong, Qi Gong, dll
  • Ilmu kesehatan dan pengobatan :herbalis, akupuntur, olah makanan, olahraga, dll.
  • Ilmu analisa takdir dan nasib : 4 pilar 8 huruf (Shi Zhu Ba Zi), perbintangan (Zi Wei Dou Shu), Guo Lao Xing Zong, Tie Ban Shen Shu, dll.
  • Ilmu prediksi dan keadaan : faktor alam semesta Astronomi (San Yuan Er Shi Ba Xiu); prediksi faktor keadaan antara lain Astrologi (Qi Zheng Si Yu), Yi Jing Zhan Bu, Mei Hua Yi Shu, Qi Men Liu Ren, dan menentukan hari baik (Ze Ri), dll.
  • Ilmu fenomenda dan ruang : physiognomi (Xiang Shu), geologi (Di Zhi), geografi (Di Li) dan tata letak (Feng Shui), dll.
Catatan tentang ilmu perbintangan dan takdir nasib: bahwa masyarakat Tionghoa percaya bahwa kesuksesan seseorang terdapat unsur takdir, nasib, tata ruang, kebajikan dan pendidikan.

Mengingatkan saya kepada sebuah Hadits nabi : belajarlah ilmu sampai ke negeri China.

Seni dan ilmu yang mana sebagian besar telah pudar, tapi itulah China dengan ilmu dan seni yang diwarisi dengan baik dan tekun mereka menjadi sebuah bangsa yang besar. Hal lain yang menjadi titik keberhasilan yaitu dalam perkembangannya tidak terjadi sebuah benturan akibat perbedaan suku, bangsa, agama dan ras (SARA), melainkan menjadikan sebuah hubungan yang dinamis. Semoga kelestariannya berlanjut dengan baik.

Itulah catatan tentang ilmu pengetahuan budaya timur yang diceritakan oleh Kongbaba. Selanjutnya adalah sedikit catatan dari kisah Kongbaba yang menjadi bahan pelajaran bagi kita:

Sebuah hubungan yang dinamis dalam mempelajari sebuah seni ilmu budaya membutuhkan 3 hal yaitu:
  • Di latar belakangi akan sejarah, keberadaban, budaya dan perkembangannya.
  • Arti makna dari sebuah ajaran atau falsafah di bidang yang diajari.
  • Hiraki spiritual dan tata upacara seni ilmu budaya tersebut.
"Di mana bumi berpijak, di situ langit dijunjung" yang berarti hargailah budaya dan adat yang berlaku di mana pun kita berada. Salah satu contoh hubungan yang dinamis yaitu dilantiknya Obama pada 20 Januari 2009 menjadi presiden Amerika ke -44 yang dinyatakan sebagai keberhasilan dari demokrasi, toleransi multi ras, agama, kultur dan identik sebagai simbol nasionalis, patriotisme, pluralisme, globalisme negara tersebut.

"Percaya bersama kita bisa dan damailah di era dunia baru"

Enjoy, peace and love from Sukra.

Referensi foto : http://www.ranesi.nl/images/assets/13186301
Gambar: Ong Hok Ham

Related Posts by Categories



16 comments:

addree mengatakan...

pertamax.., info bagus..!!

imamnic mengatakan...

Perkembangan peradaban China memang harus diakui telah mengantarkan China menjadi bangsa yang besar.

Bahkan dalam kitab suci, China adalah salah satu sumber ilmu yang harus dipelajari

Nice artikel.

Ali Munandar mengatakan...

memang seh china salah satu negara besar dalam hal perkembangan peradaban pada masa lalu, tapi yg paling oke ialah bangsa kita sendiri...sebab bila kita telusuri lebih jauh , bangsa Indonesia paling banyak memiliki kebudayaan dan berbagai hal dalam perkembangan dalam masanya.

trims boz .. dah kasih infonya

Li mengatakan...

carilah ilmu sampai ke negeri Cina..
bener gak hehehe...

oPa mengatakan...

negri cina juga memiliki pengaruh besar akan negara indonesia, kl gak percaya, cari deh di tiap daerah, pasti ada orang cina nya.
Hehehhee...
ner gak yah?

Atca mengatakan...

aku tidak begitu mengetahui budaya cina...sekarang jadi ngerti dehh
Info yang menarik..

zener_lie mengatakan...

wahhh ternyata pada menyukai peradaban dan kebudayaan china toh....

hmmm saran saya. coba dehhhh baca artikel saya tentang masali. bisa dilihat di dalam kategori series.

yang mana terdiri dari 8 cerita:
1. masali berguru ke negeri china
2. jati diri bangsa
3. kuliner "chinese and ndonesian"
4. gunungan
5. keberadaan wanita
6. agama dan mesjid di china
7. ilmu kesehatan klasik china akupuntur
8. keajaiban sastra

itu juga merupakan kebiasaan dan kebudayaan china yang mana saya bandingkan dengan kehidupan di indonesia.

jadi tak kalah menarik. bila dilanjuti bisa jadi bahan skripsi tuh. :)

mad max mengatakan...

info bagus, Ts'ai Lun menemukan kertas abad 2 M sebuah bukti bahwa peradaban Cina sudah maju pada saat itu

yulia mengatakan...

wah~~ thanks yach infonya ^^

Rakhmat mengatakan...

Info yang bermanfaat...

sommerset mengatakan...

Nice site you have here..
Thanks for the info..I'll use this a lot

phiy mengatakan...

Makasi informasinya :]

Aku pernah baca bukunya Ong Hok Ham yang judulny "Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa", tapi belum sampe abis.

Buku hasil tukeran kado dari acara kopdar itu memberikan pengetahuan pertamaku terhadap peranakan Tionghoa.

Cece™ mengatakan...

Good info.
Makasih ya buat artikelnya. Jadi nambah ilmu lagi.
Salam kenal :)

devianty mengatakan...

tell about..culture yaa...hehe...kbudayaan memang sesuatu yang indah...mampir berkunjung..yaa..

Obat Herbal Kaki Gajah Ekstrak Alami mengatakan...

Mantap banget gan artikelnya. . Update terus ya Informasi terbarunya
salam sehat & terimakasih

Obat Herbal Radang Usus Besar Yang Efektif mengatakan...

Artikel yang mantap & menarik gan. .
thank's ya, salam sehat

Artikel Favorit dalam 1 minggu